Virus Trojan

05 Dec 2011 15:00 | Hits: 3595

Kupas Tuntas Virus Trojan: Pengertian Umum (1)

Kupas Tuntas Virus Trojan: Pengertian Umum (1)

Setelah beberapa waktu lalu telah membahas cara mencegah virus malware, kini Paseban ingin membahas lebih mendalam tentang satu jenis spesifik dari malware (malicious software) yang sangat populer, virus Trojan.

Artikel ini dibuat dengan tujuan memberikan pemahaman tentang seluk beluk virus trojan kepada pengguna Internet untuk menghindari atau meminimalkan serangan dengan dampak berbahaya dari perangkat lunak ini.

Artikel kupas tuntas virus Trojan ini akan Paseban hadirkan menjadi beberapa bagian, mulai dari pengertian awal hingga cara mencegah dan menggulanginya. Dan sebagai pembukaan, mari kita mulai dengan:

Pengertian Umum

Salah satu bentuk eksploitasi keamanan sistem informasi adalah dengan adanya infeksi digital. Infeksi digital disebabkan oleh suatu perangkat lunak yang dibuat atau ditulis sesorang dengan tujuan untuk menjalankan aksi-aksi yang tidak diinginkan oleh pengguna komputer. Software tersebut sering disebut dengan Malicious software (disingkat dengan "malware"). Malicious software mempunyai arti program pendendam atau program jahat. Aksi malicious software tergantung selera pembuatnya. Dan virus trojan adalah bagian dari infeksi digital yang merupakan ancaman bagi pengguna komputer, terutama yang terhubung dengan Internet.

Virus trojan adalah bagian dari malicious software yang terdiri dari fungsi-fungsi yang tidak diketahui tujuannya, tetapi secara garis besar mempunyai sifat merusak. Virus tipe ini memang tidak membawa pengaruh secara langsung seperti virus lainnya, namun potensi bahayanya dapat jauh lebih besar.

Virus trojan di dalam sistem komputer adalah suatu program yang tidak diharapkan dan disisipkan tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Program ini kemudian dapat diaktifkan dan dikendalikan dari jarak jauh, atau dengan menggunakan timer (pewaktu). Akibatnya, komputer yang disisipi virus trojan tersebut dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Istilah trojan diambil dari Trojan Horse (Kuda Troya) yang berasal dari mitologi Yunani pada saat perang Troya. Dalam peperangan tersebut pasukan Yunani melawan pasukan kerajaan Troya. Pasukan Yunani telah mengepung kota Troya selama sepuluh tahun, namun karena pasukan kerajaan Troya cukup tangguh, maka pasukan Yunani sulit mengalahkannya. Akhirnya, pasukan Yunani membuat strategi yaitu dengan membuat sebuah kuda raksasa yang terbuat dari kayu. Kuda dari kayu ini cukup unik, di dalamnya berongga sehingga dapat diisi pasukan Yunani. Pasukan Yunani pura-pura mundur dan sambil memberikan hadiah kuda kayu raksasa tersebut. Dengan bantuan seorang spionase Yunani yang bernama Sinon, penduduk kota Troya berhasil diyakinkan untuk menerima kuda kayu raksasa itu dan memasukkannya ke dalam kota. Pada malam harinya, pasukan Yunani yang berada di dalam kuda kayu keluar, kemudian membuka gerbang dan kota Troya diserang. Dengan cara tersebut kota Troya dapat dikuasai oleh Yunani.

Kisah epik di atas telah mengilhami para hacker untuk menciptakan "penyusup" ke komputer orang lain yang disebut dengan Trojan.

Virus trojan pada saat ini berkaitan dengan masalah keamanan komputer yang cukup serius. Trojan dapat masuk ke komputer dengan melalui beberapa cara dan dari berbagai sumber yang kurang dapat dipercaya di Internet atau dari orang lain.

Seperti halnya virus pada umumnya, jumlah virus trojan semakin lama semakin bertambah banyak, karena hacker atau pembuat program Trojan (programmer) yang selalu bereksperimen untuk mengembangkannya. Virus Trojan tidak mempunyai masa aktif, maksudnya akan ada selamanya (bersarang) dan tidak pernah akan habis. Selain itu hacker juga terus bereksperimen untuk menciptakan virus Trojan yang tidak terdeteksi oleh anti-virus atau trojan scanner, fungsi-fungsi baru dan unik, serta dengan metode enkripsi yang lebih hebat.

Secara teknis, virus Trojan dapat muncul di mana saja dan kapan saja, di sistem operasi manapun dan berbagai platform. Kecepatan peredaran Trojan secepat virus. Secara umum Trojan berasal dari program-program yang di-download dari Internet, terutama freeware atau shareware yang mencurigakan dan tidak berasal dari situs aslinya.

Salah satu indikasi komputer yang terinfeksi oleh virus Trojan dapat digambarkan sebagai berikut. Pada saat komputer terhubung dengan Internet, misalnya saat mengobrol (chating) atau memeriksa email, tetapi hardisk bekerja dengan sibuk (busy) dalam waktu yang lama. Selain itu pemakai juga tidak sedang menjalankan program aplikasi besar atau men-download sesuatu yang mengharuskan piringan hardisk berputar cukup lama. Kejadian tersebut termasuk kejadian aneh yang patut dicurigai adanya penyusupan. [RY]