WCDMA

29 Sep 2011 09:00 | Hits: 31260

WCDMA dan CDMA, Serupa Tapi Tak Sama

WCDMA dan CDMA, Serupa Tapi Tak Sama

Pada spesifikasi perangkat ponsel, Anda pasti pernah menemukan istilah WCDMA pada kategori network atau jaringan. Karena kemajuan teknologi saat ini yang memungkinkan terciptanya sebuah ponsel untuk berjalan pada dua jaringan GSM dan CDMA, adanya WCDMA pada spesifikasi sebuah ponsel ini diartikan oleh beberapa orang bahwa ponsel tersebut dual-on atau dual -SIM GSM-CDMA. Pada artikel ini Paseban ingin meluruskan salah pengartian akan WCDMA tersebut.

WCDMA, atau biasa ditulis Wideband-CDMA atau W-CDMA, adalah singkatan dari Wideband Code-Division Multiple Access, sebuah standar yang ditentukan oleh ITU (International Telecommunication Union, salah satu badan PBB yang menangani masalah teknologi informasi dan telekomunikasi). WCDMA juga memiliki nama resmi lain yaitu IMT-2000 direct spread.

WCDMA merupakan teknologi generasi ketiga (3G) untuk GSM. Nama lain dari teknologi WCDMA, yang pasti lebih sering Anda dengar, adalah UMTS (Universal Mobile Telecommunication System).

Dari nama memang Wideband Code-Division Multiple Access (WCDMA) mirip dengan Code-Division Multiple Access (CDMA). Namun dari segi kemampuan, WCDMA mendukung mobile/portable voice, gambar, data, dan komunikasi video hingga 2 Mbps (local area access) atau 384Kbps (wide area access). WCDMA memiliki range frekuensi yang lebih luas yaitu 5 MHz, sementara CDMA hanya 200 KHz.

Jadi bila sebuah ponsel menampilkan spesifikasi WCDMA, artinya ponsel tersebut berfitur 3G dan tetap hanya bisa bekerja pada jaringan GSM atau hanya bisa dipakai dengan kartu SIM dari operator GSM. Spesifikasi WCDMA tidak berarti ponsel tersebut bisa dipakai untuk operator CDMA, karena memang bukan peruntukannya.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang teknologi 3G dan UMTS, silakan kunjungi artikel macam-macam jaringan yang pernah Paseban ulas. RY