Google Chrome

14 Sep 2011 12:00 | Hits: 6725

Kelebihan Google Chrome yang Tak Dimiliki Browser Lain

Kelebihan Google Chrome yang Tak Dimiliki Browser Lain

Browser apa yang Anda gunakan saat berselancar di dunia maya? Dulu, mungkin Internet Explorer bawaan windows menjadi satu-satunya browser yang ada saat itu. Beberapa tahun terakhir, muncul lagi browser-browser lain seperti Opera, Mozilla Firefox, Safari dan Google Chrome. Pada artikel ini, Paseban akan membahas kelebihan-kelebihan yang ada pada Google Chrome.

Dari namanya bisa diketahui bahwa browser Google Chrome memang salah satu produk dari mesin pencari raksasa dunia, Google. Ketika awal kemunculannya September 2008 lalu, Google Chrome langsung menyita perhatian pengguna internet, dan pada ketika itu juga konon browser ini langsung menjadi browser favorit setelah Mozilla Firefox, sekaligus menggulingkan singgasana Opera. Google Chrome memiliki lebih dari 160 juta pelanggan aktif di seluruh dunia.

Google Chrome, awalnya dibuat atas dasar kebutuhan para ahli Google yang tiap hari berinteraksi melalui internet. Mereka merasa perlu memiliki sebuah aplikasi yang bisa memaksimalkan dan memenuhi kebutuhan mereka saat itu. Sejak saat itulah mereka membangun browser tersebut.

Pada kemunculannya tersebut, Google Chrome mempunyai banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh browser lain. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Google Chrome :

  1. Ringan dan Cepat. Semua orang pasti setuju kalu browser Google Chrome bisa dibilang ringan dan aksesnya cepat. Google Chrome memang browser paling ringan di antara yang lain. Google membangun sebuah mesin JavaScript baru dengan menggunakan teknik eksperimental yang dinamakan V8. Mesin JavaScript ini digunakan saat melakukan proses berat ketika menjalankan aplikasi web yang kompleks seperti Gmail.

  2. Aman. Google Chrome dilengkapi dengan pendeteksi phising dan malware otomatis yang akan memberikan peringatan saat kita mengunjungi situs berbahaya bagi komputer. Setiap tab juga dilengkapi lapisan tambahan bernama 'Sandbox' yang akan membatasi interaksi halaman situs dengan komputer kita.

  3. Pencarian Update. Pencarian teks di Google Chrome cukup nyaman. Ketika kita mengetikan sebuah kata kunci, maka Google Chrome secara otomatis mengindeks semua teks yang relevan dan menandainya dengan warna kuning transparan.

  4. Penyamaran. Anda bisa menggunakan Google Chrome dengan metode 'siluman'. Ketika Anda men-setting mode ini, maka riwayat halaman web yang dibuka dan file yang di-download tidak akan disimpan dalam riwayat penelusuran dan download.

  5. Anti Penipuan. Google Chrome juga mampu menebalkan sebuah nama domain website. Penebalan ini berfungsi sebagai peringatan terhadap situs-situs penipuan. Ditebalkannya itu seolah memberi tahu penggunanya bahwa situs tersebut terindeks sebagai penipuan.

  6. Pengelolaan Tab. Di setiap tab yang dibuka oleh Google Chrome memiliki pengelolaan tertentu, sehingga ketika salah satu tab error, maka tidak akan mempengaruhi tab yang lain yang menyebabkan browser secara keseluruhan error.

Sejauh ini browser Chrome memang cukup efektif untuk digunakan, dan terbukti bahwa Chrome ini menjadi favorit karena banyak digunkan oleh pengguna, meski Google sendiri belum berani mengakui bahwa produknya ini menjadi browser yang paling banyak digunakan pengguna dunia maya. Pembahasan mengenai kekurangan Google Chrome, Paseban akan membahasnya dalam artikel selanjutnya nanti. HJ