Sejarah Internet Explorer

20 Nov 2011 13:00 | Hits: 4937

Sejarah Internet Explorer dari Masa ke Masa

Sejarah Internet Explorer dari Masa ke Masa

Untuk zaman sekarang, kebanyakan para pengguna internet jarang sekali memakai Internet Explorer sebagai peramba bawaan ketika browsing. Mengapa demikian? hal ini dikarenakan pamor Internet Explorer terlanjur kalah oleh Web Browser lainnya seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Namun, sebelum Google Chrome dan Mozilla Firefox hadir, Internet Explorer sempat menjadi primadona bagi kalangan pengguna internet. Di bawah ini adalah sejarah Internet Explorer yang akan Paseban paparkan, mulai dari versi pertama hingga versi terakhir yaitu 9.0

Internet Explorer 1

Sejarah Internet Explorer dimulai dari versi pertama ini. Versi ini diluncurkan pada tahun 1995 dirilis dalam dua paket, yaitu Microsoft plus (add on untuk windows 95) dan paketan OEM Windows 95. kapasitas aplikasi ini sangat kecil sekali, yaitu hanya berukuran 1 megabit. Jika Anda ingin mencoba browser ini, Anda hanya bisa mem-browsing text saja,karena versi ini tidak didukung oleh text input, gambar, suara apalagi video. Lebih buruknya versi ini tidak tersedia secara gratis, alias berbayar.

Internet Explorer 2

Sejarah Internet Explorer dilanjutkan pada Internet Explorer 2. Versi ini masih dirilis pada tahun yang sama, namun telah membawa perkembangan yang dapat digunakan oleh para web developer. Karena versi ini dikemas dengan JavaScript, Frames, dan Cookies. Sehingga kita bisa mem-browsing dengan lebih cepat. Versi ini adalah versi pertama yang dapat dijalankan pada dua OS, yaitu Windows dan Mac.

Internet Explorer 3

Dirilis pada satu tahun berikutnya, perkembangan yang terdapat pada browser ini bisa memberikan fasilitas internet mail, news 1.0, kemampuan membuka gambar, juga memutar suara. Pengembangan pada versi ini sangat pesat bila dibandingkan pada versi yang sebelumnya. Oleh karena itu tidak heran jika setelah 6 jam versi ini dirilis, total pengunduhnya sudah memcapai 32.000 unduhan. Satu minggu berikutnya, versi ini sudah diunduh sebanyak 1 juta unduhan. Versi ini juga adalah cikal bakal adanya cascading style sheet atau CSS sekaligus dimulainya puncak kejayaan sejarah Internet Explorer.

Internet Explorer 4

Dirilis tahun 1997, di mana Internet sudah memasuki gaya hidup kita. Versi ini di-bundling dengan Windows OSR (OEM service release). Fitur tambahan pada versi ini adalah bisa mengaktifkan "active desktop" di mana Anda bisa meng-update news secara otomatis dan langsung muncul pada layar desktop Anda.

Internet Explorer 5

Dirilis pada tahun 1999, yang ter-bundling bersama Windows 98 Second Edition, versi ini terdapat pengembangan tulisan kiri-kanan dan kakan-kiri, sehingga support untuk menjalankan text berbahasa arab dan bahasa ibrani. Selain itu versi ini juga mendukung karakter rubi, seperti tulisan China dan Jepang.

Sejarah Internet untuk fitur XML HTTP REQUEST pun berawal dari versi ini, yang selanjutnya akan melahirkan AJAX. Para crew yang terlibat untuk mengembangkan versi ini sekitar 1.000 orang dengan pendanaan sekitar 100 juta USD per tahunnya.

Internet Explorer 6

Pada tahun 2001, Windows merilis Internet Explorer 6 yang sudah dipaketkan dengan Windows XP, pada versi ini sistem keamanan lebih meningkat. dan merupakan versi revisi dari banyaknya bugs pada versi sebelumnya. Logo dan tamplian pun berubah, tema yang didominasi warna biru ini seakan akan menjadi senyawa yang tidak terpisahkan antara windows dengan Internet Explorer. Pada tahun 2005 pihak developer Internet Explorer mengumumkan tidak akan ada Internet Explorer untuk OS Mac lagi.

Windows Internet Explorer 7

Tahun 2006 sejarah Internet Explorer mulai meredup, pamor Internet Explorer mulai menurun, setelah 5 tahun merilis Internet Explorer 6, pada tahun 2006 Internet Explorer versi 7 dirilis. Namanya pun berubah, menjadi Windows Internet Explorer yang dimaksudkan bahwa jika peramba bawaan untuk Windows adalah Internet Explorer. Pengembangan pada versi ini adalah memperbaiki bugs, adanya kotak pencarian, feed reader, internasionalisasi nama domain, dan dukungan validasi sertifikat perluasan.

Pada versi ini, pengaksesan internet juga lebih aman disertai dengan adanya fitur delete web histories untuk menghilangkan data pribadi yang telah kita masukan, dukungan multi tab, yang sebagaimana telah kita kenal, dan yang terakhir versi ini support untuk mem-browsing HTML 2.0 yang sering digunakan untuk kegiatan sosial media dan bisnis.

Windows Internet Explorer 8

Versi yang dirilis tahun 2009 ini memambahkan fitur InPrivate Browsing, Smart Screen Phising Protection, web slices, Accelelator, Automatic Tab Crash Recovery, dan Inline Search yang untuk mempercepat proses pencarian anda. Versi ini hanya kompatibel dengan OS Windows XP SP 2, dan seterusnya. perbaikan pada java srcript, RSS dan CSS yang bisa memenuhi semua kebutuhan kompabilitas HTML 2.0

Windows Internet Explorer 9

Dirilis pada tahun 20011 tepat nya pada bulan maret sebagai perkembangan dari Internet Explorer 8. Versi ini hanya bisa dijalankan pada Windows Vista dan Seven. Pada versi ini Internet Explorer memanfaatkan akselerasi hardware diretc x 11 untuk meningkatkan performance aplikasi web dan kualitas topografi web.

Peningkatan dari segi visual, Internet Explorer versi ini sudah mendukung CSS 3, juga HTML 5 dan Font Format Open web sudah bisa mumpuni untuk dijalankan pada versi ini.

Windows Internet Explorer 10

Project yang terakhir, Internet Explorer sedang mengembangkan versi 10. Yang diperkirakan support untuk Windows Vista, Seven dan Windows 8. Sebenarnya project ini telah diluncurkan di Las Vegas. Pada acara tersebut katanya project pengembangan Windows Internet Explorer ini hanya berlangsung sekitar 10 minggu. Adapun untuk spesifikasi fitur yang terdapat pada versi ini akan dibahas pada artikel Paseban selanjutnya. [ILAL]