tentang kopi

03 Feb 2013 16:00 | Hits: 1299

Cikopi.com - Blog inspiratif yang Berisi Artikel Tentang Kopi untuk Semua Kalangan

Cikopi.com - Blog inspiratif yang Berisi Artikel Tentang Kopi untuk Semua Kalangan

Kopi merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar. Hampir setiap kaum pria menyukai atau bahkan menjadi penikmat minuman satu ini. Ada beberapa jenis kopi di Indonesia begitu juga dilengkapi dengan begitu banyaknya warung kopi yang menyediakan cita rasa yang khas pula. Beberapa kota kita ketahui yang terkenal dengan kopinya misalnya Aceh. Dengan memiliki banyak warung kopi begitu juga dengan penggemarnya. Kopi yang dinikmati oleh semua kalangan umur ini sudah menjadi kebiasaan di kota Aceh ini.

Kali ini kami menemukan sebuah blog yang kontenya berisi dengan konten seputar kopi. Cikopi.com menampilkan dan memberikan pengetahuan dan informasi tentang kopi di Indonesia. Nama cikopi sendiri didapat dari bahasa sunda dimana penemu cikopi tumbuh dengan bahasa sunda yang berarti air kopi. Kenapa dengan blog seputar kopi? Pendiri blog ini hanya secara pribadi mengulas blog ini. Bagi sebagian orang yang menjadikan ini sebagai perjalanan spiritual. Selain berisi tentang artikel tentang kopi, Cikopi juga menceritakan kekayaan atau kepuasan dari pengembaraan kopi dengan tulus, sehingga muncul istilah untuk perjalanan spiritual tersebut. Pada cikopi.com ini kita tidak akan menemukan istilah-istilah yang asing atau ahli. Untuk Pak Toni sendiri sebagai pendiri blog ini tidak ahli dalam bidang kopi, baginya kopi dianggap sebagai ritual. Kopi menjadi petualangan pribadi untuk mengeluarkan kegilaannya.Gambar yang terdapat pada blog kita dapat melihat kenikmatan dibalik segelas cangkir atau biji-biji kopi yang begitu hitam dan padat. Secara singkat blog ini mengajak kita untuk menikmati salah satu minuman kebanggan Indonesia dengan berbagai macam jenisnya dan bebrapa diantaranya menjadi kopi terbaik di dunia, berikut yang dilansir pada cikopi.com .

Pada tampilan blog ini sendiri memiliki tampilan yang cukup nyaman dimata kita, sangat mengesankan keindahan kopi itu sendiri. Pada blog ini juga terdapat artikel kopi yang menceritakan pengalaman dari Pak Toni ini sendiri tentang kopi. Kita dapat melihat bahwa pendiri blog ini juga melakukan perjalan ke luar negeri dan tidak ketinggalan untuk mencicipi kopi dan memberikan ulasannya pada artikel kopi ini. Tidak hanya tentang minuman ini, pada artikel ini juga memberikan artikel terkait dengan mesin yang digunakan dalam pembuatan kopi baik yang berkaitan dengan espresso, grinder kopi,serta aksesoris atau alat yang digunakan.

Pada menu artikel kopi ini juga memberikan kita referensi untuk mengunjungi warung kopi disekitar kita. Dimenu ini memeberikan daftar warung kopi besererta ulasannya yang pernah dikunjungi oleh Pak Toni dari warung kopi di Jakarta, Bandung, Jogja, Kalimantan, Malang, Surabaya, Medan, bahkan sampai keujung Sumatera yaitu Aceh. Bukan hanya itu saja berapa kota diluar negeri juga. Pada konten artikel kopi ini bukan hanya sekedar tulisan, namun dilengkapi dengan gambar secangkir kopi, mesin yang digunakan, sesekali kita juga menemukan kondisi dalam warung kopi tersebut. Pak Toni bukan hanya melakukan kunjungan ke warung kopi tetapi dilengkapi denga kunjungan ke beberapa pabrik kopi.

Di menu Caffelouge kita disambut dengan penjelasan dari caffelouge sendiri yang menyatakan bahwa bagi kita yang baru kali ini ingin berkecimbung didunia kopi, dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik perhatian kita agar lebih antusias untuk terjun mengenali dunia ini. Pada menu ini menampilkan gambar dengan sedikit keterangan mulai dari jenis kopi, alat yang digunakan beserta dengan fungsinya, dan juga proses atau istilah untuk pengerjaan tertentu. Ulusan ini juga membahas alat yang digunakan mulai dari tradisional sampai berteknologi baik didalam maupun diluar negeri.

Blog ini juga memiliki menu acara tentang kopi. Apabila kita mengakses halaman ini maka kita akan disambut dengan jadwal dan juga tempat kegiatan seputar kopi seperti barista akan diadakan. Tetepi disayangkan kalau menu ini tidak update lagi, kita dapat melihat jadwal acara ini hanya berhenti sampai pada Maret 2011. [ANC]