Google Glass

24 Jan 2013 16:00 | Hits: 1569

Google Glass : Sebuah Mimpi yang Menjadi Kenyataan

Google Glass : Sebuah Mimpi yang Menjadi Kenyataan

Anda pasti pernah melihat Film Dragon Ball, apa yang paling berkesan buat Anda?? Super Saiya? ataukah teknlogi capsule yang ada di film. Salah satu teknologi yang ada di film itu, ada Kacamata yang bisa memberi informasi langsung ke kacamata yang kita pakai. Dan kacamata itu salah satu teknologi yang akan segera di wujudkan saat ini. Google saat ini menjadi perusahaan IT yang sedang melakukan riset di bidang itu. Dan menurut pernyataan Google, bahwa Google sudah siap untuk memasarkan sebuah produk yang bernama Google Glass.

Google Glass ini menjadi salah satu teknologi yang sedang di perhatikan saat ini. Karena dengan berhasil nya produk ini dibuat, akan merubah kehidupan manusia sedikitnya di bidang mobile phone atau gadget.

Google Glass ini secara langsung di pimpin oleh founder Google, Serger Brim. Sejak pengumuman hasil penelitian ini di pertenghan tahun 2012, oleh Sergey Bean, Project Glass ini membuat nama Google semakin mencuat. Membuat perusahaan IT lain berlomba–lomba untuk membuat hal yang sama, Microsoft dan Apple berupaya untuk membuat kacamata yang serupa.

Projecy Glass ini bisa terwujud karena gabungan beberapa teknologi yang ada di dunia saat ini. Augmented Reality, menjadi salah satu teknologi yang di simpan di dalam Google Glass ini.

Augmented Reality

AR berfungsi agar dunia Nyata dan dunia virtual bisa digabungkan menjadi satu. Jadi keadaan saat mata kita melihat bisa digabungkan dengan data yang ada di dunia virtual atau komputer. Jika kita memperhatikan di beberapa GPS terbatu sudah menggabungkan teknologi GPS dengan AR, dengan begini kita bisa mendapatkan informasi antara yang kita lihat dengan apa yang ada di computer. Dengan begini Saat kita melihat, kita juga bisa mendapatkan informasi secara Real time.

Wireless

salah satu teknologi yang di pasang dalam Google Glasses adalah teknologi Wireless. Karena kemungkinan Google Glasess ini hanya bisa terkoneksi ke dalam sebuah device lain atau untuk menerima dan memberikan data ke gadget lain, harus menggunakan wireless agar bisa melakukan sambungan.

Image dan Video sharing

berbagi Image dan Video Sharing adalah hal yang sangat disukai oleh masyarakat. Karena itu di dalam Google Glasess ini, di pasanag kemampuan untuk menangkap Image dan Video, dan kita bisa membagikannya dengan orang lain.

Information Sharing

Google Glasses bukan lah hanya sbeuah mainan, karena gadget ini di janjikan akan menjadi bagian dari sebuah alat komunikasi. Dengan begini Google Glasses memiliki kemampuan untuk membaca dan mengirim email yang masuk ke dalam account email kita dan kemampuan untuk mendapatkan informasi lokasi pengguna dan membagikannya kepada pengguna lain.

Mobile Programming

untuk melengkapi Google Glasess, Google menggunakan Android SDK di dalam Google Glasses. Menurut kabar terakhir, Google menglengkapi Google Glasses dengan Android SDK, tetapi ini hanya bisa di akses melalui API yang di sediakan oleh Server Cloud milik Google. Dengan begini setiap programmer harus mengakses Cloud dari Google untuk bisa mengakses hardware dari Google Glasses.

Retina Display

Salah satu yang menjadi krusial adalah bagaimana menjaga kualiats display agar bisa menghasilkan gambar yang jernih dan tajam tetapi tidak merusak mata. Karena itu sudah pasti bahwa teknologi display terbaru ini harus terpasang di dalam Google Glass agar memberikan kenyamanan dan keamanan bari para pengguna Google Glass.

Perusahaan lain pun sudah mulai membuat Prototype yang serupa, dan mereka berlomba - lomba untuk menjadi yang pertama di teknologi ini. Meskipun Google menjadi yang paling siap di sini, sampai saat ini, Google belum meresmikan tanggal rilis ini. Karena saat ini Google sedang memberikan fitur fitur dan inovasi terbaru di dalam Project Glass ini. Karena itu para pemerhati teknologi masih meragukan bahwa teknologi Glass ini bisa mature atau matang pada tahun ini. Mereka lebih mempercayai bahwa di tahun 2014 lah, bahwa teknologi ini akan matang dan siap digunakan terutama lagi pada Google Glass. Dan juga menjadi perhatian sampai saat ini, walapuun belum ada pengumuman resmi mengenai soal harga Google Glass ini, di perkirakan harga saat ini sekitar $1500 dan harga ini masih cukup mahal. [ENJ]