Tips Komputer

21 Jan 2013 16:00 | Hits: 3513

Tips Komputer: Mengatasi Perangkat Yang Cepat Panas

Tips Komputer: Mengatasi Perangkat Yang Cepat Panas

Laptop maupun komputer milik Anda yang panas tentu akan merusak beberapa komponen perangkat keras yang ada di dalamnya seperti prosesor, RAM, motherboard dan perangkat keras lainnya. Meskipun para produsen laptop maupun komputer telah mendesain sedemikian rupa agar komponen-komponen perangkat keras ini kuat dalam suhu tertentu, akan tetapi laptop yang dibiarkan secara terus menerus panas, maka performa dari laptop maupun komputer akan turun menjadi terasa lambat saat digunakan. Penyebab komputer panas biasanya ditandai dengan gejala komputer maupun laptop yang seperti ini akan tidak awet dan akan sering dan juga mudah hang, Tentu saja tidak ada yang menginginkan hal tersebut bukan? Maka dari itu kali ini Paseban akan memberikan tips komputer agar tidak mudah panas.

Tips untuk laptop

• Kurangi kebiasaan dan juga jangan menyalakan laptop di tempat atau dengan permukaan yang lembut seperti di atas kasur atau bantal ataupun di pangkuan Anda. Hal ini akan menyebabkan sirkulasi udara yang ada pada laptop menjadi tidak lancar sehingga udara yang keluar masuk akan terhambat dan akhirnya laptop Anda akan menjadi cepat panas.

• Jika Anda gamer mania, aturlah lama waktu bermain game. Penyebab komputer panas lainnya adalah terlalu lama menggunakan laptop dapat menyebabkan komputer maupun laptop cepat panas. Cara ini dapat melindungi LCD Anda sebab LCD adalah salah satu bagian laptop yang rentan panas.

• Hindari ruangan yang tertutup atau ruangan yang sirkulasi udaranya tidak baik. Sebaiknya, gunakanlah laptop di ruangan ber-AC atau di tempat terbuka.

• Jika kurang mengerti, sebaiknya jangan melakukan overclock terhadap laptop, karena dapat menyebabkan komponen-komponen laptop bekerja secara berlebihan sehingga menyebabkan laptop menjadi mudah panas meskipun overclock akan menyebabkan kinerja komputer Anda terasa lebih cepat.

• Gunakanlah cooling pad. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkannya di toko komputer terdekat di kota Anda.

• Bersihkanlah lubang sirkulasi udara pada laptop dari debu agar sirkulasi udara lancar. Anda bisa menggunakan mini vacuum cleaner yang bisa bisa didapatkn di toko komuter terdekat di kota Anda.

Tips untuk komputer

• Pasti sebagian dari Anda sudah mengetahuinya bahwa debu musuk dari perangkat keras komputer, karena debu ini dapat menyumbat serta memperlambat proses pendinginan, debu dapat menyelimuti motherboard, kartu video (VGA), RAM dan komponen perangkat keras lainnya sehingga proses pendinginan menjadi tidak berfungsi. Untuk mengatasi debu ini, maka ada baiknya jika setiap beberapa bulan Anda harus rajin untuk membersihkan casing serta motherboard juga perangkat keras lainnya yang ada dalam komputer.

• Power Supply merupakan sebuah komponen perangkat keras yang berperan penting dalam CPU komputer anda. Sebaiknya pertimbangkan dahulu ketika Anda akan meng-upgrade ataupun ketika akan mengganti power supply. Karena setiap komputer akan berbeda aliran dayanya, hal ini akan menyebabkan komputer menjadi overheating bagi Anda yang masih awam sebaiknya jangan melakukan hal ini. Power supply yang kurang bagus pendinginannya menyebabkan komputer menjadi lebih cepat panas.

• Mengevaluasi pengaturan dan juga letak penyimpanan harddrive komputer. Dalam bebarapa kasus sebagian PC memungkinkan Anda untuk menyusun atau meletakan harddrive langsung di atas satu sama lainnnya, namun taukah Anda bahwa harddrive bisa menghasilkan banyak panas. Jika Anda memiliki beberapa harddrive, sebaiknya ruang mereka terpisah atau setidaknya jaraknya agak berjauhan, agar memungkinkan untuk sirkulasi udara yang lebih baik. Selain itu, jika Anda memiliki drive IDE yang lebih sudah usang, lebih baik segeramenggantinya dengan drive SATA yang menggunakan kabel interface tipis dibandingkan dengan kabel IDE yang ukurannya lebih luas.

• Kurangi jumlah penggunaan program yang berjalan secara berlebihan. Jumlah program yang berjalan akan mempengaruhi panas CPU dan juga prosessor. Sebaiknya program yang tidak perlu atau sedang tidak digunakan ditutup saja. Ada juga program yang berjalan pada sistem (running in the background). Bagaimana cara menonaktifkan program yang berjalan pada sistem tersebut? Anda dapat menggunakan aplikasi gratis yaitu Ccleaner, jalankan aplikasi CCleaner kemudian buka statrup, kemudian nonaktifkan (disable) aplikasi yang dirasa Anda tidak begitu perlu atau jarang dipergunakan.

• Pasang kipas tambahan di belakang casing. Sebagian besar casing memiliki tambahan kipas tetapi ada yang harus ditambahkan sendiri. Kipas ini dipasang di bagian belakang komputer, dan akan membantu menarik udara keluar dari komputer dan mencegah penumpukan debu dalam power supply. Konsepnya adalah untuk menarik udara dingin sehingga dapat membantu sirkulasi udara di atas CPU dan udara panas keluar dibagian belakang casing. Tapi ini juga dapat meningkatkan jumlah debu yang masuk ke casing. Jadi jika Anda menggunakan kipas depan, pastikan untuk mengangkat komputer Anda dari lantai.

Nah itulah penyebab komputer panas dan juga tips untuk mencegahnya sangat simple dan mudah bukan. Tips komputer yang cepat panas di atas bisa Anda gunakan jika komputer memang masih dalam kondisi baik dari segi hardware. Nah, jika sudah ada komponen hardware yang rusak, maka tentunya tips komputer yang cepat panas di atas tidak berfungsi. [AG]