Cimol

12 Sep 2011 15:00 | Hits: 6195

Cimol - Antara Bisnis Pakaian Bekas dan Pulsa Elektrik

Cimol - Antara Bisnis Pakaian Bekas dan Pulsa Elektrik

Cimol yang merupakan singkatan dari Cibadak Mall, kita kenal sebagai sentra pakaian bekas. Jika Anda warga Bandung pasti familiar dengan salah satu wisata belanja murah meriah satu ini.

Walaupun lokasinya tidak lagi di daerah Cibadak Bandung, pasar ini tetap bernama Cimol. Saat ini lokasi Cimol bisa Anda temui di daerah Kiaracondong dan Gedebage, Bandung. Cimol Gedebage sendiri berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta , tepat di belakang Pasar Induk Gedebage. Cimol Gedebage diresmikan oleh Walikota Dada Rosada pada tahun 2004 yang lalu.

Tak hanya jadi tempat belanjanya warga Bandung, Cimol juga menjadi incaran para wisatawan luar kota. Hampir semua jenis pakaian seperti kemeja, celana bahan, celana jeans, blouse, long dress, bahkan sampai pakaian dalam sekalipun dijual di sini. Ada pula tas, sepatu, gorden dan lain-lain. Biasanya barang-barang tersebut adalah barang-barang bekas dari Jepang, Korea atau Taiwan.

Dengan melihat strategisnya lokasi Cimol ini, banyak yang membuka jenis usaha lain selain bisnis pakaian bekas itu sendiri. Di antaranya adalah bisnis pulsa.

Mengingat banyaknya pedagang serta hilir mudiknya pembeli yang berkunjung ke pasar Cimol ini, bisnis pulsa tentu dianggap menguntungkan. Salah satu penggiat bisnis ini adalah Ami (30 tahun). Pria yang malu-malu ketika diajak wawancara ini mengaku bisnis pulsa ini baru dijalankan sekitar 4 bulan. Sebelumnya ia hanya berjualan jaket serta sweater bekas. Terdapat kurang lebih 40 kali transaksi pembelian pulsa elektrik setiap harinya. Dengan modal deposit Rp. 450.000,- Ami bisa mengantongi keuntungan bersih sekitar Rp. 40.000,- sehari.

Ditanya mengenai persaingan sesama pebisnis pulsa, Ami menuturkan bahwa ia telah memiliki pelanggan tetap yakni dari para pedagang itu sendiri. Selain itu lokasinya di Blok E dan dekat dengan tempat parkir membuatnya mudah dijangkau pengunjung yang membutuhkan pulsa, terutama pulsa elektrik.

"Jualan pulsa itu muter, tapi kalau untung lebih untung jualan baju," ujar Ami ketika Paseban memintanya membandingkan bisnis pulsa dengan bisnis pakaian bekasnya. ND

cimol