Touchpad

14 Oct 2011 16:30 | Hits: 11200

Tips dan Trick Mengatasi Touchpad yang Tidak Responsif pada Laptop

Tips dan Trick Mengatasi Touchpad yang Tidak Responsif pada Laptop

Bagi Anda yang memiliki notebook atau netbook mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu bagian perangkat elektronik yang bernama touchpad. Fungsi touchpad sebenarnya sama dengan mouse pada komputer PC yaitu bagian dari perangkat yang berguna untuk menggerakkan kursor.

Tidak seperti mouse konvensional yang ketika tidak responsif ataupun rusak bisa diganti, touchpad yang tidak responsif pada sentuhan tangan Anda bisa menjadi masalah besar. Apalagi bila Anda tidak memiliki mouse konvensional sebagai cadangan. Bisa-bisa laptop Anda harus menginap di tukang service.

Mungkin sebagian dari Anda tidak mengetahui bahwa sebenarnya ada satu hal mendasar yang bisa Anda coba lakukan ketika touchpad Anda tidak merespon yaitu dengan menekan tombol FN + F7. Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktikan perangkat touchpad.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk beberapa merek komputer memiliki beberapa tombol berbeda untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad, antara lain komputer Mac menggunakan "F2", komputer Acer menggunakan "F7", komputer Toshiba menggunakan "F9", komputer Asus menggunakan "F3" atau "F7", komputer Dell menggunakan "F7", dan komputer Lenovo menggunakan F6.

Untuk mengenali tombol mana yang akan dipakai Anda bisa melihatnya pada deretan tombol yang memiliki gambar seperti mouse atau touchpad. Tombol itulah yang harus ditekan bersamaan dengan tombol FN. Kemungkinan Anda bisa tidak sengaja menekan kedua tombol ini sehingga touchpad menjadi tidak aktif.

Namun bila touchpad masih tidak responsif, cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut:

  1. Mencabut semua mouse eksternal yang tersambung dan me-restart ulang laptop Anda. Kemungkinan touchpad tidak berfungsi karena ada tumpang tindih pada perangkat untuk menggerakkan kursor.

  2. Gunakan System Restore. Menu ini digunakan untuk mengembalikan setiap perubahan yang disengaja ataupun tidak disengaja Anda lakukan hingga seminggu sebelumnya.

  3. Menghapus driver touchpad dan meng-install-nya kembali. Dengan menghapus driver touchpad dan meng-install-nya kembali memungkinkan laptop Anda untuk mendeteksi perangkatnya sendiri. Biasanya hal ini akan membuat laptop Anda melakukan restart hingga dua kali, yang satu untuk meng-uninstall driver dan yang satunya lagi untuk menyelesaikan instalasi ulang.

  4. Membuka BIOS. Dengan membukanya Anda dapat mengembalikannya ke pengaturan setting default yang telah ada sebelumnya.

Namun bila touchpad masih tidak responsif, mungkin memang telah terjadi kerusakan pada perangkat touchpad Anda. Bawalah ke service resmi laptop Anda untuk mendapatkan hasil service yang memuaskan. EK