Penipuan Online

18 Nov 2011 14:00 | Hits: 1868

Berbagai Cara Mencegah Penipuan Online (part-1)

Berbagai Cara Mencegah Penipuan Online (part-1)

Masih seputar sistem keamanan internet, kali ini Paseban akan membahas cara melindungi diri Anda dari penipuan online. Paseban berharap tips kali ini akan sedikit menambah pengetahuan Anda dan memastikan bahwa Anda tidak terjerumus pada tipu daya online yang didesain mencuri data atau informasi pribadi Anda.

Belajar untuk mengidentifikasi upaya phising dan melindungi diri dari phising

Phishing merupakan salah satu sistem penipuan online untuk mendapatkan informasi pribadi Anda. Umumnya, phising melemparkan umpan dengan menawarkan janji-janji dan harapan yang memikat Anda untuk memberikan informasi pribadi sebelum akhirnya Anda menyadari adanya masalah.

Cara paling umum dan paling sederhana untuk mencegah penipuan online dalam bentuk phising adalah memberikan informasi seminim mungkin dengan hanya memberikan data yang dibutuhkan saja ketika Anda diwajibkan untuk mengisi formulir oleh sebuah perusahaan atau bisnis online. Selain itu, jangan pernah sekali-kali Anda memberikan informasi yang masih diragukan kelegalan dan pemahamannya, kecuali jika Anda mengerti mengapa dan untuk apa mereka membutuhkan informasi tersebut.

Setiap organisasi terkemuka akan selalu menyertakan alasan dan menyediakan fasilitas bertanya mengenai untuk apa informasi tersebut mereka butuhkan, tetapi memang phising juga memiliki format yang sama seperti itu. Yang paling penting, percayalah pada naluri Anda dan ingat bahwa jika kedengarannya terlalu wah untuk menjadi sebuah kenyataan yang cepat, mungkin itu adalah salah satu penipuan online.

Berhati-hati pada Email dan Attachment mencurigakan

Tips ini merupakan pengetahuan umum bagi Anda pengguna internet dalam mencegah penipuan online, jangan pernah membuka attachment dari pengirim yang tidak Anda kenal! Bahkan meskipun Anda mengenali sang pengirim, seperti dari organisasi terkemuka misanya Anda harus tetap memperhatikan format ekstensi dari file attachment tersebut sebelum Anda men-download dan membukanya.

Apabila Anda mendapat email yang terlihat formal dari bank Anda, kartu kredit atau perusahaan lain dimana Anda melakukan bisnis untuk log in dan review akun Anda, Anda juga harus berhati-hati karena kemungkinan penipuan online juga sedang mengintai Anda! Jika demikian kasusnya, alangkah baik dan amannya jika Anda langsung mengaksesnya ke situs resmi perusahaan tersebut dengan mengetikkan URL daripada mengakses melalui link pada email.

Kebanyakan perusahaan memang tidak pernah mengirim email berisi verify your account information yang mengharuskan Anda klik sebuah link. Tetapi apabila Anda mendapatkan email seperti itu dan Anda penasaran, Anda bisa mengarahkan mouse pointer ke arah link tersebut (jangan di klik!) dan lihat pada bagian bawah browser Anda, ke situs mana link tersebut mengarah. Apabila link tersebut mengarah ke situs lain, bisa dikatakan bahwa itu merupakan phising! Bahkan apabila ia mengarahkan ke situs perusahaan yang benar, sebaiknya Anda tetap mengetikkan URL langsung untuk mengakses situs resmi perusahaan, karena email cukup rentan dan dapat dengan mudah dimodifikasi untuk penipuan online. [RY]