OS Android

07 Nov 2011 14:00 | Hits: 8004

Cara Lain Menikmati OS Android di Laptop dengan Modal USB Stick

Cara Lain Menikmati OS Android di Laptop dengan Modal USB Stick

OS Andrioid sudah terkenal oleh sebagian besar para pengguna smartphone. Bagaimana tidak, OS Android ini begitu fenomenal dikarenakan tampilan nya yang sangat mewah serta didukung dengan beribu-ribu aplikasi bagus juga free alias gratis.

Namun bagi Anda yang tidak punya smartphone Android tetapi anda ingin mencoba merasakan sensasi memakai OS Android open source ini, sekarang Anda juga bisa menikmati nya pada laptop atau notebook Anda. Paseban juga pernah membahas topik mencicipi OS Android ini pada artikel sebelumnya.

OS Android yang tersedia untuk laptop atau netbook tersedia dalam berbagai versi. Mulai dari Android vesri 2.2, 2.3, juga 3.2 dan itu semua bisa di-download secara gratis di situs project open source milik google. OS Android ini setiap harinya mengalami penyempurnaan dari bugs-bugs yang sangat menggangu, oleh karena itu pada situs tersebut banyak laporan laporan mengenai bugs yang dialami oleh berbagai hardware.

Bagi anda yang penasaran ingin menghadir kan si robot hijau di laptop atau netbook Anda, ada beberapa hal yang harus di persiapkan terlebih dahulu sebelum kita bisa menghadirkan Android pada laptop atau netbook kita.

Pertama, download OS Android nya, tersedia dalam berbagai versi, mulai dari 0.2 sampai 4.0, software-nya bisa di-* download* secara cuma-cuma di sini. Di sini, Anda tinggal memilih OS Android mana yang ingin Anda download. Namun dari daftar OS yang tersedia hanya kompatibel untuk 32bit saja, belum kepada 64 bit kecepatan prosesor sehingga anda jangan heran jika OS ini tidak bisa di-install pada notebook atau laptop Anda.

Kedua download aplikasi unetbootin. Unetbootin adalah aplikasi untuk mem-booting file ISO di USB Stick, sehingga Anda tidak memerlukan CD Room untuk mem-booting OS Android yang telah Anda download, file ini bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma di situs resmi unetbootin di sini. Di situs tersebut juga tersedia untuk berbagai macam OS, mulai dari Linux, Mac OS X dan Windows.

Setelah Anda men-download unetbootin, maka tahap selanjutnya adalah menginstal aplikasi ini. Lalu jalankan dan pilih file Android ISO dan pilih juga lokasi USB Stick yang akan Anda booting.

Ketika prosesnya selesai, maka restart netbook atau laptop anda. Tekan F2 untuk masuk bios netbook atau laptop Anda, lalu pilih setting boot priority- nya menjadi USB yang telah kita tancapkan pada netbook atau laptop Anda, lalu tekan F10 untuk menyimpan setting-an tadi.

Anda bisa memilih proses yang akan Anda pakai untuk menjalankan Android pada netbook atau komputer Anda, apakah hanya sebatas Live CD (demo saja) atau meng-install-nya langsung. Tunggu hingga prosesnya selesai maka Android sudah bisa anda nikmati pada netbook atau laptop Anda [ILAL].