Cara Upgrade BlackBerry

30 Oct 2011 15:00 | Hits: 117611

Beginilah Cara Upgrade BlackBerry dengan Mudah

Beginilah Cara Upgrade BlackBerry dengan Mudah

Research In Motion (RIM) terus mengembangkan dan menguji perangkat lunak terbarunya untuk produk BlackBerry andalannya. Jadi, sebisa mungkin peliharalah smartphone BlackBerry Anda untuk tetap up to date dengan system operasi terbaru (OS) dari RIM agar Anda memiliki akses ke semua fitur terbaru dengan performa yang lebih baik tentunya.

Berikut ini Paseban sajikan panduan tentang cara upgrade BlackBerry ke OS terbarunya. Panduan cara upgrade BlackBerry ini juga dilengkapi dengan hal apa saja yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu agar proses install dan upgrade berjalan mulus.

Sebelum memulai menginstal sistem operasi terbaru, siapkan perangkat smartphone BlackBerry Anda, lalu PC yang terhubung ke internet dan kabel USB. Selain instalasi yang harus dipersiapkan, Anda juga harus menyiapkan waktu Anda sekitar 50 menit untuk meng-upgrade dan 30 menit untuk cath-up perangkat Anda setelah proses upgrade selesai.

Apabila Anda pengguna Mac, yang perlu Anda ketahui adalah bahwa saat ini RIM tidak menawarkan software BlackBerry Desktop Manager bagi komputer produk Apple, sehingga jika Anda ingin meng-upgrade BlackBerry melalui PC Mac, mungkin prosesnya akan sedikit kikuk. Setelah Anda menyiapkan semua alat yang diperlukan untuk proses instalasi dan upgrade di atas, lakukan langkah-langkah instalasi di bawah ini untuk mengawalinya.

Berikut ini adalah cara upgrade BlackBerry, simak langkah-langkahnya berikut ini:

Download Software BlackBerry OS Terbaru

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum men-download OS BlackBerry terbaru dan menyimpannya ke PC adalah dengan mengecek versi OS yang sedang di jalankan pada BlackBerry Anda. Caranya dengan mengklik ikon Option di homescreen BlackBerry Anda lalu pilih About. Versi OS BlackBerry yang sedang dijalankan akan ditampilkan pada homescreen dengan serangkaian angka setelah huruf V kecil, misal v4.2.2.184. Anda juga bisa menggunakan shortcut screen untuk menentukan versi OS dengan menekan ALT, SHIFT dan huruf H.

Setelah selesai, periksa situs web operator nirkabel Anda sebelum mendapatkan sistem operasi terbaru untuk BlackBerry Anda. Cara ini merupakan cara terbaik untuk mendapatkan software OS resmi dari RIM. Pihak Operator mungkin akan meminta Anda untuk log in sebelum men-download software-nya, sehingga mungkin Anda perlu membuat account online jika memang Anda belum pernah melakukannya sebelumnnya. Setelah berhasil login, cari bagian sistem upgrade lalu periksa untuk memastikan apakah terdapat versi OS yang lebih baru dari yang sedang Anda jalankan atau tidak, jika ada download dan simpan di desktop PC Anda.

Download dan Install BlackBerry Desktop Manager Terbaru

Langkah selanjutnya adalah Anda harus memastikan bahwa PC Anda telah menjalankan BlackBerry Desktop Manager terbaru. Untuk memeriksa versi Desktop Manager yang sedang dijalankan saat ini, Anda bisa memulai melalui menu Start Windows > All Programs > BlackBerry > Desktop Manager. Kemudian klik tab Help pada homescreen lalu pilih About BlackBerry Desktop Manager. Versi software BlackBerry Anda akan tampil pada tab General.

Jika Anda tidak menjalankan Desktop Manager v4.5, kunjungi situs RIM lalu download dan instal software versi terbarunya.

Persiapkan OS Baru dengan memperhatikan Aplikasi, Service atau Setting yang akan terkena dampak

Menginstal OS BlackBerry baru mungkin akan mengembalikan pengaturan kustom ke pengaturan default, sehingga Anda harus mempersiapkannya terlebih dahulu dengan melakukan back up dan lain sebagainya sebelum semuanya hilang.

Buka OS BlackBerry Baru dan Mulai Instalasi

Setelah Anda siap dengan perubahan yang akan terjadi dengan OS BlackBerry baru, sekarang tinggal memulai proses instalasi. Pertama, tutup semua aplikasi dan layanan yang terkait dengan PC Anda, lalu klik file .exe yang telah Anda download tadi dan pilih *Run, pilih juga bahasa pengaturan yang sesuai.

Ketika InstallShield Wizard BlackBerry tampil, klik Next kemudian pilih Negara tempat tinggal Anda pada layar berikutnya. Setelahs elesai pilih Accept the terms of service, lalu klik Next lagi. Setelah proses instalasi selesai, program akan meminta Anda untuk memulai software BlackBerry Desktop, pilih Next lalu tekan tombol Finish.

Ketika software Desktop Manager sudah terbuka, pasang perangkat Anda ke PC melalui kabel USB. Tetapi jika karena alasan tertentu, software Desktop Manager tidak juga memulai dalam beberapa menit, pergi ke menu Start Windows > All Programs > BlackBerry > Desktop Manager. Kemudian akan ada kotak dialog yang memberitahu bahwa Anda sedang mencari update perangkat aplikasi, setelah beberapa detik akan muncul kotak lain yang bertanya apakah ingin menginstal upgrade yang tersedia? Klik Update Now, lalu summery page akan memunculkan rincian spesifikasi aplikasi yang akan terkena dampak. Dalam kasus ini, tekan tab Options di bawah Data Preservation and Device Backup untuk memastikan bahwa kotak Backup Device Data Automatically dicentang selama proses instalasi.

Selain itu, Anda juga dapat mengklik pada tab Advanced yang berada di sisi kanan layar Desktop Manager untuk menambah atau memperbaharui aplikasi yang tidak termasuk dalam daftar default. Misalnya, jika Anda pernah menghapus aplikasi BlackBerry Messenger beberapa waktu yang lalu tetapi sekarang ingin megembalikannya lagi maka Anda bisa mengklik Advanced lalu mencentang kotak yang ada di sebelah ke BlackBerry Messenger. Setelah itu program akan diinstal bersama dengan OS baru. Lalu klik Next, Anda akan melihat summery page Aplication Loader yang menjelaskan bahwa nirkabel perangkat Anda harus diaktifkan dan terdaftar dengan perusahaan perangkat Anda setelah OS baru berhasil terinstal.

Berhasil tidaknya proses install bisa diketahui ketika layar menampilkan pesan Desktop Manager's Update Complete dan radio pada perangkat Anda menyala kembali. Tidak lama setelah proses upgrade selesai, Anda akan menerima pesan melalui kotak masuk mengenai pemberitahuan bahwa perangkat Anda telah terdaftar dengan jaringan operatornya, tetapi jika tidak menerima pesan Anda harus mengirim ulang buku layanan email perangkat Anda. Pengiriman buku layanan melalui BlackBerry dapat dilakukan dengan dua cara, pertama menggunakan BlackBerry Anda sendiri, kedua dengan halaman BIS (BlackBerry Internet Service). Untuk mengirim buku layanan melalui BlackBerry buka ikon email Setting / Set-Up Internet email, log in jika diminta kemudian klik pilihan Services Book di bawah pilihan Setting. Pada halaman ini, kirim buku tersebut dengan menekan Service Book kembali. Setelah itu tutup Desktop Manager lalu cabut perangkat BlackBerry Anda.

Catatan

Jika BlackBerry Anda menggunakan layanan BlackBerry Enterprise Server (BES), Anda harus memeriksa dengan perwakilan TI sebelum mencoba meng-upgrade software smartphone Anda, karena beberapa kebijakan TI ada yang tidak mengijinkan peginstalan OS baru yang menyebabkan perangkat Anda bisa diblokir. Begitulah cara upgrade BlackBerry, semoga berhasil. [MG]