Cara Membuat Mind Map

22 Feb 2013 13:30 | Hits: 2850

MindMup - Cara Membuat Mind Map dengan Mudah dan Cepat

Kadang dalam melakukan sebuah pekerjaan kita kesulitan untuk, tetap fokus dalam sebuah topik pekerjaan. Ada berbagai saran dan buku yang membahas bagaiman kita untuk tetap fokus dalam sebuah perkejaan. Salah satunya memanfaatkan Time Management yang baik, contohnya di bahas dalam buku "8 hours”. Ada juga yang menggunakan Problem Management. Ada juga yang menggunakan Mind Map untuk membantu kita dalam mendiskripsikan sebuah topik yang sedang kita hadapi.

Menurut Buku Tony Buzan, untuk mempermudah kita dalam sebuah pekerjaan kita bisa menggunakan Mind Map. Dengan menggunakan Mind Map, kita akan melakukan sebuah BrainStorming dari sebuah pekerjaan atau topik yang kita hadapi. Dan penggunaan Mind Map ada berbagai macam, ada yang menggunakan Tabel, ada yang menggunakan Diagram, dan yang terkenal menggunakan Gambar sebuah "jalan” dan cabang-cabang kecilnya sebagai penjelasan topik yang lebih kecil. Dan penggunaan ini sudah Mind Map versi Toni Buzan lebih banyak di kenal dan digunakan.

Dalam pembuatan sebuah Mind Map biasanya kita menggunakannya di dalam Kertas dan Pensil. Dengan begini kita bisa lebih berimporvisasi dalam pembuatan sebuah Mind Map dan lebih Flexible karena mudah di hapus. Sayangnya, penggunaan Kertas seperti ini memiliki Kekurangan, cendurung Kotor dan sulit untuk membuat sebuah Mind Map yang cukup besar dan banyak.

Ada beberapa Aplikasi yang membantu Anda menemukan cara membuat Mind Map dengan mudah , ada yang menggunakan Mind Map Drawer atau juga menggunakan Microsoft Visio. Tetapi versi ini kita harus membayar beberapa dollar untuk menggunakannya.

Karena itu kita bisa menggunakan mindmup, untuk mempermudah membuat Mind Map dengan software Mind Mapping . Dan Mindmup ini tersedia gratis dan kita tidak perlu untuk meninstall-nya di dalam komputer kita, karena MindMup bersifat Aplikasi Online tersedia di Website-nya . Untuk menggunakannya kita harus mengunjungi website-nya MindMup.

Setelah mengunjungi website MindMup, secara default kita akan dihadapkan dengan Map yang sudah jadi. Jadi untuk menggunakannya kita tinggal mengubah isian dari balon - balon atau diagram yang ada. Selain menggunakan yang sudah ada, kita juga bisa membuat Mind Map kita dari awal, benar - benar dari kosong. Untuk melakukannya tinggal menekan tombol "create” yang ada di toolbar atas.

Setelah menekan "create” kita akan diberi canvas kosong dengan sebuah Balon "idea” utama yang tepat berada di tengah. Untuk mengisi informasi, tinggal klik di tengah balon atau menekan tombol edit "pensil” yang ada di kumpulan Toolbar icon di sebelah kanan. Setelah itu kita tinggal memberi tulisan di dalam balon.

Untuk menambah balon "idea” cukup klik "add idea”yang berada di kumpulan toolbar icon. Setelah menambah Idea, kita cukup mengisi dari Informasi yang ada di dalam balon. Untuk menambah sub Idea, cukup klik " inser intermediate event”, icon dari ini ada di sebelah dari icon "add idea”. Dan untuk mendelet sebuah "idea” cukup tekan timbil delete, di keyboard.

Berikut ini fitur - fitur yang ada di dalam MindMup

Editing Maps : untuk mengedit Toolbar, gunakan Toolbar yang ada di sebelah kiri map atau jika dari hadapan kita ada di kanan. Selain menggunakan icon dan keyboar, kita juga bisa menggunakan mouse. Kita bisa menggunakan ini untuk "drag & drop” idea di dalam kanvas.

Sharing Maps : setelah kita menggunakan Map, kita tekan Sarinh Button, dengan behini Mind Map buatan kita akan dishare. Kita bisa membaginya lewat Social Network seprti Twitter,Facebook, selain itu kita juga bisa membaginya dengan membagi url dari map buatan kita. sebelum membaginya sebaiknya kita mensave Map buatan kita terlebih dahulu. Orang lain bisa saja meng-edit Map buatan kita, tetapi hal ini tidak akan berpengaruh kepada Buatan Map kita yang sudah di Save.

Smart Bookmarks : dengan menggunakan Bookmarks, kita bisa mengunjungi Map buatan kita sebelumnya. Jadi kita bisa meninggal pekerjaan Map kita sebelumnya, dan mengunjungi-nya nanti. Saat membuka homepage MindMup, secara otomatis homepage akan membuka ke halaman yang kita tinggal kan. [ENJ]