Cara Menggunakan Ulead Video Studio

28 Jan 2013 10:30 | Hits: 13591

Tutorial dan Cara Menggunakan Ulead Video Studio dengan Mudah

Tutorial dan Cara Menggunakan Ulead Video Studio dengan Mudah

Bagi Anda yang memiliki hobi mengedit edit video, baik video dokumentasi pernikahan, acara ulang tahun atau bahkan mungkin membuat video yang berisi slide gambar, sudah tidak asing dengan software yang memberi fasilitas untuk mengedit video. Umumnya kebanyakan orang menggunakan program aplikasi yang sudah banyak dipakai sepert Windows movie maker, Sony Vegas, After Effect, iMovie dan lain-lain. Namun, kebanyakan program aplikasi tersebut memiliki kerumitan dalam hal penggunaannya, dan banyak pemakainya harus berpikir keras untuk dapat mengetahui fitur-fitur yang ada. Bahkan, sampai saat ini editor video masih dianggap sebagai pekerjaan yang tidak mudah dan tidak semua orang dapat melakukannya.

Namun bagi Anda yang masih pemula tidak perlu khawatir karena ada satu program aplikasi editing video yang cukup mudah digunakan, yaitu Ulead Video Studio. Ini adalah program aplikasi yang dirancang khusus agar dapat digunakan ke dalam komputer dengan operasi Windows Vista, Windows 7 atau bahkan Windows XP. Ulead Video Studio memiliki kelebihan sendiri karena terdapat fitur-fitur editing video yang lengkap namun tetap dengan turitorial sederhana. Fitur-fitur utamanya diantaranya adalah pemotong video, membuat efek transisi video, dan fitur penggabungan antara video dan foto dengan musik. Bagaimana cara menggunakan Ulead Video Studio? Simak review Paseban berikut:

Anda tidak harus memiliki video dengan versi tertentu untuk dapat di edit dalam Ulead Video Studio, karena program aplikasi ini mampu membaca setiap video yang dihasilkan dari divicam, video handphone, kamera digital maupun perangkat video lainnya. Hanya saja, Ulead Video Studia tidak dapat membaca video dengan jenis file FLV.

Anda dapat mengunduh aplikasi Ulead Video Studio dengan gratis dalam link milik Softonic yang ada di sini.
Namun, perlu dicatat bahwa file master Ulead Video Studio memiliki ukuran yang cukup besar, mencapai 180 MB meski setiap versinya berbdea ukuran.

Spesifikasi komputer yang mendukung yakni harus memiliki Intel pentium 4 atau lebih baik lagi jika lebih tinggi. Kapasitas RAM minimal harus sebesar 512 MB dengan ruang hard disk kosong sebesar 1 GB karena untuk melakukan instalasi program aplikasi ini.

Ada banyak pengguna Ulead Video Studia yang merasa puas dengan aplikasi ini karena kemudahan dalam pemakaiannya. Tampilannya menarik dan sederhana, tidak rumit serta opsi menu-menunya mudah dipahami. Dalam Ulead Video Studio Anda dapat mengimpor langsung video maupun gambar dari berbagai perangkat mobile seperti Smartphone, PDA, atau bahkan Hanphone. Setelah selesai mengerjakan pengeditan video, Ulead Video Studio memberikan fitur convert menjadi berbagai format file, diantaranya adalah Mp4, WAF, MPA, dan WMA.

Dan salah satu kelebihan Ulead Video Studi adalah fitur overlay track manager, dimana Anda dapat memutar video dengan musik secara bersamaan kemudian dapat digabungkan. Selain itu, ada tersedia banyak opsi dari fitur transisi, video filter dan berbagai tema teks tulisan yang menarik.

Ulead Video Studio dikembangkan oleh Ulead System, yakni sebuah developer software yang merupakan bagian dari divisi Corel. Sebenarnya, Ulead dahulu merupakan program aplikasi untuk editing foto seperti Photoshop atau Corel Draw. Pengembangan selanjutnya dilakukan oleh tiga staff Ulead, yakni Lewis Liaw, Way-Zen Chen dan Lotus Chen, sehingga Ulead kini menjadi sebuah software yang dapat digunakan untuk editing video.
Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai fitur-fitur Ulead Video Studio yang utama:

  • Fiter video, fitur ini berguna untuk melakukan penyesuian warna dasar, dan mengatur kecerahan serta kontras gambar, mengatur tingkat kekaburan dan sharpening (penajaman gambar)

  • Overlay, fitur ini berguna untuk menggabungkan animasi, gambar, musik dan teks dengan mudah. Namun jumlah lapisan yang diizinkan masih terbatas. Pada fitur Overlay memiliki warna dasar tertentu sehingga jika tidak menghendakinya Anda harus menghapusnya terlebih dulu.

  • Proxy video files, fitur inilah yang mendukung Ulead Video Studio untuk melakukan pengeditan video dengan ukuran High Definition.

  • Transisi video, setidak-tidaknya ada tiga pilihan transisi, yakni versi FX, 3D dan Album slideshow. Dari tiga pilihan tersebut masing-masing terdapat berbagai pilihan transisi yang cukup banyak jumlahnya. [ALX]