Pengertian Smartphone

15 Nov 2011 12:25 | Hits: 9713

Pengertian Smartphone Berikut Fitur-fiturnya

Pengertian Smartphone Berikut Fitur-fiturnya

Pengertian Smartphone Berikut Fitur-fiturnya

Akhir-akhir ini mungkin Anda sering mengenal istilah smartphone dari berbagai media massa seperti iklan di Televisi, Radio ataupun media cetak, tetapi tahukah Anda apa pengertian smartphone berikut fitur-fiturnya?

Secara harfiah smartphone merupakan PDA (personal digital assistant) yang memiliki layar warna dan kemampuan audio serta telepon. Smartphone adalah komputer palm top dan telepon seluler yang digulung menjadi satu.

Jika pembahasan di atas lebih mengacu kepada pengertian smartphone, maka di bawah ini merupakan penjelasan mengenai fitur-fitur apa saja yang pada umumnya dimiliki oleh smartphone.

Fitur Smartphone
Smartphone merupakan PC mini yang memiliki banyak kemampuan dari sebuah PC biasa, tetapi juga berfungsi sebagai ponsel. Smartphone hadir dengan beberapa fitur menarik seperti kemampuan konektivitas jaringan nirkabel, email, browser, akses internet, pager, faks, kalender, buku alamat dan daftar kontak yang mana sebagian besarnya bisa ditampung di memori telepon.

Jenis layar sentuh atau touchscreen dan sistem operasi yang dimiliki smartphone memungkinkan ponsel berfungsi seperti halnya sebuah komputer. Fitur lain yang ditambahkan pada smartphone termasuk kamera dan kamera video pun melengkapi keutuhannya sebagai ponsel pintar. Kebanyakan, beberapa smartphone memiliki pemutar musik, radio FM dan software navigasi untuk memberikan petunjuk kepada penggunanya.

Mikro Browser dan Keyboard
Mikro browser adalah browser compact yang dirancang untuk digunakan pada ponsel. Browser ini khusus dirancang untuk layar yang berukuran kecil dan perangkat portabel. Perbedaan antara browser PC biasa dan mikro browser terletak pada segi ukuran dan kebutuhannya dalam menghubungkan ke menara ponsel mobile atau jaringan ponsel ketika men-download data. Tampilan data tersebut biasanya berbentuk HTML atau XML. Sementara untuk keyboard, smartphone lebih cenderung menggunakan keyboard qwerty. Keyboard qwerty merupakan fitur yang memiliki kelengkapan komponen seperti halnya keyboard PC dalam perangkat portabel.

Sebuah stylus pun biasanya disediakan untuk beberapa smartphone, data dapat ditulis langsung pada layar dengan stylus atau pena elektronik. Sekarang ini, banyak smartphone yang hanya cukup menggunakan tekanan jari saja pada layarnya.

Sistem Operasi
Karena smartphone merupakan sebuah komputer miniatur yang membutuhkan sebuah sistem operasi seperti halnya pada PC, maka para pengembang pun mulai berlomba-lomba menciptakan system operasi yang unik dan menarik. Salah satunya adalah sistem operasi Symbian yang paling populer dan lebih dulu hadir daripada pesaing-pesaingnya. Meskipun berhasil meguasai pangsa pasar, namun sistem operasi yang satu ini banyak menerima kritikkan dari para penggunanya, di antaranya adalah masalah virus yang sering masuk ke ponselnya dalam bentuk Trojan horses.

Contoh lain dari sistem operasi adalah iPhone, iPhone merupakan sistem operasi untuk smartphone yang diproduksi khusus oleh Apple. Ada juga Blackberry yang beum lama ini memperkenalkan smartphone miliknya sebagai mesin bisnis, alhasil mereka para pengguna Blackberry dapat terhubung ke layanan intra perusahaan seluler. Selain itu, Microsoft juga belum lama ini memperkenalkan Windows Mobile untuk pertumbuhan pasar smartphone. Tak kalah saing dengan Windows Mobile, sistem operasi Linux yang open source pun mulai populer di antara banyak perusahaan smartphone.

Sistem operasi lainnya yang perlu Anda ketahui adalah Palm Source, sistem operasi yang satu ini merupakan sistem operasi bagi ponsel cerdas Palm. Yang lebih populer lagi tentu saja system operasi Android dari Google yang berhasil menanamkan virus deman Andoiders di semua kalangan.

Kamera Smartphone
Smartphone biasanya memiliki kamera yang tertanam sebagai infrastruktur untuk berbagi foto. Kamera dan telepon bekerja sebagai duo terintegrasi untuk komunikasi dengan gambar instan. Biasanya, sebuah foto dapat di-share dalam waktu beberapa menit ke semua orang yang ada di daftar telepon

Kantor Portabel
Sebuah smartphone bisa menjadi sebuah kantor portabel. Pengguna dapat mengakses dan mengirim informasi, surat elektronik dan juga pesan. Ia juga bisa meng-edit dan membaca teks, baik dalam HTML maupun dalam format PDF. Semua smartphone dapat disinkronisasi ke PC sehingga pengguna memiliki informasi dari PC setiap saat. Smartphone memiliki organizer dan alarm organizer untuk membantu kesibukan Anda secara profesional. Seorang pengusaha dapat mengakses atau membaca dokumen setiap saat dan kapan pun sesuai waktu luang. [ND]