Setting GPRS Simpati

19 Oct 2011 11:00 | Hits: 3209

Setting GPRS Simpati Ternyata Cukup Mudah Lho

Setting GPRS Simpati Ternyata Cukup Mudah Lho

Sebagai salah satu operator seluler ternama dan tertua di Indonesia, Simpati yang didukung oleh jaringan Telkomsel menawarkan kemudahan pengiriman dan penerimaan data dengan jangkauan hingga ke pelosok daerah di seluruh Indonesia.

Untuk menggunakan fitur pengiriman dan penerimaan data secara wireless melalui ponsel, Anda dapat menggunakan layanan General Pocket Radio Service atau yang lebih dikenal dengan GPRS. GPRS adalah sebuah teknologi layanan data secara wireless lebih cepat dibandingkan dengan teknologi Circuit Switch Data (CSD) melalui komputer konvensional.

Sebenarnya Paseban pernah membahas artikel mengenai cara setting GPRS Telkomsel, baik untuk setting GRPS Simpati, kartu AS maupun kartu Halo. Pada artikel kali ini, Paseban lebih menekankan bagaimana cara setting GPRS Simpati, meningat jumlah pemakai kartu Simpati lumayan banyak.

Sebelum melakukan setting GPRS Simpati sebaiknya Anda memastikan kartu simpati Anda masih memiliki pulsa minimum 500 rupiah. Selanjutnya Anda harus melakukan registrasi sebagai pelanggan GPRS melalui sms dengan format GPRS nomor kartu, contohnya GPRS 6210012345678 dan kirimkan ke nomor 6616. Sms ini akan dikenakan biaya Rp. 350/ SMS.

Nomor kartu yang dimaksud adalah nomor ICCID (Integrated Circuit Card Identification) yang terdapat di belakang chip kartu Simpati dan terdiri dari 16 digit nomor. Berikutnya Anda mendapatkan sms balasan yang memberitahukan bahwa proses aktivasi akan dilakukan dalam jangka waktu maksimal 48 jam. Bila aktivasi telah berhasil dilakukan maka Anda akan mendapatkan sms notifikasi dari 6616.

Jika proses aktivasi belum berhasil, Anda bisa melakukan setting GPRS Simpati pada ponsel Anda secara manual dengan membuka menu Connection Setting. Langkah selanjutnya isikanlah pada kolom Connection Name dengan " APN Telkomsel" dan kolom Data Bearer dengan "GPRS".

Langkah selanjutnya untuk setting GPRS Simpati adalah mengisikan kolom Acces Point Name (APN) dengan "Telkomsel", kolom Username dengan "WAP", dan kolom Prompt Password dengan "No". Pada kolom Password Anda harus memasukkan kode "WAP123" dengan Authentication pada setingan "Normal".

Pada kolom Homepage isikan website resmi dari WAP Telkomsel yaitu "http://wap.telkomsel.com". Pada kolom WAP Gateway isikan nomor IP address-nya yaitu "10.1.89.130" dengan Port standart "9201" dan Proxy "8000".

Kini setting GPRS Simpati Anda telah selesai. Untuk menggunakan layanan GPRS pastikan Anda berada di wilayah yang memiliki layanan GPRS dan pastikan setting ponsel Anda menggunakan APN Telkomsel. Pada artikel selanjutnya, Paseban akan membahas bagaimana cara setting GPRS untuk operator yang lain, seperti XL, Indosat, AXIS dan Three.EK