Sinyal Handphone

13 Nov 2011 13:00 | Hits: 5471

Mengenal Lebih Jauh Tentang Sinyal Handphone

Mengenal Lebih Jauh Tentang Sinyal Handphone

Sinyal handphone adalah salah satu perangkat dasar handphone. Sinyal itu sendiri dipakai ketika kita menggunakan fasilitas yang berhubungan dengan sim-card seperti menelpon, SMS dan panggilan data. Karena sinyal ini merupakan jaringan nirkabel atau jaringan tanpa kabel yang bisa mengirim dan menerima data dari provider yang kita gunakan.

Tidak semudah penggunaannya, proses perjalanan sinyal handphone yang kita gunakan sangatlah rumit. Ketika kita menyalakan handphone dengan kartu sim yang sudah terpasang, secara otomatis kita telah melakukan registrasi ke base station yang mengizinkan kita untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan kartu sim, seperti panggilan telepon, SMS dan panggilan data. Itulah sebabnya ketika kita menghidupkan telepon kita, maka handphone akan terasa sedikit berat untuk menjalankan aplikasi, hal ini disebabkan oleh proses registrasi yang sedang berlangsung.

Oleh karena itu, Paseban menyarankan untuk mendiamkan telepon kita dalam beberapa saat. Hal ini berguna untuk proses pendaftaran kartu sim kita yang lebih cepat dan juga menghindari HANG pada seluler kita. Karena untuk beberapa model handphone sering terjadi HANG ketika sesaat setelah dinyalakan. Ini disebabkan terlalu banyaknya aplikasi yang harus dijalankan oleh seluler sedangkan proses registrasi belum selesai.

Fungsi dari registrasi ini adalah untuk memastikan bahwa nomor yang kita pakai sudah terdaftar dan valid datanya. Selain itu, sistem ini juga berfungsi untuk mencatat semua biaya yang akan kita gunakan. Untuk mencapai hal-hal tersebut, maka Pusat Auntetifikasi akan memeriksa dan memverifikasi identitas pengguna untuk memberikan parameter dan enkripsi yang disesuikan dengan data yang kita kirim ketika proses registrasi dengan data setingan ponsel kita.

Proses ini diilustrasikan sebagai arus listrtik dua arah, dimana proses ini akan saling mengirim dan menerima data. Selanjutnya telepon seluler anda akan mengirim dan menerima data secara terus menerus. Hal ini juga berfungsi sebagai pelacak yang akan mengidentifikasi keberadaan handphone kita. keperluan selanjutnya adalah setelah keberadaan umum ponsel kita terlacak, maka informasi ini akan diteruskan kepada Station Area Jaringan umum yang secara berkala akan meng-update keberadaan status ponsel anda. Bahkan disaat modus siaga sekalipun, ponsel kita secara diam-diam akan mengirim informasi lokasi ke station area jaringan umum.

Jika proses ini telah selesai, biasanya (tergantung setingan ponsel) akan muncul tanda provider yang sedang kita pakai disertai dengan munculnya jumlah kekuatan sinyal handphone yang kita terima melalui ponsel kita. Pada saat inilah ponsel kita sudah selesai melakukan registrasi ke home provider base dan siap untuk mengeksekusi aplikasi yang kita inginkan.

Ketika kita akan mematikan ponsel kita, maka ponsel kita akan mengimkan pesan pelepasan diri yang berfungsi untuk mengirimkan status dan lokasi terakhir. Hal ini menandakan bahwa ponsel kita benar-benar sedang non-aktif dan sudah tidak bisa kita gunakan untuk mengakses jaringan provider yang kita pakai. [Ilal]