Kartu Memori

23 Jan 2013 21:00 | Hits: 2720

6 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Kartu Memori Untuk Kamera Digital

6 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Kartu Memori Untuk Kamera Digital

Era kamera terus berkembang sekarang ini. Walaupun banyak bermunculan ponsel yang dilengkapi kamera dengan resolusi semakin besar, penggunaan kamera digital masih menjadi bagian penting bagi sebagian orang. Dengan kualitas yang tinggi, kamera digital telah membuat jenis-jenis kamera lainnya menjadi tertinggal bahkan beberapa ada yang sudah tidak diproduksi lagi.

Dalam penggunannya, biasanya kamera digital membutuhkan kapasitas tambahan agar kita mendapatkan hasil foto dalam jumlah yang banyak. Dengan kartu memori maka hal itu dapat terwujud. Selama rentang waktu beberapa tahun, memori card telah berkembang, lebih bermanfaat, dan memiliki ukuran kapasitas yang semakin besar. Untuk penggunaan memori card di kamera digital, maka kita perlu memilih kartu yang tepat, dan disesuaikan dengan kualitas serta kuantitas. Jika kita tepat dalam memilih, maka penggunaan kamera digital pun dapat berjalan dengan baik. Lalu, apa yang perlu Anda ketahui dalam memilih kartu memori untuk kamera digital Anda? Berikut rekomendasinya.

Tipe kartu

Ada tiga tipe kartu populer yang biasa digunakan untuk kamera digital, yaitu CompactFlash (CS), Secure Digital (SD), dan Smart Media (SM). Ada berbagai variasi lainnya dari kartu-kartu tersebut, tetapi satu hal yang penting adalah, tipe kartu apa yang sesuai dengan kamera digital milik Anda. Untuk kamera saku, hanya satu kartu yang bisa digunakan, sedangkan untuk professional, kamera DSLR mungkin saja dapat menggunakan kartu Compact dan SM dalam waktu yang bersamaan. Adalah hal yang bagus jika Anda menggunakan kartu memori dari brand ternama seperti Sandisk, Transcend, dan Kingston.

Kapasitas memori

Sejak kebanyakan kamera digital memiliki resolusi kamera dimulai dar 8 MP, bahkan ada yang hingga 10 MP dan 12 MP, maka Anda memerlukan memori yang paling tidak memiliki kapasitas 2 gigabyte atau lebih. Denga kapasitas sebesar itu, untuk ukuran kamera saku, Anda dapat mengambil banyak foto dengan format JPEG. Namun, jika kamera digital Anda menggunakan format RAW, maka Anda membutuhkan kapasitas yang lebih besar. Jika Anda berencana untuk menggunakan format RAW, maka setidaknya Anda bisa menggunakan memori yang berukuran sebesar 4 hingga 8 gigabyte. Pemilihan kapasitas disini sangat penting, karena mungkin saja kartu memori bawaan dari kamera digital Anda tidak akan mencukupi kebutuhan Anda.

Jumlah pengambilan foto

Setelah memasukkan kartu pada kamera dan mengatur penggunaannya, segera periksa berapa kali Anda dapat mengambil foto dengan besaran kartu. Jika dirasa tidak mencukupi, maka Anda bisa mengganti format, atau bisa juga mengurangi resolusi kameranya. Tipe pengambilan foto yang Anda gunakan berimbas langsung pada pemakaian memori card yang Anda masukkan. Kamera Anda mungkin akan dapat banyak mengambil foto, namun tergantung pada pengaturan dan ukuran resolusi, ukuran file bisa Anda buat variasinya.

Format kartu

Anda perlu untuk selalu melakukan format pada kartu memori yang digunakan pada kamera digital milik Anda. Hindari untuk menghapusnya melalui komputer. Menghapus sebagian kecil foto pada suatu waktu di kartu memori mungkin tidak berpengaruh apa-apa. Namun, Anda lebih disarankan untuk melakukan format kartu, terutama setelah Anda mengambil foto dalam jumlah yang banyak dan memindahkannya pada komputer Anda.

Kecepatan kartu

Jika Anda mementingkan kecepatan memori card, maka Anda perlu untuk memeriksa transfer rate-nya. Kartu dapat membaca gambar pada kecepatan 4x, 10x, 40x, dan sebagainya. Untuk kamera professional DSLR, membutuhkan kartu dengan kecepatan tinggi di dalamnya.

Back up kartu

Jika Anda menghadiri acara yang penting atau sedang berlibur dengan memanfaatkan kamera digital, hindari untuk menggunakan kartu yang berukuran 8 GB ke atas. Hal tersebut bisa membuat kerugian bagi Anda. Apabila Anda terlalu mengandalkan kartu tersebut, maka suatu hal yang tidak iinginkan dapat terjadi, misalnya kartu rusak karena tersiram air ketika dalam perjalanan. Jika hal seperti itu terjadi, maka data Anda yang berjumlah sangat banyak tersebut dapat hilang dengan seketika. Solusi yang tepat, Anda perlu melakukan back up. Atau, bisa juga misalnya Anda membawa dua kartu memori dengan ukuran masin-masing 2 GB atau 4 GB, yang jika terjadi sesuatu pada salah satu kartu Anda, maka Anda tidak akan kehilangan segala hal karena masih memiliki data di kartu yang satunya. [AAD]