BlackBerry

04 Nov 2011 10:00 | Hits: 5081

Cara Mengetahui Keaslian BlackBerry

Cara Mengetahui Keaslian BlackBerry

BlackBerry merupakan smartphone yang banyak digemari, peredarannya terus meningkat karena kemampuan nirkabelnya yang sudah tidak diragukan lagi seperti layanan push email, menjelajah internet, messenger dan masih banyak lagi. Dengan demikian, muncullah BlackBerry bajakan atau imitasi, harga yang ditawarkannya pun relatif murah. Bagi Anda pecinta BlackBerry, tentu Anda tidak ingin sampai tertipu. Untuk menghindarinya, Paseban akan mencoba memberikan tips mengenai bagaimana cara membedakan BlackBerry original dengan BlackBerry bajakan.

  • Langkah pertama, perhatikan Logo dan Dus.

    Biasanya pada dus BlackBerry tercantum stiker handheld dan hak paten, kemudian terdapat logo operator seluler berbagai negara. Pastikan logo yang ada pada layar LCD sama dengan logo yang ada di body. BlackBerry masih bisa digunakan meski logo yang tertera lain negara dengan catatan koneksi tidak terkunci atau UNLOCK.

  • Langkah kedua, mengetahui status UNLOCK/LOCKED.

    Caranya Klik Option kemudian Advanced Option kemudian SIM CARD. Ketik MPED dengan capslock dinyalakan. Pastikan seluruh value status yang terdiri dari SIM, Network, Network Subset, Service Provider, dan Corporate dalam keadaan DISABLE. Jika ada salah satu yang ENABLE atau bahkan semuanya, berarti statusnya LOCKED. Jika BlackBerry Anda berada dalam keadaan LOCKED, kemungkinan Anda tidak bisa menggunakan SIM card telko di sini.

  • Langkah ketiga, cek kode IMEI dan PIN.

    Biasanya IMEI dan PIN pada BlackBerry terdapat pada filmware handled, dus, dan stiker yang tertempel di tempat baterai. Adapun cara untuk melihat IMEI dan PIN yaitu klik Option pada tampilan homescreen, kemudian pilih Status dan tekan tombol Shift + ALT + H secara bersamaan. Jika nomor IMEI dan PIN sama dengan yang tertera pada stiker luar, maka BlackBerry tersebut asli.

  • Langkah keempat, mengetahui kategori BlackBerry.

    Caranya ketik #06# maka akan muncul 15 digit angka nomor IMEI BlackBerry. Jika angka ketujuh dan kedelapan nomor IMEI 10, berarti BlackBerry tersebut diproduksi di Finlandia yang memiliki kualitas sangat bagus. Jika '02' atau '20', maka diproduksi di Asia dengan kualitas kurang bagus. Jika '08' atau '80', maka diproduksi di Jerman dengan kualitas lumayan bagus. Jika '03', maka diproduksi di Prancis atau Kanada dengan kualitas paling baik. Jika '04', maka diproduksi di Kanada dengan kualitas terbaik di dunia dan *limited edition. Apabila nomor yang tertera tidak ada yang sama seperti yang telah disebutkan, sudah dipastikan BlackBerry Anda palsu.

  • Langkah kelima, mengetahui BlackBerry Brand New in Box/baru.

    Caranya klik Option, scrool down lalu klik Status dan ketik BYUR dengan capslock dinyalakan, maka akan tampil data Usage dan Voice Usage. Jika data Usage melebihi 250K dan keterangan Voice Usage melebihi 1 menit, maka sudah pasti BlackBerry tersebut bukan barang baru. [RF]