Mozilla firefox extension

18 Feb 2013 14:15 | Hits: 970

Gmelius - Mozilla Firefox Extension yang Membantu Anda Mengakses Gmail

Gmelius adalah ekstensi penjelajah Firefox yang menawarkan Gmail yang lebih bersih dan lebih baik. Hal ini membuat Gmail menjadi lebih ringan untuk dibuka. Ekstensi Firefox ini memiliki tujuan utama yaitu mengembalikan Gmail hanya sebagai untuk fasilitas pembaca email saja. Ekstensi Firefox untuk Gmail ini sangat cocok untuk koneksi lambat.

Mozilla firefox extension ini memiliki fasilitas yang berfokus untuk menghilangkan gangguan iklan-iklan Google yang ada di kotak masuk Gmail. Perlu ditandai bahwa Gmelius tidak dapat menonaktfkan sistem saringan dan pindaian Gmail yang mengizinkan Google untuk mencocokkan kata-kata yang terdapat di email yang kemudian memberi iklan saat Anda menjelajahi internet.

Selain menghilangkan pernak-pernik iklan Google pada Gmail, Gmelius juga meminimalisasi tampilan Gmail. Di dalam Ekstensi Firefox untuk Gmail ini, Anda dapat menyembunyikan logo Google dan kolom pencarian email. Penyembunyian logo Google yang hanya berfungsi sebagai pengembali ke halaman kotak masuk adalah keputusan yang baik. Hal ini karena tidak banyak orang yang tahu dan kurang memiliki kegunaan karena banyak tombol yang sejenis dan lebih jelas untuk pengarah ke kotak masuk. Tentu saja kedua fasilitas asli Gmail tersebut dapat diperlihatkan lagi dengan mengklik tombol Search+Share pada baris akun Google Anda.

Tampilan widget teman yang kadang-kadang kurang penting untuk ditampilkan dapat dihilangkan dari tempilan di kotak masuk Gmail Anda. Anda tidak perlu tahu siapa lingkaran teman Anda, masuk dalam komunitas mana. Bagi pengguna Gmail yang merasa terganggu dengan fasilitas widget yang diberikan google, Gmelius dapat menghilangkan gangguan ini. Dengan fasilitas ini Anda dapat membaca email teman-teman Anda dengan ruang baca yang lebih luas dari sebelumnya.

Seringkali tombol navigasi Gmail seperti tombol kembali, arsipkan laporkan spam, hapus, dll tidak ditampilkan keterangan dan semua berwarna sama. Ekstensi ini memberikan sedikit kemudahan untuk membedakan tombol-tombol di atas. Anda tidak hanya dapat menampilkan keterangan dibawah tombol-tombol tersebut namun Anda juga dapat memberikan warna dan tampilan yang unik.

Pesan yang biasanya Anda tAndai sebagai pesan penting hanya memiliki tAnda berupa penAnda kuning di samping judul pesan pada kotak masuk Gmail. Ekstensi Firefox untuk Gmail ini memberikan penAnda yang membuat mata Anda lebih mudah menAndai pesan penting dengan menambahkan warna redup pada baris pesan yang Anda tAndai penting tadi.

Bagi Anda yang tidak suka variasi tampilan pesan, Ekstensi Firefox untuk Gmail ini adalah pilihan tepat. Pesan-pesan yang memiliki format tulisan dan berwarna-warna dapat diseragamkan menjadi satu font, satu warna, dan satu format yang sesuai dengan tema di Gmail Anda.

Pada kotak masuk Gmail Anda, lampiran ditandai dengan klip kertas. Ekstensi Firefox untuk Gmail ini memberi kemudahan untuk memvisualisasikan tipe-tipe file apa yang Anda lampirkan. Fasilitas yang cukup menarik untuk memberikan kemudahan bagi pengirim dan penerima file. Lebih dari 40 tipe file dapat diidentifikasi oleh Gmelius dan ikon yang ditampilkan sesuai dengan ekstensi yang dimiliki file tersebut.

Pada Gmail, label ditempatkan di sebelah kiri dari subjek email. Hal ini mengakibatkan isi dari email tidak dapat terlihat dengan jelas. Ekstensi Firefox untuk Gmail ini memberikan kemudahan untuk melihat sepintas isi dari email yang masuk.

Selain memposisikan ulang label, Gmelius juga dapat memindah posisi ikon lampiran. Biasanya pada Gmail, ikon lampiran terletak di kanan. Ekstensi Firefox untuk Gmail ini dapat memindahkan ikon lampiran dari kanan menuju kiri. Fasilitas ini memudahkan bagi pembaca yang terbiasa membaca dan menulis dari kiri seperti yang kita lakukan.

Fasilitas-fasilitas asli Gmail yang kadang-kadang tidak kita butuhkan untuk ditampilkan akhirnya dapat dinonaktifkan. Selain membuat fungsi Gmail yang berfungsi hanya sebagai pembaca dan pengirim email, ternyata Ekstensi Firefox untuk Gmail ini juga membuat kapasitas penyimpanan Gmail menjadi lebih banyak. Anda dapat mengunduh ekstensi Firefox ini secara gratis. Bagi Anda yang bermurah hati pada pengembang ekstensi ini Anda dapat mendonasikan sedikit uang yang berlebih untuk pengembangan ekstensi ini yang dapat diakses pada website pengembang. Anda bisa mengunduh extensionnya di sini. [HNH]