Daya Listrik Komputer

01 Feb 2013 18:00 | Hits: 9623

Berapa Watt-kah Kebutuhan Daya Listrik Komputer Anda?

Kita semua mengetahui jika komputer membutuhkan tenaga listrik untuk menunjang segala macam aktivitasnya. Namun apakah Anda mengetahui berapa tenaga listrik yang dibutuhkan oleh sebuah komputer? Tampaknya tidak. Berbeda dengan berbagai peralatan elektronik rumah tangga lain yang biasanya mencantumkan berapa watt tenaga yang dibutuhkan, kebanyakan komputer tidak mencantumkan hal tersebut. Mungkin hal tersebut wajar saja mengingat daya yang dibutuhkan oleh sebuah komputer akan bervariasi tergantung apa yang sedang dilakukan oleh komputer tersebut. Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu kebutuhan daya listrik komputer tersebut berdasarkan jenisnya.

Desktop PC

Seperti yang mungkin sudah Anda bayangkan, sebuah desktop PC membutuhkan tenaga listrik yang jauh lebih banyak dibanding laptop atau jenis komputer yang lainnya. hal tersebut rasanya sangat pantas mengingat sebuah desktop komputer terdiri dari berbagai macam komponen yang membutuhkan tenaga besar.

Jika dikalkulasikan, maka sebuah komputer yang memiliki prosesor Intel dual-core dan beberapa komponen umum lainnya akan memakan tenaga listrik sebanyak 50 watts ketika tidak digunakan (idle) dan sekitar 100 watt ketika sedang Anda gunakan. PC dengan prosesor tipe lama akan memakan tenaga listrik yang lebih sedikit. Selain itu, prosesor AMD juga akan memakan listrik yang lebih sedikit dibandingkan dengan prosesor buatan Intel.

Komponen yang biasanya memakan listrik paling banyak adalah kartu grafis (video card). Biasanya sebuah kartu grafis akan menambah konsumsi listrik komputer sebanyak 10 - 30 watt ketika idle, dan akan menambah konsumsi hingga 50 - 250 watt ketika sedang digunakan.

Jika dibandingkan dengan berbagai perangkat rumah tangga yang lain, sebuah komputer masih dapat disebut hemat listrik. Pasalnya, beberapa peralatan elektronik seperti setrika, hair dryer, dan mesin cuci dapat menghabiskan energi listrik hingga 2000 watt.

Laptop

Sebuah laptop tentunya akan memakan energi yang lebih sedikit ketimbang desktop. Prosesor dan video card yang terdapat di laptop biasanya memakan energi jauh lebih sedikit ketimbang desktop mengingat power adaptor laptop biasanya berkekuatan tidak lebih dari 130 watt. Tentunya, sebuah netbook atau ultrabook akan memakan tenaga yang jauh lebih kecil ketimbang laptop biasanya.

Ketika dalam keadaan idle, sebuah netbook dan ultrabook biasanya hanya menghabiskan tenaga listrik sekitar 20 watt, sementara sebuah laptop game hanya akan menghabiskan daya sekitar 40 - 50 watt. Tenaga listrik yang dikonsumsi tersebut mungkin semakin hari akan semakin berkurang mengingat prosesor dan video card yang baru semakin hemat dalam penggunaan sumber daya listrik.

Kesimpulan

Sekarang, mari kita coba kalkulasikan penggunaan energi listrik oleh sebuah komputer dalam berbagai keadaan. Jika Anda menggunakan sebuah laptop berukuran 15.6” dengan sebuah prosesor Intel masa kini, maka laptop Anda akan memakan energi sekitar 20 sampai 40 watt ketika idle dan tidak lebih dari 65 watt ketika sedang digunakan. Sementara untuk melihat konsumsi listrik ketika sedang melakukan charging baterai, maka cukup lihat informasi yang terdapat di adaptor laptop Anda.

Jika Anda menggunakan sebuah monitor eksternal bersama laptop Anda, maka itu akan menambah sekitar 25 watt. Tapi hal tersebut tidak berlaku jika Anda menggunakan monitor yang lebih besar dari 24” karena monitor tersebut akan memakan energi listrik dari mulai 50 watt hingga 100 watt.

Selanjutnya, sebuah komputer desktop akan memakan energi tergantung kepada hardware yang digunakannya. Sebuah desktop dengan prosesor dual-core dasar plus kartu grafis yang terintegrasi akan memakan sekitar 50 watt ketika idle dan 125 watt ketika sedang digunakan. Jika komputer tersebut ditambah kartu grafis kelas menengah seperti Radeon HD 7750 maka konsumsinya menjadi 75 watt di waktu idle dan 200 watt ketika digunakan. Sementara jika komputer tersebut memiliki kartu grafis kelas atas seperti GTX 680, maka konsumsinya adalah 100 watt ketika idle, dan 350 atau lebih watt ketika digunakan.

Dengan estimasi seperti itu, maka Anda dapat menentukan komputer apa yang cocok untuk digunakan di rumah Anda agar tidak membebani biaya listrik rumah Anda dan juga sebagai bentuk dari penghematan energi dan go green. [GAN]