Mobile VOIP

11 Nov 2011 11:00 | Hits: 3450

Lebih Jauh tentang Apa Itu Mobile VOIP

Lebih Jauh tentang Apa Itu Mobile VOIP

Paseban pernah mendengar satu tips yang beredar dalam khalayak umum, "tekan 01010 sebelum nomor telepon yang Anda tuju untuk telepon murah Esia." Satu yang kurang mereka pahami, hal itu adalah panggilan mobile VOIP.

Mobile VoIP merupakan teknologi yang relatif baru, namun memiliki banyak ruang untuk pertumbuhan. Sayangnya salah satu hambatan untuk teknologi ini adalah kurangnya pemahaman dari sektor konsumen seperti apa itu mobile VoIP dan apa yang dapat dilakukannya untuk berkomunikasi.

VoIP adalah singkatan dari Voice Over Internet Protocol. Internet Protocol itu sendiri adalah metode transportasi paket digital di suatu internetwork (seperti Local Area Network (LAN) atau jaringan Internet Anda). Jadi dalam artian dasar, VoIP technology memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima panggilan suara melalui jaringan IP.

Layanan ini berbeda dari layanan seluler standar dimana panggilan tidak ditempatkan melalui jaringan suara. Mobile VoIP adalah platform teknologi komunikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima panggilan telepon melalui koneksi jaringan IP pada perangkat mobile.

Mobile VoIP pada dasarnya adalah sebuah jaringan, sementara bentuk platform berbeda-beda. Seperti layanan mobile VoIP yang disediakan oleh operator seluler adalah menggunakan jaringan yang dibentuk oleh operator tersebut. Ada juga platform lain yang berbentuk software client seperti yang digunakan oleh IM (Instant Messenger) client pada umumnya. IM client, seperti Skype, Fring, atau Yahoo Messenger menyediakan layanan VoIP melalui jaringan mereka sendiri.

Dulu untuk melakukan suatu panggilan mobile VoIP, pengguna memerlukan handset khusus. Namun kini, dengan perkembangan layanan yang diberikan operator seluler di Indonesia, mobile VOIP bisa dilakukan dari hampir handset apapun. Untuk melakukan panggilan mobile VOIP, pengguna cukup memiliki koneksi WiFi atau 3G pada handset mereka.

Sebuah panggilan mobile VoIP dilakukan dari perangkat mobile dan transmisi yang berlangsung melalui sebuah jaringan (WiFi atau internet) sehingga tidak memotong pulsa utama, yang umumnya melakukan panggilan berdasarkan menit, ataupun berdasarkan jarak untuk panggilan internasional. Mobile VOIP dihitung dari penggunaan jaringan internet yang saat ini mempunyai tarif lebih murah, atau bahkan gratis bila melalui jaringan WiFi. Panggilan tidak berdasarkan menit ataupun perhitungan jarak adalah keuntungan terbesar dalam menggunakan mobile VoIP. [RY]