Pengertian Laptop

19 Oct 2011 14:00 | Hits: 8825

Pengertian Laptop dan Perkembangannya yang Wajib Anda Tahu

Pengertian Laptop dan Perkembangannya yang Wajib Anda Tahu

Beberapa waktu ke belakang, popularitas laptop semakin menanjak dibandingkan komputer meja, karena hal itu pula lah yang menyebabkan hampir punahnya keberadaan komputer meja. Lalu apa pengertian laptop itu sendiri?

Sangat sederhana, pengertian laptop adalah computer portable, yang bisa Anda gunakan secara mobile dan tidak tergantung pada tempat. Sepintas dari pengertian laptop tersebut yang memang dibutuhkan membuat laptop sendiri kian diminati. Tetapi meskipun laptop kian merajalela, pertumbungan pengguna internet pun ikut merajalela. Sehingga banyak orang yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membuka usaha warnet, dan kebanyakan warnet pasti menggunakan komputer meja. Bedanya terletak pada perubahan monitor, jika dahulu masih merupakan monitor jenis tabung sinar katoda, maka sekarang sudah banyak yang menggunakan jenis monitor LCD.

Keunggulan laptop dibanding PC adalah kemudahannya, jika laptop bisa di bawa kemana saja maka PC tidak. Sehingga sekarang ini semakin banyak orang yang menggunakan laptop, selain karena sebagai bagian dari tuntutan kerja tak sedikit pula orang yang lebih mengedepankan gengsi untuk memiliki barang fenomenal ini.

Jika Anda mengenal dan memiliki laptop, tahukah Anda apa sebenarnya keunggulan laptop? Terasa kikuk kelihatannya apabila Anda tidak bisa menjelaskan keunggulan laptop ketika ditanya oleh orang yang masih awam teknologi. Kali ini, Paseban akan berbagi ilmu mengenai apa keunggulan laptop.

Seperti yang dijelaskan di atas, laptop merupakan sebuah komputer portabel (yang bisa di bawa kemana-mana) dan terintegrasi pada sebuah casing. Ada juga yang menyebut laptop ini sebagau komputer jinjing, karena cara dibawanya yaitu dengan dijinjing. Tetapi di luar sana, laptop ini dikenal juga dengan instilah notebook atau powerbook. Secara umum, laptop ini memiliki berat yang berkisar mulai dari 1 hingga 6 kilogram, tergantung dari ukuran, bahan serta spesifikasi laptopnya itu sendiri.

Laptop dirancang agar bisa digunakan secara mobile dengan ukuran yang kecil dan cukup ringan untuk diletakkan di pangkuan seseorang ketika digunakan. Sebuah laptop telah terintegrasi dengan sebagian besar komponen khas seperti halnya komputer desktop, contohnya layar monitor, keyboard, perangkat penunjuk yang dikenal juga sebagai trackpad, speaker dan baterai yang telah disusun pada satu unit kecil yang ringan. Baterai yang bisa di charge seperti laptop ini biasanya menyimpan energi untuk digunakan selama dua sampai tiga jam dalam keadaan awal, Hal ini tergantung pada konfigurasi dan manajemen daya laptop itu sendiri.

Untuk laptop yang berukuran besar dan berbentuk seperti notebook biasanya memiliki ketebalan antara 0,7-1,5 inci (18-38 mm) dan dimensi mulai dari 10x8 inci (27x22cm, 13 "layar) untuk 15x11 inci (39x28cm, 17" layar) ke atas. Berat laptop modern sekitar 3-12 pound atau 1,4-5,4 kg, laptop yang usianya lebih tua biasanya terasa lebih berat. Kebanyakan laptop sekarang ini dirancang dalam bentuk flip untuk melindungi layar dan keyboard ketika layarnya ditutup. MG