WiFi

25 Sep 2011 13:00 | Hits: 37865

Cara Koneksi ke Jaringan WiFi yang Tersedia

Cara Koneksi ke Jaringan WiFi yang Tersedia

Saat ini, untuk tersambung dengan jaringan internet, Anda bisa melakukannya di mana saja dengan adanya berbagai jaringan nirkabel atau yang biasa disebut WiFi (wireless fidelity) atau hotspot yang banyak tersedia di beberapa tempat. Sebenarnya untuk menghubungkan peralatan elektronik Anda ke jaringan nirkabel atau WiFi hotspot cukup sederhana, meskipun ada perbedaan antara sistem operasi yang berbeda.

Kali ini Paseban akan membantu Anda untuk mengatur peralatan elektronik Anda yang berbasis Windows XP, Vista / 7, atau Mac sehingga Anda dapat menghubungkan ke jaringan nirkabel WiFi untuk akses Internet atau untuk berbagi file melalui jaringan nirkabel WiFi ini.

Sebelum Anda memulai, Anda harus memastikan beberapa hal yaitu:

  • Sebuah adaptor jaringan nirkabel untuk laptop Anda (atau built-in nirkabel pada perangkat portable yang berbeda). Jika Anda tidak memiliki built in nirkabel pada perangkat elektronik, Anda dapat membeli adaptor USB nirkabel atau kartu PC yang dapat dengan mudah diinstal.

  • Pastikan Anda memiliki firewall yang terpasang dan update antivirus terbaru dan patch sistem operasi, terutama jika jaringan Anda terhubung ke jaringan umum.

  • Jika jaringan WiFi diamankan dengan password atau administrator telah menyembunyikan nama jaringan (SSID) dari disiarkan, Anda akan perlu mengetahui informasi itu juga untuk bisa terhubung.

Berikut ini langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan koneksi pada jaringan WiFi.

  • Cari ikon jaringan nirkabel pada komputer Anda (pada Windows, Anda akan menemukan ikon yang tampak seperti gambar 2 komputer di taskbar Anda di kanan bawah, Mac akan memiliki simbol nirkabel di kanan atas).

  • Lihat jaringan WiFi yang tersedia dengan mengklik kanan ikon dan memilih "View Available Wireless Networks" (Windows XP) atau kiri-mengklik ikon dan memilih untuk "Connect atau putuskan ..." (Windows Vista). Di Mac OS X dan Windows 7, yang harus Anda lakukan adalah klik pada ikon WiFi untuk melihat daftar jaringan yang tersedia.

  • Pilih jaringan untuk menyambung dengan mengklik "Connect" tombol (atau hanya memilih di Win7/Mac)

  • Masukkan password - jika jaringan nirkabel WiFi tersebut dienkripsi (dengan WEP, WPA atau WPA2). Anda akan diminta untuk memasukkan password atau passphrase. Password ini akan disimpan untuk anda sehingga Anda hanya harus memasukkan sekali. Pada Windows di menu jenis jaringan, Windows 7 secara otomatis set up keamanan untuk jenis jaringan yang berbeda lokasi (Home, Work, atau Umum).

Anda sekarang telah terhubung ke jaringan WiFi. Buka browser Anda dan mulailah membuka situs favorit Anda seperti Paseban.com. Paseban juga menyediakan aplikasi Hot Spot Information, yang menginformasikan area hotspot di sekitar Anda, Selamat mencoba, Selamat browsing dan berbagi! EK