Cara Ekstrak File Zip

26 Jan 2013 18:00 | Hits: 2433

Cara Ekstrak File Zip dengan Software Gratis 7zip untuk Windows 7

Cara Ekstrak File Zip dengan Software Gratis 7zip untuk Windows 7

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia komputer, pasti akan sangat mengenal dengan file yang perlu di Extract. Sekarang ini sudah banyak file dengan format Winrar atau ZIP. Semua itu juga merupakan software gratis untuk mengarchive file Anda. Selain kedua software tersebut, ada software lain untuk melakukan hal yang sama, yaitu 7Zip.

Sebagian dari Anda tentu tidak asing lagi dengan software tersebut. Namun, sebagian dari Anda juga ada yang belum mengenal akan software tersebut. Bagi Anda yang belum mengenalnya, 7Zip juga merupakan software yang memiliki fungsi yang sama. Perbedaannya adalah fitur yang ada dalam software ini lebih banyak dan lebih berkualitas.

Software gratis 7Zip ini dapat digunakan pada beberapa Windows, termasuk Windows 7. 7Zip ini dapat digunakan pada Windows 7 baik yang 32 Bit maupun 64 Bit. Jadi, Anda tidak perlu khawatir meskipun Windows 7 Anda menggunakan versi yang 64 Bit. penggunaan dari software ini pun juga sangat mudah.

7Zip merupakan software yang dapat membantu Anda menemukan cara ekstrak file zip data secara gratis dan bersifat Open Source. Dengan sifatnya yang Open Source, Anda tidak perlu lagi membeli software tersebut ke pihak Developer software. Selain itu, Anda juga dapat memodifikasi software gratis 7Zip tersebut, selama mengerti akan bahasa pemprograman. 7Zip dikembangkan oleh seorang developer handal bernama Igor Pavlov. Software ini resmi dirilis pada tanggal 18 Juli 1999. Adapun bahasa pemprograman yang digunakan adalh C++.

Hebatnya, Software ini dapat digunakan dalam pilihan beberapa bahasa. Tercatat, ada tujuh puluh sembilan bahasa dunia, termasuk bahasa Indonesia. sebenarnya, software ini bukan hanya dapat digunakan pada Windows tetapi juga pada Linux, Mac, dan juga OS X. software dengan jenis pengarsip data ini juga berlisensi LGPL. Dengan lisensi tersebut, berarti sudah ada pengesahan dari pihak Developer.

Dalam mengkompres suatu data, software ini dapat dijadikan dua pilihan. Pilihan pertama, Anda dapat mengkompres data dengan ekstensi 7z. Untuk pilihan kedua, software ini juga dapat mengkompres data atau file dengan ekstensi ZIP. Aplikasi ini juga sudah terintergrasi dengan Windows Explorer. Sehingga, Anda tidak perlu pusing dalam penggunaannya. Anda lakukan klik kanan dan lakukan semuanya dengan mudah. Selain itu, aplikasi ini juga sangat kecil sekitar kurang dari 1 MB. Sehingga, akan memudahkan Anda ketika mendownload aplikasi ini.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi khawatir meskipun file tersebut berformat ISO. Biasanya, file dengan format tersebut harus di Burning terlebih dahulu ke CD atau DVD. Tetapi dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi melakukan Burning. Sebab, aplikasi ini akan secara otomatis dapat membuka file dengan format ISO tersebut.

Fitur-Fitur Software Gratis 7Zip

Ada beberapa fitur yang ada pada aplikasi 7Zip ini. Dengan fitur inilah yang membuat 7Zip mempunyai keunggulan dari yang lainnya. adapun fitur yang ada pada aplikasi ini diantaranya adalah dapat membuat file dengan format 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP and WIM. Dengan hal itu, Anda mempunyai banyak pilihan untuk memformatnya. Tentu, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Fitur lainnya adalah dapat membuka file dengan format ARJ, CAB, CHM, CPIO, CramFS, DEB, DMG, FAT, GZIP, HFS, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, RAR, RPM, SquashFS, UDF, VHD, WIM, XAR and ZIP. Dengan banyaknya file yang dapat di buka akan mempercepat waktu Anda untuk tidak perlu mendownload dan menginstal software lain.

Selain fitur di atas, aplikasi ini juga dapat mengkompres file lebih baik dari software yang lain. Dengan format 7z yang ada di dalamnya, dapat mengkompres file 30%-40% lebih baik dari format ZIP. Selain itu, 7Zip juga dapat mengkompres file 2%-10% lebih baik dari software yang lainnya.

Cara penggunannya pun begitu mudah. Bagi Anda yang ingin menjadikan ke format 7z, anda tinggal klik kanan, lalu pilih Add to Archive. Kemudian, Anda pilih format file yang diinginkan. Untuk mengkompresnya pun, Anda tinggal klik kanan, lalu pilih Extract here. Selain itu, Anda juga dapat mengarchive file menggunakan password. [TFK]