Google Wireless

10 Feb 2013 16:00 | Hits: 1409

Percobaan Jaringan Google Wireless Hampir Sempurna

Percobaan Jaringan Google Wireless Hampir Sempurna

Google mencoba membuat sebuah percobaan mengenai jaringan Google Wireless melingkupi Pegunungan View, Kantor Pusat California. Sebuah langkah yang menurut beberapa analis dapat meramalkan penciptaan dari jaringan Google Wireless Google yang rapat dan sangat cepat di lokasi lainnya. Aksi Google ini nantinya dapat dinikmati berbagai orang dari berbagai lokasi yang langsung dapat terhubung dengan internet dengan perangkat mobilenya.

Pertama-tama, fakta dari isu ini adalah Google menyerahkan surat lamaran ke Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat yang memohon untuk ijin percobaan pembuatan layanan radio percobaan. "Layanan radio percobaan” Google ini melingkupi kantor pusat Google dan area sekelilingnya sejauh dua mil.

Namun, jaringan Google Wireless skala kecil akan menggunakan frekuensi-frekuensi dimana frekuensi ini hampir tidak akan sesuai dengan peralatan mobile yang dimiliki konsumen saat ini. Seperti produk Apple yaitu iPad dan iPhone atau peralatan yang didukung dengan sistem operasi Google Android tidak akan cocok dengan fasilitas Google ini. Jaringan ini hanya akan memberikan tutupan untuk peralatan yang didesain untuk mengakses frekuensi tertentu, dari 2524 hingga 2625 megahertz.

Frekuensi tersebut, yang dapat bekerja dengan baik di populasi yang memiliki kerapatan penduduk tinggi. Frekuensi ini dapat menjadi penting di masa depan di negara seperti Brazil, China, dan Jepang. Di negara tersebut operator peralatan mobile sudah dibuat untuk mendukung frekuensi itu. Hal ini berarti, peralatan mobile yang mendukung frekuensi tersebut akan dimanufakturisasi dalam waktu dekat secara masal. Informasi ini dinyatakan oleh Walter Puecyk, seorang analis industri nirkable dari firma penelitian BTIG.

Juru bicara Google pada hari Rabu menolak untuk memberikan komentar mengenai tujuan dari aplikasi Google ini. Penolakan pemberian keterangan ini berdasarkan regulasi perusahaan mengenai percobaan pada hal baru.

Banyak dari aplikasi-aplikasi Google itu rahasia, tapi hal ini terlihat dari pemasangan jaringan percobaan ini akan dilaksanakan di dalam bangunan khusus pada kampus Google. Bangunan ini adalah rumah-rumah dari Tim Fiber Google di mana bagian dari Unit Akses Google yamg telah memperkenalkan penghubung internet dan video berkecepatan sangat tinggi di Kansas City, Kansas dan kota-kota lain di masa depan.

Google Acces juga memberikan secara gratis jasa Wi-Fi untuk Kota New York di daerah Chelsea dan Google juga tetap memberikan jasa Wi-Fi gratis untuk kota Mountain View.

Menurut aplikasi tersebut, yang diperhatikan oleh insinyur wireless Steven Crowley, Google mengatakan bahwa frekuensi nirkable tersebut dikontrol oleh Clearwire Crop. Clearwire adalah sebuah penyedia layanan wirelessskala besar.Hal ini berarti frekuensi ini adalah bagian dari apa yang disebut "spektrum yang berlisensi” dan lebih dapat diandalkan dari Wi-Fi. Wi-Fi sendiri adalah tidak berlisensi, yang berarti ini dapat digunakan oleh siapapun.

Saat ini Google tidak memiliki kendali dari spektrum berlisensi. Crowley mengatakan bahwa alasan satu-satunya untuk menggunakan frekuensi-frekuensi ini adalah jika seseorang atau perusahaan memiliki desain bisnis yang berkaitan dengan layanan mobile.

Hal ini masih rancu apakah Google akan membangun layanan seperti itu untuk penggunaan internal perusahaan ataukah sebagai penawaran layanan yang cukup potensial untuk pasar. Namun hingga saat ini peralatan-peralatan mobile yang berada di pasar dan digunakan konsumen sangat jarang yang bisa menjangkau frekuensi ini.

Pada hari Rabu Clearwire menolak memberikan pernyataan bahwa perusahaannya bekerjasama dengan Google pada tahap percobaan. Perusahaan-perusahaan yang bekerjasama dengan Clearwire dalam hal teknologi, biasanya sangat terbatas dalam penggunaan layanan yang akan disediakan Clearwire

Piecyk, insinyur BTIG mengatakan bahwa percobaan jaringan Google dapat berarti bahwa hal tersebut direncanakan akan memperkenalkan teknologi Google Wireless kepada pengguna layanan Google dan pasar umum untuk produk Google Fiber. Dengan kata lain, penghuni kota Kansas yang menggunakan Internet kecepatan tinggi akan dapat menerima layanan Google Wireless dimanapun di titik-titik kota untuk tablet dan peralatan yang lain yang sesuai dengan jaringan. Google juga dapat membangun perangkat keras Motorollanya sendiri yang bekerja pada frekuensi yang dikendalikan oleh Clearwire.

Hal tersebut akan menjadi perluasan dari model bisnis yang saat ini dikembangkan oleh perusahaan kabel seperti Time Warner Cable Inc. Perusahaan ini memberi layanan dalam pemasangan titik-titik Wi-Fi di kota-kota yang telah bekerjasama dengan mereka dan menawarkan akses wireless gratis untuk konsumennya.

Penciptaan Google untuk jaringan Google Wireless skala kecil sebenarnya telah direncanakan tahun lalu ketika berdiskusi dengan Dish, penyedia layanan TV-Satelit, untuk menjadi rekan dalam layanan Google Wireless skala luas. [HNH]