iTunes

09 Nov 2011 08:00 | Hits: 9523

Lebih Dekat dengan iTunes pada Perangkat Apple

Lebih Dekat dengan iTunes pada Perangkat Apple

Apple iPod dan iPhone mendominasi masing-masing kategori produk. Jadi mungkin tidak mengherankan bahwa iTunes, si software yang membantu produk-produk banyak melakukan sihir mereka, juga hampir di mana-mana. Meskipun iTunes dimulai sebagai program untuk komputer desktop, sekarang ia turut tersedia pada beberapa perangkat mobile.

Apple pertama kali mengeluarkan iTunes pada tahun 2001 untuk membantu pemilik iPod memanipulasi koleksi musik mereka. Seperti iPod yang berevolusi untuk mendukung video dan kemampuan lainnya, iTunes juga turut berkembang. Ia menjadi link software utama yang memungkinkan Anda mentransfer musik dan file media lainnya yakni antara komputer dan iPod.

Dengan koneksi Internet, iTunes membuka seluruh dunia media ke komputer Anda. Anda dapat membeli dan men-download musik, video musik, acara TV, film dan produk digital lainnya hanya dengan beberapa klik mouse. Kemudahan ini adalah alasan bahwa iTunes telah memberikan kontribusi besar-besaran untuk keuntungan perusahaan. Sejak iTunes Store dibuka, Apple telah menjual lebih dari 10 miliar lagu.

Menjadi hal yang wajar bahwa Apple menyertakan iTunes pada perangkat portable, yakni perangkat yang terhubung internet seperti iPhone dan iPod touch. Versi mobile dari iTunes pada dasarnya program yang sama dengan fitur dan kemampuan serupa, tetapi interface-nya diperkecil agar dapat dilihat dengan nyaman pada layar yang lebih kecil.

Bila Anda menggunakan iTunes pada iPhone, Anda dapat menemukan dan men-download nada dering, musik, film, video musik, acara TV dan buku audio. Anda juga dapat men-download Podcast. Setelah Anda menemukan media Anda ingin beli, Anda bisa langsung mulai mentransfer file ke iPhone Anda. Dalam kasus Podcast, Anda dapat mentransfer file secara keseluruhan atau streaming dan memainkan mereka secara bersamaan.

Kecepatan download akan bervariasi tergantung pada kualitas koneksi Anda, tetapi Anda harus tahu bahwa secara default, iPhone menggunakan sinyal seluler untuk transfer file. Jika Anda lebih memilih transfer WiFi maka akan lebih cepat, namun Anda harus mengubah pengaturan ini secara manual.

Jika Anda telah memiliki account iTunes di komputer Anda, iPhone akan secara otomatis menggunakan pengaturan default dari account itu. Jika Anda hanya tertarik pada Podcast, Anda bahkan tidak perlu mendaftar untuk account iTunes. [ND]