Cydia Jailbreak

12 Feb 2013 15:30 | Hits: 1718

Optimalkan iPhone dengan Cydia Jailbreak, Membuat iPhone Anda Lebih Pribadi

Optimalkan iPhone dengan Cydia  Jailbreak, Membuat iPhone Anda Lebih Pribadi

Cydia merupakan pihak ketiga, installer aplikasi independen untuk produk - produk keluaran Apple. Cydia dikembangkan oleh Jay Freeman (Saurik) dan sebenarnya mirip dengan toko aplikasi yang Apple sediakan. Cydia memungkinkan Anda untuk mengunduh aplikasi, tema, tweak dan utilitas yang akan membuat perangkat iOS Anda menjadi lebih baik. Cydia memberikan banyak aplikasi yang dapat diunduh secara gratis ataupun berbayar. Lalu Apa perbedaan antara App Store yang terdapat pada perangkat yg Apple keluarkan dengan Cydia?

Cydia menawarkan lebih dari 400.000 aplikasi program tweak dan modifikasi, tema dan lainnya. Pada Cydia terdapat beberapa aplikasi yang tidak disetujui oleh Apple. Beberapa aplikasi tersebut bisa dibilang sangat penting untuk perangkat Apple Anda. Utility dan modifikasi dapat ditemukan lebih banyak pada Cydia yang tentunya tidak terdapat pada App Store.

Sebagai contoh, Apple tidak memberikan kemampuan perubahan tema dari iPhone. Namun wajarnya setiap pemilik ponsel pintar tentunya ingin modifikasi tampilan pada perangkatnya agar tidak merasa bosan. Pada Cydia jailbreak, Anda dapat memodifikasinya dengan menginstal aplikasi yang disebut "Winterboard” yang memungkinkan Anda untuk mengunduh, menginstal, dan memodifikasi tema pada perangkat Apple Anda.

Semua yang ada di Cydia biasa disebut dengan paket (package) dan biasanya mempunyai ekstensi .deb. Seperti contohnya Ultrasn0w, Installous, Winterboard dan SBSettings merupakan sebuah paket. Namun terdapat perbedaan antara sebuah paket dan aplikasi, dan kita pun harus dapat membedakannya. Semua aplikasi dalam Cydia adalah paket, tetapi sebuah paket belum tentu aplikasi juga. Contohnya, Winterboard adalah sebuah paket dan sekaligus aplikasi, Installous dan iFile juga adalah sebuah aplikasi. Tetapi seperti Infinidock, Zephyr, dan YourTube bukanlah aplikasi, melainkan "tweaks”. walaupun ketiganya termasuk paket, Tweaks hanyalah fitur tambahan atau pelengkap untuk modifikasi dari fitur - fitur yang sudah ada, bukan sebuah aplikasi yang berdiri sendiri. Untuk membedakannya cukup mudah, aplikasi Cydia pasti akan muncul di Springboard iPhone kita, sedangkan paket yang bukan aplikasi biasanya tidak memiliki ikon di Springboard. Konfigurasi paket biasanya terdapat di Settings, atau pada aplikasi pendukungnya.

Untuk pengguna pemula, Cydia merupakan memang sulit untuk dipahami. Namun, apabila kita mau untuk mempelajari fungsi dan kegunaannya tidaklah sesulit itu. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk membeli atau memasang suatu tweak, aplikasi, add-on, dan lain - lainnya pastikan kita sudah membaca keterangan serta kegunaan dari fitur tersebut dan pastikan pula paket aplikasi yang akan dipasang cocok dan sesuai dengan seri perangkat iOS dan iOS yang terpasang di perangkat Apple kita. Bila tidak, hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi pada perangkat Apple yang kita miliki. Yang paling PENTING adalah jangan terlalu banyak memasang tweak, aplikasi, add-on, dan widgets. Memasang terlalu banyak fitur bisa menyebabkan cacat fungsi pada Aplikasi tersebut ataupun pada iOs yang ada pada perangkat Apple kita, dan yang paling kita tidak inginkan ini juga memungkinkan kerusakan pada perangkat Aplle itu sendiri. Ketika itu terjadi, perangkat iOS kamu biasanya akan memasuki safe mode. Langkah awal yang harus kita lakukan adalah Restart perangkat iOS, Hilangkan fitur yang baru saja dipasang, Menggunakan fitur Crash Reporter yang bisa diunduh di Cydia, Restore perangkat, Minta tolong langsung ke saurik pencipta Cydia dengan bergabung di IRC pada channel #iPhone, dan langkah terakhir apabila langkah - langkah tersebut tidak mendapatkan hasil kita harus membawanya ke service center terdekat.

Lalu bagaimana kita caranya kita mendapatkan Cydia? Jawabannya adalah Jailbreaking cara kita untuk mendapatkan program Cydia.

Jailbreak iOS, atau yang biasa disingkat jailbreaking, adalah proses menghilangkan batasan yang diberlakukan oleh Apple pada perangkat dengan sistem operasi iOS, seperti iPhone, iPod Touch, dan iPad. Jailbreaking akan membuat pengguna bisa mendapatkan akses penuh terhadap sistem operasi pada perangkat itu sendiri, yang tentu saja pengguna iOS itu bisa mengunduh aplikasi, game, tweak dan lain - lain, baik yang resmi maupun yang tidak resmi yang tidak kita dapatkan di Apple App Store.

Pada dasarnya, jailbreaking dapat membuat pengguna memiliki akses pada sistem untuk mengaktifkan serangkaian fitur yang sebelumnya dikunci oleh Apple. Jailbreaking pada umumnya akan membuat garansi dari perangkat iOS itu sendiri hangus, jadi berhati - hatilah dan berpikirlah kembali dengan segala keuntungan dan kerugian Jailbreaking ini.

Di Amerika sendiri, Jailbreaking terbilang legal secara hukum, namun tetap saja akan menghanguskan garansi. Bagaimanapun, mengingat jailbreaking tidak meliputi modifikasi terhadap perangkat keras, maka prosesnya bisa dengan mudah dibalik hingga kembali ke kondisi asal melalui iTunes. Asalkan kita tetap hati - hati pada prosesnya dan jangan lupa untuk membuat file Backup perangkat kita. [WIND]