Istilah-istilah Dalam Internet

16 Nov 2011 08:00 | Hits: 16496

Mengenal Istilah-istilah Dalam Internet

Begitu banyak istilah-istilah dalam internet yang mungkin belum Anda tahu apa artinya. Apalagi jika mereka yang baru melek internet, mungkin belum mengetahui terlalu banyak mengenai istilah-istilah yang ada di dunia internet.

Dari sekian banyak orang, yang mengenal istilah-istilah dalam internet mungkin hanya segelintir orang, sebagian besarnya bisa saja hanya mengetahui beberapa istilah. Pengetahuan mengenai istilah-istilah dalam internet tidak hanya sekedar sebagai ilmu tambahan bagi Anda dalam menjelajahi internet, tetapi juga membantu Anda mempermudah memahami apa saja yang ada di internet.

Kali ini, Paseban akan memaparkan istilah-istilah dalam internet secara umum yang mungkin sering ditemui, di antaranya adalah sebagai berikut :

"¢ Browser, merupakan sebuah peramban web yang menjadi medium ketika Anda akan menjelajahi internet. Contoh browser yang banyak digunakan oleh pengguna adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Opera dan masih banyak lagi.

"¢ Account. Istilah ini digunakan ketika Anda mendaftar ke sebuah penyedia layanan di internet, istilah ini dalam bahasa Indonesianya disebut akun yag biasa dipakai sebagai pengganti untuk ID atau identitas seseorang dalam layanan internet. Contohnya, akun email pada gmail, yahoomail, hotmail dan sebagainya.

"¢ Attachment. Istilah ini sangat populer di kalangan pengguna layanan email. Attachment merupakan satu atau beberapa lampiran data /file. Dalam email, attachment ini sangat bermanfaat, selain untuk berkirim file juga bisa saling berkirim foto atau gambar.

"¢ Download. Istilah ini sering dipakai oleh mereka yang senang mengoleksi lagu, foto, film dan lain sebagainya. Download merupakan kegiatan mengunduh atau mengambil data dari suatu penyedia layanan internet yang disimpan di komputer atau media lainnya.

"¢ Upload. Istilah ini merupakan kebalikan dari istilah download, jika dalam download Anda melakukan pengambilan dan penyimpanan data ke komputer maka di sini Anda melakukan pengambilan data dari komputer untuk di simpan di suatu layanan penyedia internet. Contohnya Anda mengupload foto di sebuah situs jejaring sosial untuk dijadikan foto profile atau koleksi album foto sendiri.

"¢ E-mail, merupakan singkatan dari Electronic Mail yang memiliki arti sebuah pesan yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain melalui local area network (LAN) atau Internet. Secara umum sebuah email memiliki format sendiri yaitu username@host.domain, contoh ABCDE@paseban.com.

"¢ Mailing List. Istilah ini juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk saling bertukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat milis tersebut secara otomatis akan diteruskan ke alamat email semua anggota yang tergabung di miis tersebut. Pada umumnya, milis dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para pengguna internet melalui email.

"¢ Chat /Chatting, merupakan suatu program yang memungkinkan pengguna yang satu berbincang-bincang atau melakukan obrolan dengan pengguna lainnya baik secara pribadi maupun berkelompok /grup melalui internet. Media komunikasi yang satu ini tidak menggunakan suara, melainkan tulisan yang diketik dengan keypad /keyboard di mana hasil perbincangannya akan muncul di layar.

"¢ Log In atau Sign In, merupakan istilah yang dipakai untuk bisa masuk ke sebuah halaman web yang memiliki otoritas rahasia atau sangat pribadi. Seperti pada email misalnya, biasanya Anda harus memasukkan username dan password agar bisa masuk ke akun email Anda. Sign In merupakan kata sinonim dari Log In.

"¢ Log Out atau Sign Out, merupakan istilah yang digunakan ketika Anda akan keluar dari sebuah layanan yang memiliki otoritas rahasia atau sangat pribadi. Seperti dalam email, aplikasi chat dan lain sebagainya.

"¢ Username, merupakan istilah yang digunakan untuk mewakili nama pengguna dalam suatu layanan inetrnet. Username ini bermacam-macam, biasanya dalam sebuah forum diskusi penggunaan username lebih ke nama samaran agar tidak diketahui orang, jika dalam email username digunakan sebagai syarat mutlak agar bisa masuk ke layanannya dengan format tertentu. Contoh lain dalam penggunaan username adalah menggunakan nomor ponsel seperti halnya ketika Anda mendaftar atau berusaha log in.

"¢ Password, merupakan kata sandi rahasia yang digunakan untuk melindungi akun Anda dari jamahan orang lain yang tidak diinginkan.

"¢ Online. Istilah yang digunakan ketika seseorang telah melakukan aktivitas yang membuatnya terkoneksi dengan internet atau jaringan komputer lainnya.

"¢ Offline, istilah ini biasanya digunakan oleh mereka yang menggunakan fasilitas chatting, di mana istilah ini berarti memutuskan koneksi dari internet atau jaringan komputer lainnya.

"¢ Install, merupakan kegiatan instalasi atau memasang suatu program di komputer Anda.

"¢ Share /sharing merupakan aktivitas berbagi, biasanya pengguna melakukannya ke jejaring sosial.

"¢ Captcha. Istilah ini banyak muncul ketika Anda akan men-download suatu file dari sebuah penyedia layanan. Hal ini merupakan sebuah pemeriksaan keamanan untuk menghindari spam otomatis.

"¢ Spam, merupakan satu istilah dalam dunia internet yang menjelaskan segala macam pesan atau berita yang dianggap berbahaya, seperti contohnya pada email. Biasanya yang masuk ke spam merupakan pesan yang tidak penting, email berantai atau iklan yang tidak diminta dan pesan lain yang dianggap berbahaya bagi kelangsungan akun Anda.

"¢ Blog, merupakan salah satu layanan pada situs web yang digunakan untuk menulis jurnal yang biasanya di-update secara rutin setiap hari oleh pemiliknya. Blog biasanya digunakan secara cuma-Cuma, tetapi ada juga yang berbayar. Melalui blog, kita bisa memposting tulisan-tulisan dengan berbagai topik yang menarik untuk menjadi konsumsi publik. [MG]