Port VGA

31 Jan 2013 20:00 | Hits: 4616

Perbedaan Port VGA, DVI, dan HDMI

Perbedaan Port VGA, DVI, dan HDMI

Ketika Anda membeli sebuah komputer baru, salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah mengecek port yang didukung oleh komputer tersebut. Salah satunya adalah tentu port yang dapat Anda sambungkan ke monitor atau ke proyektor di sekolah atau di kantor Anda.

Hal tersebut sangat penting untuk Anda perhatikan karena terdapat banyak sekali port yag dapat digunakan untuk menyambungkan video. Pasalnya, hingga saat ini tidak ada standar tertentu untuk port video yang dapat Anda gunakan. Sekarang saja terdapat tiga macam port video yang bisanya hadir di komputer, yaitu port VGA, DVI, dan HDMI.

Ketiga jenis port tersebut mungkin tampak familiar jika Anda sering berkecimpung di dunia komputer. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui perbedaannya, pada artikel kali ini paseban akan mengulas perbedaan dari ketika port tersebut.

VGA

VGA yang merupakan singkatan dari Video Graphics Array adalah jenis yang paling terkenal. Hal tersebut sangatlah wajar mengingan VGA telah ada sejak tahun 1987. Walaupun tampak sudah ketinggalan jaman, namun VGA masih banyak ditemukan di berbagai komputer baru. Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya proyektor atau sambungan video lain yang masih menggunakan port VGA sehinnga para produsen komputer belum bisa melepaskannya.

Kabel VGA merupakan komponen utama yang menyalurkan sinyal. Karena menggunakan frekuensi tinggi, maka VGA ini dapat mendukung berbagai macam resolusi. Sayangnya, kualitas video yang dihasilkan biasanya tergantung kepada jenis kabel yang digunakan. Sehingga bukan hal yang aneh jika Anda menemukan perbedaan kualitas gambar jika Anda menggunakan berbagai macam kabel yang berbeda-beda.

Konektor VGA terdiri dari lima belas pin yang terbagi menjadi tiga baris dengan pola yang khas. Walaupun tidak ada aturan baku mengenai warna portnya, namun kebanyakan produsen membuat port dan konektor VGA dengan warna biru.

DVI

DVI dapat disebut sebagai penerus dari VGA. Konektor DVI banyak terdapat di komputer yang memiliki kartu grafis dan resolusi yang tinggi. Namun walaupun semakin hari semakin banyak komputer yang menggunakannya, kepopuleran VGI masih kalah jauh jika dibandingkan dengan VGA.

Selain itu, DVI memiliki berbagai macam jenis konektor yang berbeda-beda sehingga akan membuat Anda bingung. Selain tipe DVI-A, Semua jenis konektor DVI tersebut dapat bekerja dengan baik untuk berbagai jenis video sehingga tidak tergantung kepada jenis kabel yang digunakannya. Hal yang membedakan antara kesemua jenis konektor DVI tersebut adalah layout pin-nya.

Konektor DVI-D memiliki sebuah lempengan di slah satu sisinya, dan tidak ada pin di atas atau di bawah lempengan tersebut. DVI-D ini digunakan khusus untuk mentransmisikan video digital. Sementara itu, konektor DVI-I memiliki kemiripan dengan DVI-D, hanya saja konektor ini memiliki 4 buah pin di sekitar lempengannya. Keempat pin tersebut akan membawa sinyal analog sehingga koektor DVI-I ini dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal digital dan analog sekaligus.

DVI-D dan DVI-I ini memiliki dua jenis konektor yang berbeda, yaitu single link dan dual link. Konektor single link memiliki kumpulan pin yang ‘bolong’ ditengahnya. Sementara dual link memiliki kumpulan pin yang lengkap berjumlah 24 buah dan terbagi menjadi tiga baris. Konektor dual link ini dapat digunakan untuk keperluan resolusi video yang lebih tinggi. Untuk melihat diagram yang lebih lengkapnya, Anda dapat mengunjungi situs Wikipedia.

HDMI

Jika DVI adalah penerus VGA, maka HDMI merupakan penerus dari DVI. Mungkin karena kehadirannya pada banyak televisi berdefinisi tinggi, maka HDMI cukup cepat dikenal oleh masyarakat. Selain kompatibel dengan berbagai macam jenis televisi baru, HDMI juga memiliki ukuran yang cukup kecil jika dibandingkan dengan DVI. Oleh karena itu, hampir semua komputer dan proyektor terbaru pasti memiliki konektor HDMI.

Sama halnya seperti DVI, HDMI juga dirancang untuk mentransmisikan sinyal digital yang tidak terkompresi. Namun, selain mentransmisikan sinyal video, HDMI juga dapat mentransmisikan sinyal audio digital sekaligus. Walaupun terdapat banyak jenis konektor HDMI, namun yang paling sering digunakan adalah konektor Type A yang banyak digunakan di komputer maupun televisi saat ini. [GAN]