Data Dalam Komputer

22 Feb 2013 10:00 | Hits: 1846

Cara Akses Data Dalam Komputer PC atau Mac Gratis Menggunakan Koneksi Internet

Cara Akses Data Dalam Komputer PC atau Mac Gratis Menggunakan Koneksi Internet

Anda dapat pergi kemanapun dan melakukan apapun menggunakan sebuah remote access ke berbagai jenis komputer PC dan Mac. Tidak percaya? Coba gunakan LogMeIn dan akses seluruh data dalam komputer saat Anda tengah berkegiatan di luar ruangan. LogMeIn merupakan sebuah software berbasis layanan konektivitas, kolaborasi, dan juga sebagai alat pendukung bagi para konsumen yang berbedar baik dalam bidang bisnis ataupun lainnya. Dengan begitu penggunanya dapat mengakses seluruh kebutuhan informasi di dalam PC melalui koneksi internet saat Anda berada jauh dari komputer. Anda tentunya pernah mengalami kejadian dimana Anda benar-benar butuh data yang lupa terbawa dalam flashdisk ataupun harddisk eksternal. Sedangkan data tersebut berada jauh di dalam komputer Anda di rumah. Maka, melalui jasa yang LogMeIn tawarkan, Anda akan mendapatkan akses remote gratis ke berbagai PC atau Mac melalui jaringan komputasi awan.

Cukup mudah untuk mulai menggunakan aplikasi ini. Langkah pertama, Anda harus mengunduh dan menginstall client software LogMeIn ke setiap komputer yang akan Anda hubungkan. Tidaklah menjadi masalah pelik apabila Anda hanya memiliki sebuah komputer desktop, laptop ataupun keduanya. Pasalnya aplikasi ini memiliki seluruh versi baik sistem operasi Windows ataupun hingga Mac OS X. Setelah itu, Anda cukup melakukan login menggunakan koneksi baik dari komputer publik atau privat, mengakses seluruh data, aplikasi, dan media seperti halnya saat Anda tengah duduk di depan komputer Anda. Membuat koneksi antar komputer adalah cara yang mudah dan tidak memerlukan banyak pertimbangan mengenai preferensi router yang digunakan. Bahkan LogMeIn dapat diakses melalui berbagai koneksi internet yang tersedia, baik WiFi ataupun konektivitas seluler seperti 3G atau 4G LTE.

Lalu bagaimana dengan keamanan data? Keamanan data tentunya selalu menjadi perhatian baik saat Anda tengah berpergian atau tidak. Para penggunanya dapat merasa aman menggunakan LogMeIn karena menggunakan enkripsi 256-bit SSL yang juga digunakan oleh para pelaku perbankan online. Selain dapat mengakses data dalam komputer, aplikasi inipun memungkinkan Anda untuk memotong, menyalin, serta menempelkan teks antara remote dan layar lokal, map keyboard agar saat Anda tepat berada di rumah dan menggunakan komputer, Anda dapat menggunakan data tersebut. LogMeIn tersedia dalam versi gratis dan pro. LogMeIn Pro memiliki fitur yang sama seperti pada versi gratisnya. Tetapi penambahan beberapa fitur dan layer tambahan memberikan layanan yang tidak akan ditemukan pada versi gratis.

Fitur File Manager memungkinkan setiap pengguna agar dapat mengirim data-data berukuran besar atau bahkan sebuah folder. Anda dapat menyimpannya dalam media penyimpanan lokal agar dapat memastikan saat kegiatan presentasi Anda tidak terganggu. Sementara itu fitur-fitur dalam versi Pro dapat memaksimalkan kualitas HD video dan audio streaming yang dimiliki komputer Windows ataupun Mac melalui berbagai jaringan internet. LogMeIn Pro sendiri tersedia bagi Windows dan Mac dengan tiga hingga enal bulan waktu berlangganan. Banyak pengguna LogMeIn menggunakan aplikasi tersebut untuk membantu teman, keluarga, atau diri mereka sendiri saat tengah menjalankan bisnis mereka di rumah. [MS]