Pengaturan Google Chrome

12 Feb 2013 21:00 | Hits: 1363

Pengaturan Google Chrome Yang Tidak Biasa

Pengaturan Google Chrome Yang Tidak Biasa

Pertarungan antara software browser semakin sengit saja. Add-ons diciptakan untuk memberikan kenyamanan bagi penggunaannya. Ketika browser lain sibuk bertarung Chrome melaju meninggalkan mereka, Chrome menciptakan toko sendiri untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Segala kebutuhan pengguna baik itu ekstensi, game, aplikasi, toolbar atau lainnya di satukan di sini seperti Google Play. Sudah banyak yang mengulas tentang segala ekstensi mereka. Kali ini Paseban akan memberikan beberapa pengaturan Google Chrome yang jarang dikenal. Mungkin agak ilegal tetapi tidak akan merugikan Chrome.

Auto-Start Chrome incognito mode

Untuk membuat pengaturan dalam mode incognito Anda harus mulai dari ikon, quick launch atau apapun yang Anda gunakan dalam meluncurkan browser ini. Yang diubah adalah properties-nya. Klik kanan ikon atau shortcut lalu pilih properties, kemudian pilih tab shortcut. Isi dari kolom shortcut C:\Users\Tina\AppData\Local\Google\Chrome\Application\chrome.exe. Ubah alamat tersebut menjadi C:\Users\Tina\AppData\Local\Google\Chrome\Application\chrome.exe” –incognito. Klik OK, ini berarti pengaturan yang kita buat sudah tersimpan dan siap untuk di uji coba.

Lihat tab di Chrome apakah sudah ada tulisan incognito atau gambar detektif di sebelah kiri atas jendela. Ada cara cepatnya namun hanya untuk satu jendela saja, caranya tekan tombol CTRL+SHIFT+N. Mode Incognito akan hilang ketika Anda menutup jendela ini.

Cari dokumen PDF dengan Adobe Reader

Jika Anda tidak senang dengan reader bawaan dari Chrome Anda bisa mengubahnya. Anda bisa memasang reader yang disukai untuk menggantikan reader bawaan misalnya Adobe Reader. Anda hanya butuh menonaktifkan Chrome PDF Viewer plugin and voilà. PDF bawaan Anda akan menangani hal tersebut.

Caranya, ketikkan chrome:plugins di bar URL Chrome Anda, cari Chrome PDF Viewer kemudian klik link Disable. Namun pastikan, ada reader PDF lainnya seperti Adobe Reader atau Foxit Reader terinstal dikomputer Anda dan juga dalam keadaan enable.

Akses fitur eksperimental

Sama seperti yang dilakukan Google di Lab Gmail, Anda juga bisa melakukan ekperimental di di Chrome asal tahu di mana letaknya. Untuk membuka halaman eksperimen ketik about: flags di bar URL Chrome. Ketika membuka halaman tersebut peringatan telah diberikan oleh Google. Peringatan tersebut merupakan pemberitahuan kalau semua isi dari fitur ini bisa berubah kapan saja atau malah hilang karena dihapus oleh Google. Paseban rekomendasikan untuk menggunakan Print Preview, Override software rendering list untuk mempercepat browsing Anda. tetap harus diingat bahwa ini semua bisa hilang atau berubah kapan pun.

Cara cepat mengaktifkan dan menonaktifkan ekstensi

Untuk masuk kedalam pengaturan ekstensi anda harus mengklik ikon pengaturan yang ada di sudut kanan atas dan pilih extention. Bila tidak ada, ketikkan chrome://extensions/ pada bar URL. Dari sini Anda bisa mengaktifkan dan menonaktifkan ekstensi yang sedang digunakan.

Beberapa website mungkin menolak ekstensi yang sedang Anda gunakan, ini cukup sering terjadi. Bila Anda merasa website tersebut penting segeralah nonaktifkan terlebih dahlu ekstensi yang menghalangi. Atau juga Anda ingin mencoba ekstensi lain dan ternyata bertentangan dengan ekstensi yang Anda pakai. Bila ekstensi yang Anda gunakan sudah sangat banyak, bantulah dengan spasi untuk scroling ke bawah.

Akses printer Anda dari manapun dengan Google Cloud Print

Layanan awan memang mepermudah dan membuat kegiatan yang berhubungan dengan data menjadi mudah. Memang ini bukan fitur baru, beberapa website malah sudah memberikan layanan Fax online. Meskipun demikian Google Cloud Print tetap bisa membantu kita dalam mengakses printer kita di mana saja.

Fitur ini belum lama melepas lebel betanya, tetapi sudah bisa digunakan secara maksimal. Dengan ekstensi ini kita bisa mengirim data ke printer kita walau kita tidak berada didekatnya asalkan kita memiliki koneksi internet.

Untuk menggunakannya klik ikon costumisize kemudian pilih setting. Cari menu Google Cloud Print. Namun sebelumnya Anda harus mendaftarkan merek, jenis dan informasi mengenai printer Anda terlebih dahulu ecara lengkap. Untuk Awal komputer Anda juga harus tersambungkan keprinter Agar mempermudah penyelarasan. Setelah printer Anda terdaftar maka dia siap untuk print secara online. sayaratnya, jangan matikan printernya.

Catatan: Tidak semua jenis dan merek printer bisa didaftarkan pada fitur ini. [RIC]