Pengertian Ping

01 Mar 2013 15:30 | Hits: 2705

Mengenal Definisi dan Pengertian Ping sebagai Utiliti Jaringan Komputer

Mengenal Definisi dan Pengertian Ping sebagai Utiliti Jaringan Komputer

Ping, siapa yang tidak mengenal Ping. Mungkin orang - orang yang jarang berhubungan dengan komputer dan internet yang tidak mengenalnya. Ping salah satu utiliti penting yang digunakan orang, karena memiliki ukuran yang kecil dan memiliki peran penting saat kita akan melakukan pengetesan koneksi internet. Tapi ada yang tahu cara kerja dan sejarah serta pengertian Ping?

Aplikasi pengecek koneksi ini diberi nama PING setelah di ilhami oleh suara saat sonar dari radar mendeteksi sesuatu. Yang kalau kita perhatikan di film - film yang menggunakan Kapal selam atau Kapal Laut, akan terdengar suara kecil saat radar mereka mengenai sesuatu, yang kalau kita perhatikan suara itu terdengar seperti "pinng... pingg...” dari sini lah, sang penulis program mendapatkan inspirasi .

Orang yang pertama kali menulis program, adalah seorang Mike Mucus di tahun 1983. Atas hasil kerja dalam menulis program PING, Mike Mucus mendapat undangan untuk menjadi anggota USENIX Association di tahun 1993, sebagai Lifetime Achievment Award yang merupakan bagian dari Computer System Research Group atau CSRG. Dengan ini menandakan dia menjadi bagian dari 180 orang yang mendapatkan penghargaan dari USENIX Association, atas prestasinya dengan memberi kontribusi pada kemajuan dengan program Ping hasil karyanya.

Ping sering kali di artikan dengan singkatan Packet Inter Net Gopher, Ping adalah sebuah program utulitas yang dapat digunakan untuk memerikasa ada tidak nya koneksi pada jaringan dengan menggunakan basis pada protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Dengan menggunakan utilitas ini, kita bisa menguji coba ada tidaknya sambungan dengan komputer lain di dalam sebuah jaringan. Caranya dengan mengirimkan sebuah paket ke alamat IP yang dituju, dan kita cukup menunggu respon dari Alamat yang dituju. Dengan menunggu respon dari alamat IP yang dituju kita bisa mengetahui ada tidaknya koneksi dengan alamat IP yang dituju.

Utility PING di atur di dalam RFC 1122, dengan begini semua bentuk dari utility PING sudah di standarisasi. Ping menggunakan protocol ICMP sebagai paket yang dikirim. ICMP, Internet Control Message Protocol yang berfungsi untuk mengirim pesan dari OS di dalam sistem jaringan baik pesan paket dan menerima respon.

Sebuah paket ICMP terdiri dari 32 Bit. Untuk mengetes sebuah Komputer dengan ping, kita cukup mengetik ping .

C:> Windows>User> ping Google.com
Pinging google.com [118.98.36.40] with bytes of data:
Reply from 118.98.36.40: bytes=32 time=103ms TTL56
Request time Out
Reply from 118.98.36.40: bytes=32 time=111ms TTL56
Reply from 118.98.36.40: bytes=32 time=126ms TTL56
Packet sent = 4 recieved = 3 loss = 1(25% loss)
Approximate round trip times in milli-seconds
Minimum = 103ms, Maximum = 126ms, Average = 113ms

Pinging google.com [118.98.36.40] with bytes of data: ini artinya komputer sebagai melakukan tes Ping ke alamat Google, di 118.98.36.40. komputer sedang mengirim paket ke alamat google.

Reply from 118.98.36.40: bytes=32 time=103ms TTL56 : ini artinya sudah ada reply pesan dari google. Jumlah yang dikirm 32bytes, time berati time to latency atau waktu delay yang artinya pesan yang di kirim membutuhkan waktu sebanyak 113 ms untuk mencapai google.com. TTL berarti Time To Live , sebuah nilai batas yang menunjukan banyaknya host yang di lewati, dan setiap melewati sebuah host nilai TTL akan di kurangi. TTL berfungsi untuk mencegah adanya circular routing dalam suatu jaringan.

Kualitas sebuah koneksi dapat di nilai dari besarnya waktu pergi dan pulang, dan besaran jumlah paket yang loss. Semakin kecil nilai keduanya semakin bagus. Untuk melihat perintah lain dari Ping, kita tinggal mengetik C:>Windows>user> Ping /? Dan hasilnya akan muncul perintah - perintah lain yang bisa digunakan dengan ping.

Usage : ping[-t][-a][-n count][-l size][-f][-i TTL][-v TOS] [-r count][-s count][[-j host-list]|[-k host-list]][-w time out] target_name

Beberapa istilah yang sering muncul saat menggunakan ping, RTO atau Request Time Out, terjadi jika server atau target lama untuk melakukan respon kiriman pesan dari kita. Destination unreachable, terjadi jika kiriman pesan kita mengalami loss di tengah jalan. [ENJ]