Masalah Pada Laptop

08 Feb 2013 07:00 | Hits: 5032

3 Masalah Pada Laptop Yang Paling Menjengkelkan

3 Masalah Pada Laptop Yang Paling Menjengkelkan

Walaupun semakin hari perkembangannya semakin bertambah cepat, namun tudak dapat dipungkiri jika laptop merupakan salah satu perangkat yang ringkih dan sering terjadi masalah. Tidak peduli Anda seorang ahli komputer sekalipun, laptop sewaktu-waktu pasti akan memiliki masalah yang sangat menjengkelkan. Masalah tersebut bahkan terkdang tidak bisa dipecahkan hingga Anda harus melakukan instal ulang atau bahakan membeli perangkat laptop baru.

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa masalah-masalah tersebut hanya terjadi pada jenis laptop tertentu saja. Beberapa orang juga ada yang mengatakan jika masalah tersebut diakibatkan karena ketidakpaham seseorang terhadap laptopnya. Namun, masalah-masalah tersebut bisa menimpa semua jenis laptop dan juga menimpa setiap orang walaupun dia ahli komputer sekalipun. Apa sajakah masalah pada laptop tersebut?

Keyboard Laptop yang Rusak

Keyboard yang rusak merupakan salah satu hal yang paling menjengkelkan jika Anda memiliki sebuah laptop. Jika kerusakan keyboard itu terjadi di PC, mungkin hal tersebut tidak akan menjadi masalah yang besar karena Anda dapat membeli lagi keyboard yang baru secara terpisah. Namun jika hal tersebut terjadi di laptop, maka bersiap-siaplah Anda untuk menghadapi sebuah mimpi buruk.

Hal tersebut juga semakin diperparah dengan ringkihnya keyboard yang ada di laptop. Jika Anda mengetik terlalu keras ataupun juga membersihkan keyboard tersebut dengan sedikit kasar, maka dapat dipastikan jika salah satu tombol keyboard Anda akan mengalami kerusakan.

Selain itu, walaupun tombol tersebut tidak rusak dan hanya copot saja, menempatkan kembali ke tempat semula merupakan hal yang sangat sulit. Bahkan ketika tombol itu sudah dapat dikembalikan pun tetap saja sewaktu-waktu akan terlepas lagi ketika Anda sedang mengetik. Hal tersebut tidak lain karena kompoen yang ada di bawah tombol keyboard tersebut memiliki pin dan juga pengait yang sangat kecil sehingga akan mudah bengkok ketika Anda menyentuhnya. Lebih parah lagi, setiap model laptop memiliki mekanisme tombol keyboard yang berbeda walaupun laptop tersebut masih dalam satu merk yang sama.

Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini tentu saja dengan mengganti keyboard tersebut dengan harga yang cukup mahal jika Anda tidak ingin membeli sebuah laptop baru. Sebenarnya, Anda juga dapat membeli tombol-tombol tersebut secara terpisah, namun seperti yang telah disebutkan sebelumnya, memasang sebuah tombol keyboard bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh orang awam.

Adobe Flash Plug-in

Anda pasti sudah hapal apa itu Adobe Flash Plug-in, dan Anda juga pasti sudah mengetahui apa fungsinya. Teknologi tersebut merupakan salah satu teknologi terbaik yang pernah hadir di browser. Sayangnya, Adobe Flash Plug-in terkadang justru dapat mengganggu aktivitas brwser Anda. Pasalnya, plug-in ini terkadang berhenti bekerja ataupun mengalami crash ketika Anda membuka situs-situs yang memang memerlukan Adobe Flash Plug-in ini. Salah satu contoh yang paling sering Anda alami mungkin ketika Anda membuka Youtube dan halaman tersebut menjadi sangat lambat atau bahkan bisa berhenti total. Setelah itu Anda pasti akan melihat pemberitahuan bahwa Adobe Flash plug-n mengalami crash. Sangat menjengkelkan.

Salah satu hal yang yang mungkin dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan men-disable plug-in ini dan kemudian meng-enable-kan kembali ketika Anda membutuhkannya. Dengan men-disable-kan plug in ini, kecepatan browsing Anda juga pasti akan semakin meningkat.

Windows Not Loading

Masalah ini khusus terjadi pada pengguna Windows, yaitu keadaan ketika Windows Anda tidak bisa masuk ke desktop karena mengalami bootloop di loading screen. Anda pasti sekali-kali pasti pernah mengalami ini di mana Anda hanya melihat layar dengan tulisan "loading” tanpa ada respon apapun. Jika hal ini sering terjadi pada laptop Anda, mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk melakukan install ulang pada laptop Anda tersebut.

Selain itu, Anda juga pastinya sering kesal dengan Windows yang melakukan loading sangat lama ketika baru dinyalakan. Walaupun pada Windows 8 Anda dpat merasakan loading yang cepat, namun tetap saja Anda mungkin harus menunggu beberapa tahun lagi untuk merasakan Windows tanpa loading. [GAN]