Download Aplikasi BlackBerry

21 Feb 2013 18:00 | Hits: 22950

Install dan Download Aplikasi BlackBerry dari Komputer Anda

Install dan Download Aplikasi BlackBerry dari Komputer Anda

Toko aplikasi BlackBerry App World resmi berubah menjadi BlackBerry World sejak pertengahan Januari lalu. Perubahan pertama yang dilakukan ada di etalase aplikasi versi web, sementara untuk ponsel dan tablet akan menyusul. Kabarnya, perubahan ini untuk mendukung sistem operasi BlackBerry 10 yang akan dirilis sebentar lagi. RIM yang kini bertransformasi menjadi BlackBerry kabarnya akan menyediakan publikasinya di blog mereka dan memperkaya konten musik serta video.

Perusahaan asal Kanada ini berencana untuk menjadikan BlackBerry World sebagai one step shop yang berarti akan berusaha menyediakan semua kebutuhan penggunanya dengan perubahan ini. Hanya saja, mereka belum memberikan konfirmasi kapan ketersediaan konten musik dan video akan tersedia. Dengan perubahan ini, maka BlackBerry World akan bersaing secara ketat dengan iTunes Store milik Apple dan Google Play Store milik Google. Namun, di balik itu, ada fitur yang mungkin layak dicoba oleh Anda pengguna BlackBerry, di mana Anda dapat mengunduh dan meng-install aplikasi dari komputer kemudian dipindahkan ke perangkat BlackBerry, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama proses download aplikasi BlackBerry. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Ketikkan https://appworld.blackberry.com/webstore/ di browser, kemudian masukkan jenis perangkat yang digunakan, atau jika sudah memiliki akun BlackBerry Anda bisa langsung login dan secara otomatis web akan mendeteksi jenis dari BlackBerry yang digunakan.
  2. Setelah login, Anda akan melihat versi dari BlackBerry serta PIN Anda, setelah itu pastikan terlebih dahulu apakah data yang ditampilkan sudah sesuai dengan BlackBerry milik Anda atau belum.
  3. Anda dapat memilih aplikasi yang diinginkan, kemudian klik Download, Anda akan diminta untuk menginstall plugin BlackBerry World Browser (jika Anda belum memilikinya di komputer Anda), unduh dan install plugin tersebut.
  4. Setelah proses instalasi selesai, maka Anda akan diminta untuk me-restart browser.
  5. Koneksikan perangkat BlackBerry ke komputer, kemudian lanjutkan ke browser tempat di mana Anda sudah memiliki aplikasi yang diinginkan.
  6. Anda akan diminta untuk meng-update BlackBerry World Apps untuk pertama kali, setelah itu, BlackBerry Anda akan di-restart, barulah setelah itu proses pengunduhan aplikasi akan dimulai.
  7. Klik download pada halaman web, kemudian secara otomatis aplikasi akan didownload yang kemudian akan disinkronisasikan dengan BlackBerry Anda.
  8. Setelah proses sinkronisasi selesai, maka BlackBerry Anda akan di-restart (jika dibutuhkan), setelah itu aplikasi bisa langsung digunakan.

Interface dari App World BlackBerry sendiri terlihat lebih rapi dan nyaman untuk digunakan. Konten dibagi menjadi berbagai bagian seperti game, aplikasi, dan theme yang semuanya miliki saluran masing-masing. Berbagai macam aplikasi pun dapat dibagikan kepada teman-teman melalui sosial media, terutama bagi Anda yang senang berbagi informasi aplikasi. Anda juga dapat memiliki ketersediaan aplikasi sesuai dengan versi dari sistem operasi.

Perubahan ini sendiri merupakan usaha dalam menyelamatkan BlackBerry di dunia ponsel, ketika dominasi Android dan iOS semakin kuat, dominasi BlackBerry yang sempat bertahan di posisi puncak pun lama kelamaan tergeser. Oleh karena itu, dengan perubahan ini, diharapakan BlackBerry mampu menaikkan pamornya sekaligus kembali bersaing dengan Android dan iOS di pasaran.

Proses instalasi dan download aplikasi BlackBerry yang sulit dan terkesan merepotkan membuat beberapa pengguna sering mengeluhkan hal ini, kemungkinan keluhan ini sudah ditanggapi dan berharap dengan perubahan ini, para pengguna tidak akan disulitkan serta direpotkan lagi dengan proses instalasi yang rumit. Jadi, buat Anda para pengguna BlackBerry yang masih suka merasa kerepotan dan pusing ketika harus mengunduh aplikasi yang diinginkan, semua itu akan segera dapat Anda lupakan, karena RIM sudah dalam proses penyempurnaan untuk fitur tersebut. Selamat mencoba! [IRW]