Wimax

07 Oct 2011 10:00 | Hits: 4627

Mari Kita Mengenal Apa Itu WIMAX

Mari Kita Mengenal Apa Itu WIMAX

WIMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah salah satu teknologi broadband wireless access (BWA) yang digunakan untuk menyediakan akses internet dan layanan multimedia berkecepatan tinggi. WiMAX berada di kategori 4G atau teknologi generasi ke-4, berada sejajar dan bersaing dengan teknologi LTE (Long Term Evolution), dan merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik.

Secara garis besar, sistem kerja WIMAX sama dengan WiFi dimana menyediakan jaringan internet pada suatu area. Namun jika dibandingkan dengan WiFi, WIMAX memiliki wilayah jangkauan yang jauh lebih luas dan kecepatan yang jauh lebih tinggi. Jaringan WiFi disebut Local Area Network (LAN), jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau area yang lebih kecil lainnya.

Sementara jaringan WIMAX disebut Metropolitan Area Network (MAN), yang mana sesuai dengan namanya, jangkauan MAN bisa mencakup area yang cukup luas. MAN biasanya mampu menunjang data, suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

Contoh sederhana dari sistem WIMAX; First Media, perusahaan penyedia layanan TV cable dan internet cable, mengeluarkan produk bernama Sitra yang saat ini baru bisa dinikmati oleh pengguna di wilayah Jakarta. Layanan yang dulu membutuhkan kabel saat ini bisa digantikan dengan teknologi WIMAX, dan jelas lebih murah daripada harus memasang kabel pada setiap pelanggan. WIMAX menggunakan BTS (Base Transceiver Station), yang pada WiFi adalah Router, dan Modem Sitra, yang pada WiFi adalah hardware/Chip WiFi yang tertanam pada perangkat.

Dengan kemampuan jangkauan 30 hingga 50 mil dan kecepatan koneksi maksimal hingga 75 Mbps, WIMAX bisa melayani melayani baik para pengguna dengan antena tetap (fixed wireless) misalnya di gedung-gedung perkantoran, rumah tinggal, toko-toko, dan sebagainya, maupun yang sering berpindah-pindah tempat atau perangkat mobile lainnya. Para pengguna tetap dapat terkoneksi dengan BTS selama mereka berada dalam range frekuensi operasi dari BTS, sama seperti jaringan dari telepon seluler.

Di tanah air sendiri, teknologi 4G, LTE dan WIMAX, masih bisa dibilang "teknologi masa depan" karena pengembangan dan penerapan teknologi ini masih dalam tahap awal dan belum maksimal. Sementara di luar sana para vendor ponsel sudah mulai menggarap smartphone yang mendukung Wimax, seperti HTC EVO 4G dan Samsung Conquer 4G, jadi hanya masalah waktu sebelum WIMAX menjadi populer di kalangan pecinta gadget. Dan tentu saja hal ini juga tergantung pada teknologi 4G manakah, LTE atau WIMAX, yang akan memenangkan persaingan dan menjadi paling populer di tanah air, seperti kasus GSM dan CDMA. RY