GPRS

13 Oct 2011 12:00 | Hits: 3790

Pengertian, Sejarah, dan Perkembangan Jaringan GPRS

Pengertian, Sejarah, dan Perkembangan Jaringan GPRS

Sebagian dari Anda mungkin sudah mengetahui apa yang dinamakan dengan GPRS. Namun, kali ini Paseban ingin mencoba mengulas sedikit tentang maksud dan fungsi dari GPRS itu sendiri.

GPRS yaitu singkatan dari General Packet Radio Servis. GPRS merupakan sebuah teknologi transmisi data GSM yang digunakan untuk pelayanan data tanpa kabel (wireless) dan pelayanan multimedia seperti pada internet. Dengan adanya GPRS, Anda bisa melakukan pertukaran data dengan kecepatan mencapai 171.2 Kbps didukung aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.

Munculnya GPRS tidak terlepas dari penemuan teknologi terdahulu dengan generasi 1G dan 2G. Baru setelah itu muncul lah ide pencetusan penemuan GPRS yang bertujuan untuk memperbaiki cara kerja, meningkatkan kemampuan dan efisisensi dari teknologi yang sebelumnya. Dengan berkembangnya teknologi komunikasi, penemuan GPRS ini pun terus berkembang sampai muncul lagi generasi berikutnya yang dinamakan 3G, 3,5G dan 4G.

Dengan adanya GPRS, para operator network GSM pun dapat memberikan pelayanan yang kompetitif. Di mana dalam melakukan pertukaran data, mereka menawarkan layanan data dengan laju bit lebih tinggi bertarif rendah. Tentu saja sistem jasa pelayanan yang mereka berikan menjadi menarik.

Keuntungan dari teknologi ini yaitu Anda akan selalu terhubung atau connected dan bisa selalu online. Namun, Anda akan dikenai biaya sesuai dengan besarnya transmisi data yang Anda gunakan.

Adapun data yang dikirim atau diterima dengan menggunakan jaringan transmisi GPRS merupakan data digital yang tidak terbatas oleh jarak. Di antara perangkat yang menggunakan GPRS yaitu PDA, ponsel yang mendukung adanya fitur GPRS, dan modem broadband.

Di antara keunggulan GPRS yaitu Anda dapat melakukan transfer data dalam bentuk paket data yang berkaitan dengan email, data berupa gambar (MMS), Wirelees Aplication Protocol (WAP), dan Word Wide Web (WWW). Kemudian Anda dapat mengakses rangkaian LAN, mengakses internet. Anda juga dapat men-download atau meng-upload file.

Selain memiliki kelebihan, GPRS pun memiliki kekurangan. Di antara kekurangan GPRS yaitu terbatasnya kecepatan dalam mengakses data, modulasi yang tidak stabil, kadang-kadang koneksi terputus dengan sendirinya dan tidak ada media untuk penyimpanan. RF