Screen Protector

10 Nov 2011 10:00 | Hits: 20103

Jenis - Jenis Screen Protector atau Pelindung Layar Anti Gores pada Gadget

Jenis - Jenis Screen Protector atau Pelindung Layar Anti Gores pada Gadget

Apabila berbicara mengenai gadget, Anda pasti sudah tidak awam dengan istilah screen protector atau biasa disebut anti gores. Apalagi saat ini umumnya handphone memiliki control touchscreen, maka aksesoris anti gores menjadi suatu keharusan untuk melindungi layar.

Dipasaran Anda bisa menemukan empat jenis screen protector anti gores yaitu: Clear (transparan), Anti-Glare, Anti-Spy, dan Mirror. Keempat screen protector ini memiliki satu fungsi utama yang sama yaitu melindungi layar dari goresan yang disebabkan ketidaksengajaan kuku, jatuh, terkena benda asing ataupun ketika membersihkan gadget kesangan kita. Tetapi secara detail keempat jenis anti gores ini memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Clear (Transparan)

Jenis screen protector ini merupakan lapisan anti gores standar yang tidak memiliki keunggulan utama selain sebagai anti gores. Oleh karena itu anti gores jenis ini merupakan yang paling murah dan paling banyak ditemui di pasaran.

Anti Glare

Jenis anti gores ini memiliki keunggulan di antaranya:

  • Melindungi dari goresan di screen

  • Melindungi dari goresan debu

  • melindungi jejak jari dan anti gelembung

  • serta karena namanya anti glare, anti gores jenis ini memiliki spesialisasi kemampuan anti silau cahaya

  • beberapa anti glare yang dijual di pasaran menambahkan fitur ajaib, yaitu anti minyak.

Jenis screen protector anti gores ini kurang populer dikarenakan bentuknya yang hampir sama dengan jenis Clear (transparan), sehingga tidak banyak orang yang tahu perbedaan fungsinya.

Anti-spy

Jenis anti gores yang satu ini cukup banyak dicari di pasaran karena kemampuannya untuk membuat layar hanya bisa dilihat secara lurus dari depan. Dengan Anti-spy hanya pengguna yang bisa melihat konten layar sementara orang lain disampingnya hanya akan melihat layar hitam. Selain itu anti gores yang satu ini juga mereduksi tingkat ketajaman gambar yang akan membuat mata kita nyaman berlama-lama menatap layar gadget.

Tetapi disamping kelebihan tersebut, kekurangan anti gores ini adalah kita harus mengatur posisi brightness /kecerahan layar kita pada posisi tinggi, hal ini tentu akan berakibat borosnya baterai gadget. Kekurangan kedua adalah jika terdapat goresan dalam atau lebar pada lapisan anti gores-nya, dapat menyebabkan layar kurang nyaman dilihat. Hal ini dikarenakan pendaran cahaya yang ditembakkan layar menjadi tidak rata.

Mirror

Lapisan anti gores yang satu ini hampir mirip dengan anti-spy diatas namun mempunyai warna dasar Silver (seperti dasar cermin), sehingga layar gadget Anda mempunyai dua fungsi yaitu sebagai layar dan cermin. [RY]