Perbedaan Laptop dan Notebook

04 Nov 2011 13:00 | Hits: 5193

Cari Tahu Perbedaan Laptop dan Notebook, Netbook, Nettop di Sini

Cari Tahu Perbedaan Laptop dan Notebook, Netbook, Nettop di Sini

Terkadang kita merasa dibingungkan dengan beberapa ungkapan yang diucapkan oleh berbagai orang mengenai komputer jinjing. Biasanya, kita orang Indonesia menyebut komputer jinjing sebagai laptop, tetapi ada juga yang menyebutnya sebagai notebook dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak istilah, ujung-ujungnya sebenarnya akan mengarah pada salah satu barang, yang tak lain dan tak bukan ya si komputer jinjing tersebut. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa perbedaan Laptop dan Notebook serta beberapa komputer jinjing sejenis? Anda juga pernah melihat ketika jalan-jalan di mall atau pertokoan elektronik yang menjual komputer jinjing, di sana banyak terpampang nama, harga, beserta barang yang dipamerkan dengan sangat indah dan menarik orang agar ingin membeli. Bentuknya pun ada yang besar, mini dan berwarna-warni. Jadi hal ini bisa membuat rasa penasaran Anda bertambah, apa sesungguhnya perbedaan Laptop dan Notebook serta komputer jinjing lain?

Pada artikel kali ini, Paseban akan menyajikan pembahasan secara khusus mengenai perbedaan Laptop dan Notebook dan beberapa istilah yang sering Anda dengar yang masih berhubungan dengan komputer jinjing. Istilah-istilah dalam dunia komputer jinjing terdiri dari Notebook, Laptop, Netbook dan Nettop.

Nah, tahukah Anda apa dan seperti apa perbedaan keempat istilah tadi? Jika Anda masih merasa keblinger dengan istilah-istilah tersebut, simak pembahasan perbedaan Laptop dan Notebook di bawah ini.

Notebook

Istilah Notebook, pada awalnya muncul bersamaan dengan lahirnya era komputer jinjing. Notebook ini merupakan sebuah jenis komputer baterai atau AC-powered personal, ukurannya lebih kecil dan lebih efektif sehingga memudahkan penggunanya membawa perangkat ini kemana saja. Istilah Notebook sering juga disebut sebagai Laptop.Tetapi ada sedikit perbedaan Laptop dan Notebook dari segi asal usul istilah. Sebenarnya, keempat istilah di atas sama-sama merujuk kepada sebuah barang elektronik yang memiliki layar dan keyboard yang tersambung dengan sebuah engsel. Perbedaan mendasar dari keempat istilah ini adalah dari segi ukuran.

Kata Notebook berasal dari sebuah laptop yang memiliki ukuran lebih kecil yaitu sekitar ukuran kertas A4 yang ada pada tahun 1989. Terdapat dua produk yang cocok untuk menggambarkan seperti apa Notebook itu, yang pertama adalah NEC Ultralite notebook dan yang kedua adalah Compaq garis LTE sistem. Sejak saat itu, Notebook mulai digunakan sebagai istilah untuk menggambarkan laptop yang lebih kecil, yang umumnya digunakan oleh pengusaha.

Notebook

Laptop

Istilah Laptop muncul seiring dengan munculnya istilah Notebook. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa istilah Notebook hadir lebih dulu daripada istilah Laptop. Kata Laptop ini ternyata lebih sering digunakan karena didasarkan pada perilaku pengguna Notebook yang lebih suka meletakkan Notebooknya di atas paha (memangku), daripada meletakkannya di atas meja. Kata Lap yang berarti pangkuan dan Top berarti atas. Jadi, sekarang Anda bisa memahami seperti apa perbedaan Notebook dan Laptop yang sebenarnya, bukan?

Laptop

Netbook

Netbook merupakan istilah baru yang diluncurkan Intel pada bulan Februari 2008 silam. Istilah ini ditujukan untuk kategori Notebook yang memiliki ukuran kecil, ringan dan fungsionalitas yang mencukupi. Netbook bisa disebut sebagai versi laptop yang lebih kecil. Secara teknis, Netbook lebih menekanan fungsi pada aplikasi internet dan wireless communication. Maka dari itu setiap Netbook dipastikan wajib memiliki fasilitas WiFi.

Netbook

Nettop

Istilah Nettop merupakan laptop versi desktop (komputer meja) yang lebih mini. Komputer jenis ini juga lebih menekankan pada akses internet seperti Netbook. Netbook dan Nettop merupakan proyek Intel untuk memberi akses komputer di negara-negara berkembang.

Nettop

[MG]