Cara Membuat Screensaver Sendiri

07 Feb 2013 15:30 | Hits: 6170

Inilah Cara Membuat Screensaver Sendiri dengan Slide Show Foto Anda pada Perangkat Komputer

Inilah Cara Membuat Screensaver Sendiri dengan Slide Show Foto Anda pada Perangkat Komputer

Screensaver memang tidak terlalu penting bagi Anda, namun screensaver sudah tertanam di komputer Anda. Bagi Anda yang menyukai screensaver mungkin ingin bagaimana caranya agar tampilannya lebih indah. Dengan adanya tampilan screensaver ini perangkat komputer Anda akan telihat lebih bagus. Sebab, tampilan default bawaan dari laptop atau dari Windows itu terlihat kurang menarik. selain itu, dengan adanya screensaver ini, Anda tidak akan monoton pada satu warna atau foto, tetapi dari berbagai foto dan warna. Dengan itu, maka tampilan komputer Anda akan terlihat lebih menarik.

Sesuatu akan telihat lebih memuaskan jika dilakukan sendiri, termasuk dalam membuat screensaver. Sebab, dengan hasil sendiri itu, Anda bersusah payah untuk bisa menyelesaikannya. Banyak waktu dan pengorbanan yang diluangkan untuk membuatnya. Sehingga, ketika suatu hal itu selesai maka akan membuat puas pemiliknya.

Maka dari itu, kini Paseban akan memberikan suatu cara membuat screensaver sendiri pada komputer. Dilakukan pada komputer karena perangkat ini menjadi salah satu pilihan seseorang ketika bekerja. Cara ini hanya bisa dilakuakan pada Windows XP dan vista. Simak langkah-langkah berikut ini
Cara Mengatur Screensaver pada Windows XP :

  • Anda harus mempersiapkan komputer yang akan diubah screensavernya. Selain itu, komputer Anda harus sudah terinstall dengan Windows XP. Dengan hal itu maka akan mempercepat proses pembuatannya.

  • Kemudian, Anda siapkan berbagai foto yang akan dijadikan screensaver. Untuk foto, Anda dapat memilih dalam berbagai event. Tujuanya agar screensaver tersebut akan terlihat lebih menarik. Untuk manambah menarik, Anda perlu menyesuaikan event tersebut. Jadi, antara event yang satu harus berhubungan atau ada kesesuaian dengan foto yang lainnya.

  • Setelah itu, foto-foto tersebut Anda kumpulan dalam suatu folder. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pembuatannya. Jadi, Anda tidak perlu lagi pusing mencari foto tersebut.

  • Pada bagian desktop komputer, Anda perlu melakukan klik kanan pada semua bagian. Lalu, Anda dapat memilih display properties. Setelah memilih bagian tersebut, Anda akan di munculkan beberapa pilihan yang perlu untuk di pilih. Adapun bagian atau item yang Anda pilih adalah the screensaver tab.

  • Pada tahapan ini, Anda juga di munculkan beberapa bagian. Adapun bagian yang perlu Anda pilih adalah screensaver. Lalu, Anda masuk pada bagian my picture slideshow. Jadi, sesuai dengan tulisannya, Anda dapat mengambil foto yang pada komputer. sebab, pada tulisan tersebut menggunakan kata my.

  • Karena posisi Anda adalah mengganti maka perlu adanya suatu pengaturan pada screensaver Anda. Maka, Anda pilih bagian setting pada pilihan yang ada pada menu my picture slideshow.

  • Pada bagian setting ini, Anda dapat mengatur berbagai pilihan yang ada di dalamnya. Jadi, pada bagian tersebut ada beberapa pilihan pengaturan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Cara Mengatur Screensaver pada Windows Vista :

Windows vista merupakan Windows sebelum di rilisnya Windows XP. Windows ini memiliki berbagai kelebihan yang ada di dalamnya. Namun, di balik kelebihan itu juga terdapat kekurangan. Adapun salah satu kelebihan Windows vista ini adalah pada screensavernya. Jadi, pengaturan pada Windows ini akan lebih mudah daripada Windows XP.

Jadi, pada Windows vista ini, Anda tidak perlu untuk lagi untuk menggunakan software. Jadi, Anda tidak perlu lagi untuk mendownload dari internet. Selain itu, Anda tidak perlu lagi meluangkan waktu lagi untuk search pada google atau pada mesin pencari lainnya. Cara ini hanya dilakukan pada desktop Anda. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Pilihlah beberapa foto yang ingin dijadikan sebagai screensaver dalam suatu folder sendiri. Kemudian, Anda simpan di My Picture.

  • Anda masuk ke halaman desktop komputer. lalu, klik kanan dan pilih Properties.

  • Dari halaman tersebut akan tampak beberapa pilihan. Adapun yang harus Anda pilih adalah screensaver. Untuk dapat memilih gambar sendiri, Anda pilih tAnda panah kecil.

  • Kemudian, Anda pilih gambar atau foto yang ingin Anda tampilkan pada My Picture.

  • Terakhir, Anda pilih Apply untuk memunculkannya pada desktop PC. Sedangkan untuk melihat terlebih dahulu sebelum di munculkan, Anda pilih Preview

Bagaimana? Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk membuat screensaver impian Anda. [TFK]