Cara Menggunakan Google Maps

05 Feb 2013 22:00 | Hits: 24100

Fitur Rahasia dan Cara Menggunakan Google Maps

Fitur Rahasia dan Cara Menggunakan Google Maps

Google Maps masih merupakan layanan pemetaan yang paling kuat yang pernah ada. Baik Anda menggunakan Google Maps dalam browser pada desktop Anda, atau sebuah aplikasi pada ponsel Anda. Google Maps dikemas dengan fitur-fitur yang sangat berguna, namun beberapa dari mereka sedikit tersembunyi. Salah satunya adalah kemampuan aplikasi Google Maps yang memungkinkan Anda untuk menemukan arah di komputer dan kemudian dengan cepat melihatnya di ponsel Anda. Berikut ini tips cara menggunakan Google Maps agar dapat mencapai tempat tujuan lebih cepat.

Google Maps Sync

Jika Anda memiliki Google Web History yang diaktifkan, Google Maps sekarang akan mengingatkan arah yang telah Anda cari. Jika Anda mencari arah pada komputer, Anda dapat mengambil ponsel Anda dan melihat pencarian Anda di bawah My Places -> Recent pada aplikasi Google Maps. Anda dapat men-tap arah untuk melihatnya pada ponsel Anda tanpa mengetik lagi nama lokasi. Daftar pencarian arah yang baru-baru ini dicari juga tersedia di situs Google Maps di bawah My Places.

Melihat Traffic Live

Google Maps memungkinkan Anda untuk menampilkan rincian lalu lintas pada peta, dan memungkinkan Anda untuk mengambil arus lalu lintas ke akun Anda ketika merencanakan rute. Namun, data ini tidak tersedia di semua kota di seluruh dunia. Cara menggunakannya juga cukup mudah, arahkan kursor ikon Satellite pada sudut kanan atas tampilan peta Google dan klik Traffic. Fitur ini juga bekerja pada aplikasi mobile.

Mengubah Rute

Jika Anda tidak menyukai rute yang disarankan oleh Google Maps, Anda dapat mengklik setiap titik pada peta dan menariknya ke tempat lain. Ini memungkinkan Anda untuk mengubah rute jika Anda ingin menghindari jalan atau mengambil rute yang lebih indah.

Merencanakan Rute dengan Beberapa Tujuan

Cara menggunakan Google Maps untuk membuat beberapa pemberhentian, yaitu dengan menggunakan tautan Add Destination untuk menambahkan masing-masing tujuan ke dalam daftar. Kemudian Anda bisa drag and drop huruf di sebelah kiri setiap pemberhentian untuk kembali membuat daftar. Google akan memandu Anda ke tiap-tiap pemberhentian dalam urutan yang Anda tentukan, dan juga untuk memilih rute yang lebih efisien.

Menyesuaikan Modus Transit

Arah mengemudi dan berjalan seharusnya tersedia di manapun. Tergantung pada lokasi Anda, mungkin Anda juga memiliki akses ke arah angkutan umum dan bersepeda.

Masing-masing jenis arah akan memilih rute terbaik untuk perjalanan Anda. Anda juga dapat memilih opsi tambahan dengan mengklik tautan Show Option pada halaman tersebut. Misalnya, Anda dapat menghindari jalan raya atau tol saat mengemudi atau memilih jenis angkutan umum seperti bus, atau kereta bawah tanah. Untuk arah bersepeda, Anda akan melihat peta khusus dari lokasi saat ini yang menampilkan jalur bersepeda terbaik di jalur yang berwarna hijau gelap.

Gunakan Google Now

Jika Anda memiliki perangkat Android yang menjalankan Android 4.1 atau yang lebih baru, Google Now yang terintegrasi membuat Google Maps Sync menjadi lebih kuat. Ketika Anda melakukan pencarian arah pada komputer, arah tersebut dan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi akan ditampilkan pada Google Now dengan asumsi Anda telah memiliki riwayat situs yang diaktifkan. Jika Google mengetahui lokasi rumah dan tempat kerja Anda, maka ini akan menampilkan perkiraan waktu dan rute yang harus Anda tempuh untuk sampai ke tempat kerja atau pulang.

Buat Peta Anda Sendiri

Jika Anda memiliki sejumlah lokasi penting, Anda dapat membuat peta Anda sesuai kebutuhan Anda. Cara menggunakan Google Maps agar dapat melakukan hal ini adalah dengan menggunakan tautan Create map di bawah My Places pada situs Google Maps. Anda juga dapat menggunakan tautan Save ke tautan peta ketika melihat lokasi untuk menyimpan lokasi tersebut ke peta. Anda dapat menetapkan nama untuk masing-masing lokasi yang Anda simpan. Selain letak, peta yang disimpan dapat berisi rute yang terlihat sebagai garis di sepanjang peta.

Peta yang disimpan dapat dilihat pada situs atau aplikasi Google Maps di ponsel. Anda juga dapat membagikan peta yang telah Anda simpan dengan orang lain, bahkan memungkinkan mereka untuk mengedit peta tersebut.

Mengedit Lokasi

Jika terdapat informasi yang tidak akurat pada Google Maps, seperti penanda peta yang tidak sesuai posisi atau terdapat perubahan yang belum diperbaharui pada Google Maps, Anda dapat mengedit peta tersebut untuk memperbaiki masalah ini. Cukup gunakan tautan Move Marker, Edit Details, atau Report a Problem di bawah pilihan More ketika melihat lokasi tersebut.

Mencari Tempat Wisata

Jika Anda bepergian ke suatu tempat, atau hanya ingin mencari lokasi menarik, Anda bisa menggunakan Tourist a Path. Ini akan menampilkan taman, situs sejarah dan tempat-tempat menarik lainnya pada tampilan Google Maps.

Mencari Koordinat GPS

Untuk menentukan koordinat lokasi yang tepat, Anda dapat menggunakan alat Latitude and Longitude dari iTouchMap. Anda dapat memasukkan sebuah alamat untuk melihat koordinat garis lintang dan garis bujurnya, melihat garis lintang dan garis bujur setiap titik pada peta, atau memasukkan koordinat dan melihatnya pada peta Google. [RIC]