Cara Memperkuat Sinyal Handphone

30 Jan 2013 20:30 | Hits: 32028

Tips Trik dan Cara Memperkuat Sinyal Handphone

Anda tentunya akan merasa kesal dengan kualitas sinyal buruk dari provider yang Anda gunakan saat ini. Tetapi Anda jangan sepenuhnya menyalahkan hal tersebut terhadap kualitas layanan provider yang Anda gunakan, tetapi cobalah Anda tengok tempat Anda tinggal atau tempat Anda saat ini. Jika Anda sedang berada di lepas pantai tentu saja penerimaan sinyal dapat berkurang bahkan menghilang. Selain itu, Anda yang sedang berada di gedung–gedung besar pun seperti mall kadang bisa mengurangi kekuatan sinyal handphone Anda.

Dari beberapa keluhan tersebut, ada beberapa cara memperkuat sinyal, baik itu untuk memperkuat sinyal CDMA ataupun penguat sinyal GSM. Paseban akan memberikan tips dan triknya agar Anda tidak mengeluhkan dengan jaringan yang selalu low. Berikut lima cara memperkuat sinyal handphone

Pertama Anda bisa mencoba menggunakan alumunium foil ataupun bahan logam yang mengandung alumunium. Jika Anda memiliki logam tersebut, cobalah gunting dengan ukuran yang tidak menutupi seluruh handphone Anda, kira - kira 3 x 5 cm pun sudah cukup untuk dipasang dibelakang handphone Anda atau sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk diketahui, alumunium selain penghantar listrik yang baik, logam ini juga mampu untuk menerima gelombang radio dengan sangat baik, sehingga dapat menguatkan sinyal pada handphone Anda. Pasangkan alumunium tersebut dibalik baterai handphone Anda dan silahkan Anda coba apakah cara tersebut memperkuat handphone Anda.

Jika masih gagal, cara kedua adalah dengan menggunakan kawat tembaga yang dibentuk spiral. Untuk ukuran dan panjangnya bisa Anda sesuaikan dengan handphone Anda. Jika Anda sudah memilikinya cobalah untuk memilinnya di handphone Anda dari ujung bawah ke ujung atas atau sebaliknya. Sekarang coba cek kualitas sinyal Anda, karena tembaga juga merupakan penerima sinyal yang baik untuk memperkuat sinyal handphone Anda. Sayangnya, jika Anda menggunakan cara ini tentunya akan mengganggu aktivitas Anda untuk menekan tombol ataupun menyentuh layar touchscreen Anda. Menggunakan kawat tembaga yang dipilin cocok bagi smartphone yang bisa dijadikan sebuah sumber hotspot internet (Tethering hotspot).

Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan gelas kaca atau gelas berbahan logam seperti seng. Perabotan rumah tangga ini tentunya sangat mudah ditemui dan sering Anda gunakan untuk minum. Cobalah dengan menyimpan handphone Anda di gelas tersebut dan buktikan. Gunakan gelas yang memiliki diameter yang besar dari handphone Anda. sinyal yang diterima dari handphone Anda akan bertambah, hanya saja tidak terlalu kuat tetapi sinyal yang didapatkan terbilang stabil. Kekurangannya setiap Anda mengirim SMS atau messenger tentunya harus selalu diletakkan di gelas tersebut, dan lebih repotnya lagi jika Anda berusaha untuk menelepon seseorang dengan menggunakan gelas tersebut, tentu membuat Anda ribet sendiri.

Cara keempat dengan cara memasangkan handsfree atau headset ke handphone Anda. Dengan menggunakan handsfree atau headset tentunya akan menambah sinyal provider yang Anda gunakan. Jika Anda sering mendengarkan radio menggunakan handphone tentu akan mengetahui alasannya mengapa harus selalu dicolokkan handsfree-nya walaupun saat ini ada beberapa handphone yang bisa menyalakan radio tanpa menggunakan handsfree. Dengan menggunakan handsfree atau headset, sinyal yang diterima tidak hanya melalui antenna handphone, tetapi disalurkan oleh handsfree Anda untuk mendapatkan jumlah sinyal yang lebih banyak lagi.

Cara terakhir yaitu kelima adalah dengan membeli stiker penguat sinyal handphone yang kini sudah banyak dijual oleh para pengecer dan di konter–konter tempat Anda membeli pulsa. Harganya bervariasi tetapi fungsinya sama–sama untuk memperkuat sinyal. Cukup Anda tempelkan saja di bagian belakang handphone Anda dan bisa Anda rasakan kekuatan sinyal yang di dapat. Stiker ini pun masih dianggap hanya trik pedagang, tetapi beberapa peneliti memang sudah banyak yang melakukan penelitian dengan membuat stiker penguat sinyal handphone.

Dari kelima cara tersebut, bisa Anda coba satu per satu, karena alat - alatnya pun terbilang sederhana dan dapat Anda temukan dimana saja. Silahkan dicoba! [PNJ]