Kejahatan Internet

19 Oct 2011 10:00 | Hits: 3212

Waspadai Kejahatan Internet Mengintai Anda

Waspadai Kejahatan Internet Mengintai Anda

Tidak ada definisi formal dari kejahatan komputer atau kejahatan internet. Namun, jenis kejahatan internet ini dapat digambarkan sebagai suatu kegiatan di mana komputer atau Internet digunakan untuk tujuan kriminal. Sederhananya, ini merupakan pelanggaran yang melibatkan penggunaan komputer atau Internet.

Dalam beberapa tahun terakhir, ledakan perangkat, platform dan aplikasi telah membantu konsumen untuk tetap terhubung dalam kehidupan sehari-hari mereka. Menurut Norton Cybercrime Report 2011, 28 persen dari warga Singapura mengatakan bahwa mereka tidak bisa hidup tanpa internet, sementara 69 persen nya mengakses internet melalui perangkat mobile mereka.

Untuk pertama kalinya, laporan Norton telah mengungkapkan bahwa 20 persen dari onliner Singapura (dua kali lipat dari angka global), telah mengalami kejahatan internet alias cyber crime pada ponsel mereka. Nyatanya ancaman digital tidak lagi terbatas pada PC tetapi ada di seluruh platform dan di antaranya pada perangkat mobile.

Ancaman yang berkembang dan kurangnya kesadaran dan perlindungan terhadap mereka adalah beberapa alasan utama di balik meningkatnya jumlah korban kejahatan internet. Salah satu jenis kejahatan internet yang paling umum adalah melalui virus komputer atau malware, diikuti oleh predator seksual online dan penipuan online. Konsumen sering melupakan hal-hal sederhana, seperti memiliki password yang kuat, backup data secara teratur, menggunakan koneksi wireless yang aman atau mempertanyakan keaslian aplikasi gratis. Dan yang mengkhawatirkan, 42 persen dari orang dewasa tidak memiliki security software yang up-to-date.

Kejahatan internet adalah nyata dan tidak berbeda dari kejahatan offline. Jika dalam dunia nyata, kita selalu berhati-hati tentang berbagi informasi pribadi kita atau dalam berkomunikasi dengan orang asing; maka aturan yang sama harus berlaku ketika kita berinteraksi di dunia maya. Online yang aman adalah dengan menjaga akun pribadi dan tetap waspada pada setiap informasi yang Anda temukan di internet.

Selain harus waspada, konsumen juga dapat mencari perlindungan dari solusi keamanan mobile seperti Norton Mobile Security untuk Android Lite. Software ini menghilangkan ancaman ponsel sebelum mereka dapat menyebabkan kerusakan dengan mendeteksi dan menghapus ancaman dan file yang dilarang tanpa mempengaruhi kinerja kerja.

Selain memindai ancaman di semua file yang ada dan update aplikasi, Norton Mobile Security Lite juga secara otomatis men-download dan menginstal security update untuk tetap selangkah lebih maju dari penjahat internet. Hal ini menawarkan keuntungan tambahan dari jarak jauh penguncian perangkat mobile jika mereka hilang, dicuri atau memiliki kartu SIM dihapus. ND