Cara Menggunakan Linux

02 Nov 2011 12:30 | Hits: 18628

Cara Menggunakan Linux dengan Praktis dan Mudah

Cara Menggunakan Linux dengan Praktis dan Mudah

Sebagian besar komputer sekarang ini menjalankan operating sistem yang berbasis Microsoft Windows, namun banyak server dan komputer desktop yang juga mulai menjalankan sistem operasi Linux. Meskipun tampaknya Linux jauh berbeda dengan Windows, tetapi secara keseluruhan cara menggunakan Linux bisa Anda pelajari dengan mudah.

Agar Anda bisa terbiasa dengan sistem operasi Linux, cobalah untuk men-download dan menginstal program Linux yang tersedia di berbagai media internet secara gratis pada komputer Anda. Hal tersebut memungkin Anda untuk menjaga sistem operasi yang sedang digunakan serta menyediakan bagian dari hard drive ke Linux (Anda masih bisa menjalankan keduanya pada waktu yang bersamaan dengan virtualbox).

Jika Anda berencana untuk menjalankan Windows dan Linux pada komputer yang sama, artikel Paseban kali ini mungkin akan berguna bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan Linux.

  • Tes hardware Anda dengan "Live CD" yang disediakan oleh banyak distribusi Linux. Hal ini berguna jika Anda merasa tidak nyaman dengan langsung menginstal sistem operasi kedua pada komputer Anda. Sebuah live CD akan memungkinkan Anda untuk boot ke sebuah lingkungan Linux dari CD tanpa perlu menginstal apapun lagi pada komputer Anda. Ubuntu dan beberapa distribusi Linux lainnya juga menawarkan CD atau DVD yang memungkinkan Anda untuk boot ke mode live lalu kemudian menginstal dari disk yang sama.

  • Cobalah tes, misal membuat tugas dengan menggunakan komputer yang telah terinstal Linux tersebut. Dengan begitu Anda dapat mengetahui dan mencari solusi bila terdapat aplikasi yang tidak bisa dijalankan didalamnya.

  • Pelajari distribusi Linux. Ketika kita mengatakan Linux, seringkali hal itu ditujukan untuk "GNU / Linux Distribution". GNU merupakan kumpulan software yang berjalan di atas sebuah program yang sangat kecil yang disebut kernel Linux.

  • Untuk penggunaan kasual Linux pada PC Anda mungkin ingin mencoba Linux Mint. Jika Anda lebih suka KDE lebih dari GNOME, Anda dapat mencoba edisi KDE-nya. Apa pun yang Anda lakukan, jangan membatasi diri Anda. Cobalah berbagai distribusi, seperti SUSE yang dimulai dengan OpenSUSE dan Red Hat Fedora.

  • Pertimbangkan dual boot, ini akan membantu Anda memahami partisi serta membiarkan Anda untuk dapat terus menggunakan Windows. Pertama, backup semua data pribadi Anda dan pengaturannya sebelum Anda mencoba untuk membuat dual boot.

  • Install Software. Biasakan untuk menginstal dan uninstall perangkat lunak secepat yang Anda bisa. Pahami manajemen paket dan repositori yang baik untuk pemahaman mendasar mengenai Linux.

  • Belajarlah untuk menikmati interface perintah baris juga yang lebih dikenal sebagai terminal, terminal window atau shell. Salah satu alasan utama banyak pengguna yang beralih ke Linux adalah karena fitur terminal ini.

  • Biasakan diri Anda dengan filesystem Linux. Pertama, Anda akan melihat bahwa tidak ada lagi "C: \" seperti di Windows. Semuanya dimulai pada root dari filesystem (alias "/") dan hard drive yang berbeda agar bisa diakses melalui direktori / dev. Direktori home Anda, yang biasanya Anda temukan di C: \Documents and Settings di Windows XP dan 2000, sekarang terletak di /home.

  • Coba partisi terenkripsi, filesystem yang baru dan sangat cepat (seperti Btrfs), disk paralel yang meningkatkan kecepatan dan kehandalan (RAID). Coba juga untuk menginstal Linux pada USB stick bootabe. [ND]