Cara Memperbaiki File Yang Rusak

20 Oct 2014 17:00 | Hits: 15223

Cara Memperbaiki File yang Rusak dengan Mudah

Cara Memperbaiki File yang Rusak dengan Mudah

Di era mobile ini, kita mengerjakan perkejaan bisa dimana saja. Di kantor, rumah, kampus, atau Cafe bisa menjadi tempat kita bekerja. Kita menggunakan Email sebagai bagian komunikasi kita, baik mengirim surat atau pun attached file. Dan Email sudah menjadi bagian penting dari manusia, cellphone yang merupakan alat komunikasi manusia di era ini sudah ditanamkan aplikasi untuk mengirim dan membaca email. Karena email menjadi bagian penting dari komunikasi kita saat ini.

 

Pengirim email menjadi penting karena sering kita menggunakannya untuk mengirim dan menerima attached file dokumen kepada atasan, rekan kerja. Karena melalui beberapa jalur, terkadang file yang kita terima mengalami kerusakan dan menjadi error saat kita buka bahkan tidak bisa di buka. Kita harus menanggulanginya dengan cepat karena hal ini bisa menghambat pekerjaan kita. Ada beberapa cara, untuk menanggulangi atau mengembalikan file yang rusak. Kita bisa menggunakan beberapa aplikasi baik bawaan dari Microsoft word office atau menggunakan aplikasi tambahan lainnya. Berikut ulasan Paseban mengenai cara memperbaiki file yang rusak:

Text Recovery Converter. Kita bisa menggunakan Fitur bawaan dari Microsof Word untuk memperbaiki file dokumen kita yang rusak. Kita bisa menggunakan Text Recovery Converter yang ada di MS Word untuk membuka dan memperbaiki file file yang rusak. Klik Open ->lalu pilih All files -> Drop down ke bawah -> pilih Recovery from any file -> pilih file yang akan direcovery -> Open -> next -> MS word akan menganalisa -> pilihan error untuk memilih melihat hasil analisa error -> Open untuk membuka file yang telah di recovery.

Cara yang kedua, tekan CTRL+O, atau Open -> pilih file yang rusak -> Dropdown pada tombol Open untuk memunculkan dialog menu -> pilih menu Open and Repair.

Kita bisa menggunakan cara manual, Copi file yang rusak -> ganti File Extension dari .DocX menjadi file .zip -> lalu ekstrat atau dekompress file menggunakan winzip, winrar,power archiever, 7zip atau aplikasi extract lainnya -> lalu kita hasilnya -> buka folder hasil extract -> coba di lihat apa dokumen hasil extractsi bisa di lihat atau tidak. -> jika file.zip rusak, coba perbaiki menggunakan tools untuk mereparasi file .zip seperti Disk Internal Zip repair. Zip repair, atau tools lainnya.

Selain cara diatas, ada beberapa aplikasi untuk memperbaiki file file yang rusak seperti file repairer, corrup xlsl salvager, dan lain lainya.

 

File repairer, adalah aplikasi untuk memperbaiki file-file yang mengalami kerusakan baik karena cacat saat pengiriman file, cacat saat saving file, atau karena file terkena virus. Cara penggunaanya pun cukup mudah, kita tinggal memilih file mana yang akan di perbaik lalu next dan next lagi, aplikasi file repairer akan memperbaiki kerusakannya, kita bisa mendapatkan file repairer di sini.

 

Corrupt XLSL salvager, dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa membuka dan memperbaki dari file-file dokumen. Corrupt XLSL Salvager, berjenis untuk memperbaiki file excel yang mengalami keruskan. Cara menggunakannya cukup mudah, kita tinggal mengikuti panduannya. Corrupt Docs Salvager, tidak berbeda jauh dengan Corrupt XLSL salvager. Aplikasi ini memperbaiki dile dokument berjenis .doc.

 

Word File repair, aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki file dokumen. Tipe kerusakan yang bisa di perbaiki, ada banyak, salah satunya unable to read word document files, dan this file is not recognixable.

Corrupt Open Office Recovery, meskipun namanya Open Office tetapi file yang bisa di perbaiki tidah hanya file dokument tipe open office seperti ODT saja yang bisa diperbaiki. Tetapi tipe file yang lain bisa di perbaik seperti .doc dari MS word bisa di perbaiki. [ENJ]