Bluetooth

10 Oct 2011 08:00 | Hits: 2683

Bluetooth dari Masa ke Masa (Part 1)

Bluetooth dari Masa ke Masa (Part 1)

Saat ini sudah banyak perangkat elektronik yang terintegrasi dengan Bluetooth. Sebut saja diantaranya komputer, telepon seluler, PDA (Personal Digital Assistant), headset, kamera, printer, router dan masih banyak lagi. Bluetooth menjadi solusi bagi Anda untuk menghindari penggunaan kabel yang mungkin menyulitkan dan membuat Anda repot saat harus menghubungkan data dari peralatan yang satu ke peralatan lainnya.

Selain mempermudah dalam melakukan pertukaran informasi tanpa melibatkan kabel, Bluetooth juga menawarkan fitur dengan biaya relatif rendah untuk mobile wireless, mudah dalam mengoperasikannya dan mampu menyediakan layanan yang bermacam-macam.

Di antara layanan Bluetooth itu sendiri yaitu mampu melakukan pertukaran informasi dengan jangkauan jarak 10 meter, menyediakan transfer data 720 Kbps dalam range 40 feet, menggunakan gelombang radio yang omni direksional dan dapat menembus dinding. Kemudian Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GDz (antara 2.402 GHz sampai 2.480 GHz) yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host to host Bluetooth dengan jangkauan layanan terbatas.

Nama Bluetooth diambil dari nama seorang Raja Inggris pada abad ke-10, Harald Blatand yang dijuluki Harald Bluetooth. Ia seorang Raja yang berhasil mempersatukan suku-suku yang pada saat itu sedang berseteru, termasuk suku dari wilayah yang sekarang bernama Norwegia dan Swedia. Kemampuan Raja sebagai pemersatu tentunya mirip dengan Bluetooth yang berfungsi untuk menghubungkan berbagai perangkat elektronik.

Bluetooth pertama kali diluncurkan pada bulan Juli 1999 dengan spesifikasi Bluetooth versi 1.0. yang dirancang oleh 5 perusahaan promotor yang terbentuk dengan nama SIG (Special Interest Group), yaitu Ericson, IBM, Intel, Nokia dan Toshiba. Baru pada bulan Desember 1999 dibuat lagi Bluetooth versi 2.0 dengan tambahan 4 promotor, yaitu 3Com, Lucent Technologies, Microsoft dan Motorola. Bahkan saat ini hampir 1800 perusahaan di berbagai bidang bergabung dalam sebuah konsorium sebagai adopter teknologi Bluetooth. Di antara perusahaan-perusahaan terkemuka yang bergabung itu antara lain Compaq, Xircom, Phillips, Texas instrument, Sony, BMW, Puma, NEC, Casio Boeing dan masih banyak lagi perusahaan lainnya.

Mengenai sejarah perkembangan Bluetooth, Paseban sudah pernah membahasanya dalam artikel Teknologi Bluetooth, namun Anda akan mendapatkan review mengenai Bluetooth dan perkembangannya pada artikel Paseban Bluetooth dari Masa ke Masa (Part 2). RF