Titanium Backup

06 Oct 2011 17:00 | Hits: 3288

Cara Setting Titanium Backup: Back up, Automate Backup, Filtered Backup, dan Restore

Cara Setting Titanium Backup: Back up, Automate Backup, Filtered Backup, dan Restore

Paseban sudah pernah membahas tentang Titanium Backup pada aplikasi rooted Android Smartphone. Satu hal yang Paseban perhatikan dari aplikasi ini adalah multifungsi yang bagus dan setting yang kompleks. Dalam hal setting yang kompleks ini, Paseban merasa perlu untuk menghadirkan satu artikel tips & tricks khusus untuk membahasnya.

Perlu Anda ingat, Titanium Backup adalah aplikasi khusus untuk perangkat Android yang sudah di rooting Android, Anda bisa membacanya pada artikel Paseban sebelumnya.

Backup All Data

Hal pertama setelah men-download aplikasi ini adalah melakukan back up dengan cara:

  1. Jalankan aplikasi Titanium Backup, dan pilih "Allow" apabila "Superuser" menanyakan ijin atas aplikasi ini.

  2. Tap "Menu -> Preferences -> centang pilihan Auto-sync TB settings"

  3. Kembali ke homescreen Titanium Backup dan tap "Menu -> Batch".

  4. Pada tampilan berikutnya ini Anda bisa melihat berbagai macam pilihan proses yang bisa Anda lakukan dengan Titanium Backup. Pada label "Backup" pilih "tombol Run pada Backup all user apps + system data -> pilih Run the batch operation."

  5. Selesai, semua data dari Android Anda sudah ter-back up.

Schedule automate backup

Setelah Anda melakukan back up semua data dari Android Anda, selanjutnya Anda hanya perlu back up aplikasi baru atau aplikasi yang baru saja Anda update. Untuk melakukan hal tersebut Anda tidak perlu memilih dan back up satu-persatu, Titanium Backup bisa melakukannya untuk Anda.

  1. Pada homescreen Titanium Backup pilih "Schedule"

  2. Secara default akan terdapat dua setting pada menu ini, salah satunya adalah "Backup all new apps & newer versions", "enable" pilihan ini. Apabila ingin merubah waktu dari backup otomatis, pilih "Edit".

  3. Untuk menambah schedule pilih "Add new schedule", dan pada schedule yang muncul pilih "Edit". Klik tombol yang tersedia pada bagian paling atas dan Anda bisa melihat schedule apa saja yang bisa Anda buat.

Set up Filtered Backup

Back up bisa mengisi kapasitas SDcard Anda hingga ratusan megabytes, tergantung pada banyak aplikasi yang Anda backup. Apabila kapasitas SDcard Anda terbatas, Anda bisa memilih hanya back up data penting, seperti browser bookmarks, SMS, atau pilihan lainnya. Untuk melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan "Filters."

  1. Pada homescreen Titanium Backup pilih "Menu -> Filters"

  2. Pilih "Create Label" pada bagian bawah layar dan beri nama sesuai keinginan Anda.

  3. Kembali ke homescreen Titanium Backup dan pilih "Backup/Restore". Pilih yang ingin Anda back up lalu tap dan tahan -> pada tampilan yang muncul pilih "Assign Label" dan centang label yang baru saja Anda buat.

  4. Lakukan ketiga langkah di atas untuk setiap data yang ingin Anda back up.

  5. Setelah semua "Assign label" sudah Anda lakukan, pilih tab Schedule -> pada schedule back up Anda pilih "Edit" -> pilih tombol yang bertuliskan "No Filtering" dan pilih label yang Anda buat.

Restore Backup

Melakukan restore dengan Titanium Backup cukup mudah. Untuk restore satu atau beberapa data saja, pilih data pada tab "Backup/restore" -> pilih "Restore." Apabila Anda ingin me-restore semua data, contoh Anda baru saja flash ulang Android Anda, pilih "Menu -> Batch -> pada label restore pilih Restore all missing apps + system data". RY