Browser Firefox

30 Jan 2013 21:00 | Hits: 5043

Cara Mempercepat Browsing di Browser Firefox

Cara Mempercepat Browsing di Browser Firefox

Firefox adalah salah satu browser terbaik, dan juga populer dalam beberapa tahun terakhir. Sebuah browser internet yang baik adalah browser yang dapat memenuhi keinginan penggunanya, yaitu kecepatan dan kemudahan, dan Firefox termasuk yang memenuhi kriteria tersebut. Jangan melihat contoh browser lain yaitu Internet Explorer, yang berjalan di tempat dan belum menuju ke arah pengembangan yang lebih baik. Firefox berbeda dengan browser tersebut, karena Firefox memiliki perkembangan yang cukup baik dari setiap versinya.

Waktu terus berjalan, begitu pula dengan Firefox yang semakin bertambah dewasa. Ini berarti Firefox akan mengubah fitur-fiturnya, tetapi setiap perubahan juga memiliki efek negatif selain efek positif yang diharapkan tentunya. Firefox adalah salah satu browser yang memiliki kecepatan, terutama ketika disandingkan dengan Opera dan Internet Explorer. Namun jika Firefox memiliki kerja yang lebih lamban dari browser internet tersebut, cobalah cara berikut untuk mengatasinya.

Gunakan Speedyfox

Ketika Anda menggunakan dan mengelola Firefox, data Anda akan didistribusi pada profile database. Setiap waktu, pengelolaan tersebut dapat menumpuk dan database akan berjalan dengan lambat, dimana hal ini juga akan menyebabkan Firefox berjalan lambat dibandingkan browser internet lainnya. Ditambah, selalu ada kemungkinan error atau file corruption yang berpengaruh pada database. Speedyfox adalah program yang didesain untuk memperbaiki problem seperti ini dengan menyatukan file database. Jika Anda jarang menggunakan browser ini, maka Anda tidak dapat merasakan perbaikan dari Firefox. Namun jika Anda adalah pengguna Firefox, maka Speedyfox adalah program berukuran kecil yang bisa Anda unduh dan hanya akan mengambil waktu beberapa detik untuk dapat menjalankannya.

Memperhatikan Troublesome Extension

Salah satu kekuatan Firefox adalah ada pada dukungan extension. Tetapi kekuatan ini terkadang dapat menjadi suatu kelemahan. Tidak ada fungsi kontrol dari Firefox untuk memastikan extension bekerja bersamaan, memastikan jika extension bekerja pada setiap versi Firefox, dan bekerja untuk segala hal yang dicakupinya. Tidak mengherankan jika pada suatu waktu extension tersebut dapat menyebabkan crash, mengganggu proses serta performa Firefox itu sendiri. Langkah untuk memeriksa extension yang mungkin saja sumber dari permasalahan tersebut adalah dengan membuka Firefox Safe mode. Klik tombol Firefox, dan pergi ke Help kemudian pilih Restart dengan menon-aktifkan Add-ons. Jika performa browser ini mengalami perbaikan, problem berarti berasal dari extension. Untuk lebih memastikan tanpa mengorbankan semua extension, non-aktifkan extension satu per satu hingga Anda menemukan dengan pasti extension yang menyebabkan masalah. Proses ini memang akan berjalan lama, namun akan efektif jika anda laksanakan.

Memeriksa software lainnya

Kemungkinan lain dalam isu performa Firefox yang melambat adalah intervensi dari program lainnya. Firefox dalam kerjanya, sangat menghindari software anti malware, jadi bisa jadi software anti-malware yang menyebabkan berkurangnya performa Firefox. Tetapi satu kasus tersebut belum tentu menyebabkannya, karena software lain juga dapat berperan dalam melambatkan kinerja Firefox. Untuk mengatasinya, sederhana saja cukup non-aktifkan software anti-malware dan lihatlah apakah hal tersebut telah memperbaiki keadaan. Selain itu, Anda juga perlu memastikan untuk melakukan update pada program plug-in penting seperti Adobe Flash. Versi yang out date dapat mempengaruhi problem performa. Apabila anti-malware adalah penyebabnya, bukalah pengaturan software dan pastikan jika Firefox adalah program yang dapat dipercaya software tersebut. Hal seperti ini dapa memperbaiki masalahnya. Jika belum mengalami perubahan, cobalah untuk meng-uninstall software untuk sementara dan install antivirus alternatif lainnya.

Memeriksa instalasi Firefox

Instalasi browser akan disimpan pada penyimpanan komputer, oleh karena itu bisa saja hard drive menyebabkan Firefox berjalan dengan lambat ketika browser lainnya berjalan cepat. Untuk memastikannya, periksa apakah Firefox ter-install pada hard drive yang sama dengan browser internet lainnya. Jika hal tersebut tidak terjadi, problem pada Firefox mungkin saja disebabkan performa hard drive. Namun jika Firefox tidak berada pada tempat yang sama dengan browser lainnya, reinstall Firefox dan tempatkan pada drive yang sama. [DEAS]