Radio Internet

07 Nov 2011 15:00 | Hits: 3040

Sekilas tentang Teknologi Radio Internet

Sekilas tentang Teknologi Radio Internet

Radio internet merupakan inovasi teknologi terbaru dalam bisnis siaran radio yang dimulai pada awal 1920-an. Sebetulnya radio internet telah ada sejak akhir 1990-an. Penyiar radio tradisional telah menggunakan Internet untuk pemrograman Penayangan mereka. Tapi, radio internet mengalami sebuah revolusi yang memperluas jangkauan dari komputer desktop Anda untuk mengakses siaran mana saja, kapan saja, dan memperluas pemrograman dari penyiaran tradisional untuk individu, organisasi dan pemerintah.

Pada artikel ini, Paseban akan mengeksplorasi revolusi radio internet ini secara sekilas. Radio internet tidak memiliki keterbatasan geografis, sehingga penyiar di Korea Selatan dapat didengar di Indonesia melalui Internet. Potensi untuk radio internet seluas dunia maya itu sendiri.

Selain dapat didengarkan di mana saja, dibandingkan dengan radio tradisional, radio internet tidak terbatas pada audio semata. Sebuah siaran radio internet dapat disertai dengan foto atau grafik, teks dan link, serta interaktivitas, seperti papan pesan dan ruang chatting. Kemajuan ini memungkinkan pendengar untuk melakukan lebih dari mendengarkan. Sebagai contoh, pendengar yang mendengar iklan untuk printer komputer dapat melakukan pembelian printer yang diiklankan melalui link di situs internet siaran radio tersebut.

Hubungan antara pemasang iklan dan konsumen menjadi lebih interaktif dan intim pada siaran radio internet. Kemampuan media yang luas juga bisa digunakan dengan cara lain. Misalnya, dengan radio internet, Anda bisa melakukan pelatihan atau pendidikan dan menyediakan link ke dokumen dan pilihan pembayaran. Anda juga dapat memiliki interaktivitas dengan pelatih atau pendidik dan informasi lainnya di situs siaran radio internet.

Program radio internet menawarkan spektrum yang luas dari genre siaran, khususnya di musik. Siaran radio tradisonal semakin dikendalikan oleh sejumlah kecil konglomerat media. Dalam beberapa hal, ini telah menyebabkan lebih dari mainstreaming pemrograman pada siaran radio, sebagai stasiun tentunya ingin mencoba untuk menjangkau khalayak yang terbesar dalam rangka untuk mengisi harga tertinggi untuk pengiklan. Sementara radio internet, menawarkan kesempatan untuk memperluas jenis program yang tersedia. Selain itu biaya untuk penyiaran internet "di udara" lebih murah dari pada radio tradisional. [ND]