memory RAM

18 Nov 2011 16:00 | Hits: 9290

Mari Cari Tahu Tentang Memory RAM dan ROM pada Komputer

Mari Cari Tahu Tentang Memory RAM dan ROM pada Komputer

Dalam dunia komputer, kita sering dibingungkan dengan istilah RAM dan ROM. RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) adalah dua teknologi yang sangat tua yang diciptakan pada hari-hari awal komputasi. Meskipun demikian, mereka masih digunakan hingga saat ini bahkan jika definisi teknis keduanya tidak sebagaimana yang berlaku seperti sebelumnya.

Perbedaan utama antara RAM dan ROM adalah terletak dari penggunaan mereka. ROM digunakan untuk menyimpan kode program yang berjalan pada prosesor. Sedangkan memory RAM digunakan untuk menyimpan data sementara yang dibuat dan digunakan oleh program.

RAM dinamakan demikian karena setiap area memory RAM dapat diakses dengan cepat tanpa harus melalui segala sesuatu yang lain (random). Hal ini berlawanan dengan tap drive, dimana waktu akses linear terkait dengan posisi saat ini dari kepala ke posisi data. Cara kerja ROM juga sangat mirip, karena ROM versi dahulu dibuat dengan data built-in yang tidak ada cara apapun untuk mengubahnya. Tentu saja, kedua hal tersebut tidak berlaku lagi. Chip RAM sebenarnya diakses berentetan bukan secara acak, sedangkan ROM sekarang dibuat dengan flash memory yang dapat dengan mudah ditulis. Namun, terminologi lama telah terjebak sejak itu.

Memory RAM merupakan jenis memori yang volatile atau mudah menguap, hal ini mengartikan bahwa ia kehilangan isinya begitu power dimatikan. Ini adalah alasan mengapa RAM tidak dapat menggantikan ROM dalam mempertahankan isinya bahkan ketika tidak bertenaga (jenis non-volatile). Meskipun demikian, kelemahan ROM jauh lebih lambat dalam hal kecepatan ketika Anda menggunakannya untuk mengganti RAM.

Saat ini, RAM terlihat seperti memori utama komputer dan gadget lain seperti smartphone dan tablet. Dalam gadget portabel, memori internal diperuntukkan bagi aplikasi yang sering disebut sebagai ROM. Tapi di komputer, ROM mempertahankan makna aslinya. Chip digunakan untuk menyimpan BIOS ROM karena tidak rutin ditulis, tetapi kadang-kadang bisa diperbaharui. Optical drive atau drive optik juga disebut ROM (yaitu CD-ROM dan DVD-ROM) dimana mereka berfungsi untuk membaca disk yang tidak dapat ditulis, tetapi kebanyakan drive optik juga memiliki kemampuan untuk menulis ke disc kosong. [ND]